Pengertian dan Jenis Monometer Berdasarkan Media Alat ukurnya


Pengertian dan Jenis Monometer Berdasarkan Media Alat ukurnya -  Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas mengenai fungsi monometer, pengertian monometer berdasarkan jenisnya dan membagi jenis monometer berdasarkan bentuk fisiknya. Nah!, Artikel kali ini saya akan membahas mengenai Pengertian monometer dan jenisnnya berdasarkan media alat ukur yang digunakan. Langsung saja kita bahas dan bedah mengenai monometer.

Monometer adalah alat yang berfungsi untuk mengukur tekanan udara maupun fluida cair dalam ruang tertutup dan bertekanan. Ternyata udara dapat memberikan tekanan pada ruang yang tertutup, pada saat anda meniup balon maka balon akan terasa adanya tekanan di dalamnya. Untuk mengukur tekanan pada gas dalam ruang tertutup maka digunakan sebuah alat yang bernama Monometer.

Sebenarnya penggolongan jenis-jenis dari monometer ada banyak tipikalnya, mulai dari jenis berdasarkan fisiknya ada juga berdasarkan media alat ukurnya. Nah! pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan berdasarkan jenis media alat ukur yang digunakan.

Jenis-Jenis Monometer

1. Monometer Zat Cair
Monometer zat cair adalah monometer dengan jenis terbuka. Pada monometer ini terdapat pipa U yang mempunyai satu tabung terbuka dan satu tabung tertutup. isi cairan dalam tabung tersebut yaitu air raksa, air ataupun alkohol. Untuk prinsip pengukuran tekanan udara dalam tabung bisa dengan mengukur selisih ketinggian fluida dalam pipa. Jika tekanan gas dalam tabung lebih besar dari pada tekanan udara yang ada di luar, maka tinggi permukaan zat cair dalam tabung terbuka lebih tinggi daripada tinggi permukaan zat cair dalam tabung yang tertutup.



Rumus besar tekanan dalam tabung monometer :

Pgas = Pluar +h

Jika pada suatu tekanan udara dalam tabung tertutup lebih kecil dibandingkan dengan tekanan udara dari luar, maka tinggi permukaan zat cair dalam tabung terbuka lebih rendah dibandingkan dengan tinggi permukaan zat cair yang ada dalam tabung tertutup.

Rumus tekanan udara dalam tabung tersebut dinyatakan :

Pgas = Pluar - h

Pada umumnya cairan yang digunakan pada monometer zat cair yaitu air raksa, sehingga satuan h  adalah cm, mengingat tekanan udara dari luar diasumsikan 76 cmHg.

2. Monometer Logam
Monometer Logam digunakan untuk mengukur tekanan udara yang tinggi, seperti pengukuran tekanan udara pada ban mobil, tekanan tungku pemanas dan  tekanan gas. Monometer jenis ini digunakna karena tekanan udara yang diukur sangat besar, sehingga tidak mungkin menggunakan monometer zat cair.

Pada dasarnya ada beberapa macam monometer, antara lain:
  •  Monometer Pegas
  • Monometer Bourdon
  • Monometer Schaffer dan bounderg
***
Tag : Mechanical
0 Komentar untuk "Pengertian dan Jenis Monometer Berdasarkan Media Alat ukurnya"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top