Tips Hidup Hemat Anak Kuliahan

Tips Hidup Hemat Anak Kuliahan

Menjadi seorang mahasiswa secara Otomatis kamu akan dituntut untuk menjadi lebih mandiri dari sebelumnya. Kemandirian -pun tidak hanya dilihat dari seberapa rajinnya kamu dalam merapihkan pakaian, Tidak dilihat seberapa rajinnya kamu dalam membersihkan tempat tidur, Tidak dilihat seberapa rajinnya kamu dalam membersihkan kamarmu. Namun, hal yang paling penting dalam proses pendewasaan tentunya dilihat dari seberapa pandainya kamu untuk mengatur keuangan pribadimu. Tidak perlu takut untuk bolak-balik meminta tambahan dari orang tuamu di akhir bulan atau sampai kamu harus berhutang kepada temanmu hingga kamu lupa untuk menabung uang yang telah diberikan oleh orang tuamu. Mungkin masalah tersebut bisa kamu atasi setelah membaca artikel berikut ini, supaya kamu bisa menjadi mahasiswa yang lebih mandiri lagi.

Berikut ini merupakan tips yang dapat saya berikan kepada kalian supaya bisa dijadikan contoh untuk kedepannya dalam me-management uang pribadi kalian, Tips ini saya buat berdasarkan dari pengalaman saya sendiri sebagai seorang mahasiswa. Pada kenyataannya ketika menjadi seorang mahasiswa pasti banyak membutuhkan kebutuhan yang dalam notabenenya " Diluar dari Budget kalian sendiri". Untuk meminimalisir hal tersebut, berikut ini merupakan tips hidup hemat anak kuliahan.

1. Membuat Jadwal Perencanaan, Atur Budget Kamu dari Awal.


Membuat Jadwal Perencanaan, Atur Budget Kamu dari Awal

Seperti pada umumnya dalam menatur keuangan, Sebagai seorang mahasiswa kamu di tuntut untuk mandiri, Caranya yaitu mengatur semua anggaran yang akan digunakan. Kamu harus menetapkan anggaran dari awal terlebih dahulu, seperti makan dan belanja kebutuhan sehari-hari, jangan lupa untuk menyisihkan setidaknya 15 persen uang bulananmu yang nantinya uang tersebut akan ditabung. Ingat ya, semua anggaran kamu harus sudah diatur dari awal supaya kamu lebih mudah dalam mengatur keuanganmu sendiri.

2. Lebih Hemat Dalam Menggunakan Kendaran Pribadi (Jika Punya Kendaraan Pribadi).


Lebih Hemat Dalam Menggunakan Kendaran Pribadi

Dengan adanya kendaraan pribadi bisa saja membuat pengeluaranmu berkurang. Namun, jika kamu munggunakan kendaraan peribadi secara terus-menerus dapat membuat pengeluaranmu semakin membengkak dan ujung-ujungnya kamu akan menjadi boros karena harus mengisi bahan bakar kendaraanmu. Selain pembengkaan pada bahan bakar, pengeluaran yang tidak di duga pada kendaraan pribadi yaitu parkir. Mungkin hal yang sepele untuk parkir, namun jika kamu tidak bisa mengontrol penggunaan kendaraan, kamu akan terus menerus mengeluarkan biaya yang tidak terduga. Hal ini membuat pengeluaranmu semakin banyak dan tidak terkontrol.

3. Jangan Lapar Mata.


Jangan Lapar Mata

Nongkrong dan jajan cemilan di cafe, atau membeli jaket maupun kaos kampus yang keren-keren memang pengeluaran yang tidak seberapa, Tapi jangan menyesal jika saldo di akhir bulan terkuras. Jika sudah seperti ini, Kembali lagi ke rule nomer 1, Kamu harus menata kembali anggaran yang akan digunakan. Memang tidak masalah untuk memanjakan diri sekali-kali, asalkan berbelanja dan hangout dengan teman-temanmu masih dalam batas wajar dan tidak keluar dari kemampuan keuanganmu.

4. Beli Buku Kuliah Tidak Perlu Mahal.


Beli Buku Kuliah Tidak Perlu Mahal

Ketika kalian memasuki awal semester, yang mana pada awal semester kalian akan membeli buku kuliah sebagai bahan materi kalian pada awal semester. Memang pengeluaran pada saat membeli buku kuliah cukup besar. Namun, kalian bisa kok menghemat untuk mendapatkan buku kuliah tersebut. Kalian bisa meminjam buku kakak tingkat kalian dan mem-Photo Copy Bukunya sebagai bahan mata kuliah kalian,  Dengan cara tersebut kalian bisa menghemat pengeluaran kalian pada awal semester.

5. Memanfaatkan Status Sebagai Mahasiswa.


Memanfaatkan Status Sebagai Mahasiswa

Tips yang terakhir bisa menjadikan referensi kalian untuk memanjakan mata dengan hemat. Yap! Kalian bisa memanfaatkan status kalian sebagai mahasiswa untuk memanjakan diri kalian, Contohnya ada sebuah cafe atau tempat makan yang memberikan promo khusus untuk mahasiswa, kalian bisa memanfaatkan moment tersebut untuk memanjakan diri kalian. ya sekali-kali bolehlah memanjakan diri.

Gimana pendapat kalian?, mungkin untuk kedepannya kalian bisa mempraktikan tips di atas atau menjadika tips di atas sebagai referensi kalian kedepannya, jika ada ide maupun sanggahan bisa langsung comment pada kolom di bawah ya! Semoga bermanfaat tipsnya.

Jangan lupa berkunjung ya!!!
***
3 Komentar untuk "Tips Hidup Hemat Anak Kuliahan"

Alhamdulillah.. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat mas

Stop rokok boss kalo mau nabung :D

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top