Pengertian,Cara Kerja dari One Way Flow control dan Quick Exhaust Valve


Pengertian,Cara Kerja dari One Way Flow control dan Quick Exhaust Valve _-_ Dalam dunia Pneumatic terbagi menjadi 2 pergerakan, yaitu Pergerakan lambat dan pergerakan cepat untuk melakukan 2 pergerakan tersebut maka dibutuhkan sebuah komponen pneumatic yang berfungsi untuk memperlampat gerakan dari Aktuator (silinder) tersebut.

Berikut ini merupakan 2 jenis Komponen Pneumatic yang berfungsi untuk mengatur sebuah kecepatan silinder, yaitu Quick Exhaust Valve dan One Way Flow Control ke-dua komponen tersebut dalam dunia Pneumatic sangat dibutuhkan, karena tekanan dan percepatan pneumatic yang begitu kuat membuat 2 komponen ini dapat mengatur percepatan dan tekanan pneumatic. berikut ini saya akan menjelaskan komponen, pengaturan dan rangkaian dalam mengatur kecepatan silinder.

One Way Flow control


One way flow kontrol atau biasa disebut katup cekik merupakan komponen pneumatic yang digunakan untuk memperlambat laju udara yang akan di transfer ke aktuator, untuk memperlambat tekanan udara kita dapat mengatur laju udara yang akan di transfer ke akuator dengan memutar pengaturan yang ada dalam katup cekik.

Bisa dilihat pada gambar dibawah merupakan komponen katup cekik, dimana katup ini digunakan untuk memperlambat pergerakan aktuator. Pada gambar dibawah merupakan simbol dari katup cekik, seperti yang disebutkan tadi untuk memperlambat suatu tekanan angin yang akan masuk ke aktuator bisa memutar pengontrol masuk nya angin pada katup cekik untuk masukannya kalian bisa lihat pada lubang nomer 2 merupakan masukan angin pada katup cekik tersebut sedangkan pada nomer 2 merupakan keluaran dari katup.


Rangkaian dibawah merupakan rangkaian one way flow control / katup cekik. Ada 2 jenis penggunaan katup cekik, ada maju di perlambat dan ada maju di percepat, berikut merupakan gambar rangkaian penggunaan katup cekik.

Pada gambar nomer 1 merupakan rangkaian penggunaan katup cekik dengan membuat silinder maju lambat, bisa dilihat penggunaan arah katup cekik berbeda dengan katup cekik pada nomer 2. di antara ke 2 gambar tersebut kita dapat membuat silinder tersebut bergerak maju lambat ataupun cepat, tergantung penggunaan yang kita inginkan.


Quick Exhaust Valve
Quick Exhaust Valve merupakan katup yang digunakan sebagai mempercepat pembuangan angin yang mengakibatkan silinder menjadi bergerak lebih cepat dari biasanya, dengan adanya percepatan tersebut maka kita dapat melakukan pergerakan pada mesin mesin pneumatic yang membutuhkan pergerakan cepat.
Pada gambar atas merupakan salah satu komponen pneumatic yang digunakan untuk mengatur suatu tekanan angin ke aktuatur, katup ini biasa disebut dengan katup buang cepat, dikatakan katup buang cepat, karena pembuangan angin pada komponen ini dilakukan secara langsung tanpa melalui katu 3/2, 4/2 maupun 5/2.


Untuk pergerakan jalur angin pada quick exhaust valve bisa dilihat pada simbol disamping, pada lubang nomer 1 merupakan masukan angin, seperti pada umumnya lubang yang ditandai nomer 1 oleh Fluidsim Pneumatic Festo biasanya digunakan sebagai inputan angin, untuk nomer 2 merupakan keluaran dari inputan 1, nah pada gambar simbol terdapat bola kecil yang berada di kiri panah, itu merupakan penutup untuk salah satu lubang antara nomer 1 dan 3, pada lubang nomer 3 meupakan pembuangan pada katup tersebut. Pada saat angin masuk dari lubang nomer 2 maka angin akan mengalir ke lubang nomer 3 atau biasa disebut pembuangan.

rangkaian cekik cepat

Pada gambar rangkaian pneumatic diatas merupakan rangkaian penggunaan katup buang cepat, pada nomer 2 merupakan posisi untuk membuat silinder mundur dengan cepat, sedangkan pada posisi quick exhaust pada nomer 1 digunakan untuk mempercepat silinder bergerak cepat.

***
Tag : Pneumatic
4 Komentar untuk "Pengertian,Cara Kerja dari One Way Flow control dan Quick Exhaust Valve"

Ane baru tau gan, makasih infonya.. makin berkembang terus gan!

Selamat malam kak saya mau tanya
Saya ingin membuat rangkaian pneumatic yang dapat mengeluarkan angin bertekanan besar dengan cepat untuk itu komponen apa saja yang di butuhkan kan???
Angin dalam tabung tekanan nya hanya 2700 - 3000 psi saja mohon di jawab terimakasih

Kalo mau ngeluarin tekanan angin yang besar itu tergantung sama penggunaan pompa angin + valve-nya, masing masing valve itu ada banyak jenisnya dan ukuran lubang yang di miliki tiap valve juga berbeda ukurnnya.. jadi di lihat dulu indikasinya. semakin besar ukuranya semakin besar tekanan yang di keluarkan

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top