Fungsi dan Jenis Perkakas tangan Alat Bengkel


Fungsi dan Jenis Perkakas tangan Alat Bengkel - Perkakas tangan merupakan alat yang sangat membantu pekerjaan kita ketika kita sedang melakukan kerjaan mekanik. Sekarang perkakas tangan sudah banyak di jual di toko perkakas. Untuk membantu dalam melakukan pekerjaan mekanik, biasanya perkakas yang digunakan cukup beragam, Untuk perkakas tangan sendiri harus menggunakannya secara manual dengan memanfaatkan kekuatan tangan atau tenaga manusia tanpa adanya bantuan tenaga mesin. Menggunakan berbagai macam perkakas tangan tidak terlalu berbahaya, jika dibandingkan dengan penggunaan perkakas elektrik (Hand Power Tool). Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kepada pembaca tentang perkakas tangan yang sering digunakan pada alat bengkel. Langsung saja saya mulai dari perkakas yang satu ini :

1. Kunci Soket 
dimanfaatkan untuk melepas atau memasang kepala baut atau mur dengan momen kekencangan tertentu. Berbentuk silinder dan terbuat dari logam paduan Chrome Vanadium dan di lapisi dengan nickel.


2. Kunci Ring   
buat mengkuatkan  atau relax untuk  dan mur yang berbentu segi enam atau heksagonal. Kunci pas ring ini mepunyai ukuran metric dengan kombinasi, misalnya 6 dan 7, 8 dan 9, 10 dan 11, 12 dan 13 dan seterusnya dimana salah  satuan ukuran ialah mm.


3. Allen Wrench (KUNCI L / Kunci Allen),
sering disebut kunci L (dapat disebut juga kunci inbus), adalah kunci yang digunakan untuk melepas baut yang kepala bautnya berbentuk bulat tetapi di dalamnya terdapat lubang yang berbentuk segienam. Kunci ini dibuat dari baja heksagonal high tensile, sering kali dibengkokkan dengan sudut yang tepat dan berbentuk huruf ”L” dan ada yang berbentuk huruf ”T”.


4. Kunci Inggris 
buat membuka/ memperketat kepala baut/mur yang ukurannya dapat diubah sesuai dengan limit maksimumnya. Kunci Inggris  memiliki sudut 15 derajat terhadap pegangannya dengan ukuran lebar mulut antara 13 mm – 35 mm.
5. Kunci roda  
buat  melepas dan mengganti mur roda pada kendaraan bermotor. Kunci roda terbuat dari baja di mana ujung-ujungnya memiliki kepala soket segi 6.

6. Kunci Pipa 
baut memegang benda yang berbentuk bulat, baik solid maupun berbentuk pipa. Pada bagian tangkainya terdapat baut pengatur kedudukan rahangnya.

7. Tang Cucut 
bagian penjepit kawat atau kabel dan dapat dimanfaatkan bagian dalam rahang yang tajam sebagai pemotong kabel.

8. Tang Sudut  
tang jenis ini biasa di aplikasikan untuk membuka atau mennutup buat menjepit kawat dan kabel yang sulit di jangkau.

9. Tang Kombinasi  
tang kombinasi  biasanya digunakan untuk menjepit kawat atau kabel. Di tengahnya, bagian yang bergerigi renggang, untuk mengunci mur. Rahang tajam sebagai pemotong kawat dan kabel.

10. Kikir 
alat yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi, biasanya tool ini digunakan untuk menghaluskan permukaan benda terutama yang terbuat dari kayu.
11. Bor Listrik
sudah tidak asing lagi dengan alat yang satu ini, fungsi dari hand power tool ini yaitu untuk memberi lubang pada suatu benda.
12. Voltmeter
Voltmeter adalah sebuah alat ukur yang biasa digunakan untuk mengukur besar tegangan listrik yang ada dalam sebuah rangkaian listrik. Susunannya paralel sesuai dengan lokasi komponen yang diukur. Ada tiga lempengan tembaga yang ada di dalamnya. Semua lempengan itu terpasang pada Bakelit yang sudah terangkai dalam sebuah tabung plastik maupun kaca. Lempengan luarnya dinamakan anode, sedangkan lempengan tengahnya dinamakan katode. Ukuran tabung yang dimaksud biasanya sekitar 15 x 10 cm (tinggi x diameter).

13. Ohm meter
Fungsi Ohmmeter adalah untuk mengukur hambatan listrik yang merupakan suatu daya yang mampu menahan aliran listrik pada konduktor. Alat tersebut menggunakan galvanometer untuk melihat besarnya arus listrik yang kemudian dikalibrasi ke satuan ohm.


14. Multimeter/Avometer
Buat mengukur besarnya tegangan, arus, serta hambatan listrik, selain itu multimeter juga dapat digunakan untuk beberapa fungsi seperti mengukur temperatur, induktansi, frekuensi, dan sebagainya.


15. Kompresor
seperti penambah angin pada ban sampai pada fungsi yang lebih kompleks lainnya. Ukuran serta kapasitas dari kompresor ini bermacam – macam.


16. Dongkrak
Mungkin pada aktifitas keseharian anda ada yang tidak bisa lepas dengan alat ini, terutama pada bengkel bengkel otomotif. Fungsi dongkrak pada mobil adalah untuk mengangkat mobil pada waktu pemasangan jek stand supaya memudahkan pada saat pemasangan catalytic converter dan juga biasanya digunakan untuk mengganti ban mobil, namun tujuan lain seperti melakukan inspeksi atau perbaikan sistem pengereman itu juga membutuhkan dongkrak sebagai sarana pendukung dalam melakukan aktivitas perbaikan mobil tersebut.

17. Palu
Palu atau Martil adalah alat yang digunakan untuk memberikan tumbukan kepada benda. Palu umum digunakan untuk memaku, memperbaiki suatu benda, penempaan logam dan menghancurkan suatu objek. Palu dirancang untuk tujuan tertentu dengan variasi dalam bentuk dan struktur. Bentuk umum palu terdiri dari gagang palu dan kepala palu, dengan sebagian besar berat berada di kepala palu. Desain dasar palu agar mudah digunakan, tetapi ada juga model palu mekanis yang dioperasikan untuk keperluan yang lebih besar.

18. Tang
sebenarnya tang memiliki banyak jenis dan model tergantung dengan pengaplikasiannya.  pada perkakas alat bengkel biasanya digunakan untuk memotong, membengkokkan, memegang dan sebagainya.

19. Gerinda
hand power tool yang satu ini sangat umum digunakan pada bengkel-bengkel kendaraan digunakan untuk menghaluskan benda kerja atau untuk penajaman alat-alat perkakas, misalnya; mata bor, pahat, penggores, jangka tusuk, dan sebagainya.

20. Ragum
Ragum adalah suatu alat penjepit untuk menjepit benda kerja yang akan dikikir, dipahat,digergaji,di tap,di sney,dan lain lain. Dengan memutar tangkai (handle) ragum, maka mulut ragum akan menjepit atau membuka/melepas benda kerja yang sedang dikerjakan. Bibir mulut ragum harus dijaga jangan sampai rusak akibat terpahat,terkikir dan lain sebagainya.

***
Tag : Mechanical
1 Komentar untuk "Fungsi dan Jenis Perkakas tangan Alat Bengkel"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top