Fungsi dan Jenis-Jenis dari Perkakas Tangan (Hand Tools) Alat Berat


Fungsi dan Jenis-Jenis dari Perkakas Tangan (Hand Tools) Alat Berat - Pengetahuan akan Hand tool (perkakas tangan) sangatlah penting buat pembaca yang bergelut di dunia alat berat, atau yang berhubungan dengan alat berat secara langsung, semisal mekanik saat operasi di lapangan, purchasing saat ada permintaan dari pembelian dari lapangan dan lain sebagainya, untuk membantu dan menambah wawasan tentang perkakas tangan alat berat maka saya akan memberikan sedikit informasi mengenai Hand Tools dan fungsi dari masing-masing tool. Tanpa basa-basi lagi berikut ini beberapa dari perkakas tangan yang umum digunakan pada alat berat.

1. Kunci Pas (Open End Wrench)Kunci pas atau open end wrench atau open ended spanner merupakan salah satu peralatan yang sering digunakan saat perbaikan kendaraan. Kunci pas pada umumnya terbuat dari logam dengan paduan chrome vanadium, dengan tangkainya (shank) membentuk sudut 15 derajat pada kedua ujungnya dan ada kunci pas khusus yang memiliki sudut 90 derajat.


Fungsi dari Kunci pas atau Open End Wrench untuk mempercepat saat pelepasan dan pengencangan baut atau mur jika kunci-kunci yang lain misalnya kunci ring tidak dapat menjangkau baut atau mur tersebut.

2. Tappet Wrench, memiliki bentuk yang tipis dan handle yang panjang. Mempunyai dua ukuran pada setiap ujungnya: yang memiliki ukuran ½ dan 9/16 inch digunakan untuk valve adjustment.

3. Box End Wrench, kunci ini memiliki berbentuk seperti socket pada ujung–ujungnya, biasa digunakan pada saat awal membuka baut atau nut.

 4. Combination Wrench, digunakan di semua area jika socket dan ratchet tidak bisa digunakan.


Combination Wrench

5. Kunci Inggris (Adjustable Wrench), tools ini merupakan perkakas yang sangat dibutuhkan, orang indonesia biasa menyebut dengan istilah kunci inggris, untuk pengaplikasiannya kunci inggris bisa diubah sesuai dengan kebutuhan digunakan pada nut atau bolt yang berukuran ganjil di mana wrench lain tidak bisa dipakai. 



6. Allen Wrench (KUNCI L / Kunci Allen), Kunci allen atau kunci heksagonal, atau sering disebut kunci L (dapat disebut juga kunci inbus), adalah kunci yang digunakan untuk melepas baut yang kepala bautnya berbentuk bulat tetapi di dalamnya terdapat lubang yang berbentuk segienam. Kunci ini dibuat dari baja heksagonal high tensile, sering kali dibengkokkan dengan sudut yang tepat dan berbentuk huruf ”L” dan ada yang berbentuk huruf ”T”.



7. Pipe Wrench, digunakan untuk memasang dan melepas pipa.


8. Filter Strap Wrench, digunakan untuk memasang dan melepas semua tipe Spin-On Filter baik filter fuel maupun oli.
9. Chain Wrench (Kunci Rantai), digunakan untuk melepas dan memasang treaded crown yang digunakan untuk menahan ujung pada hydraulic cylinder.
10. Sledge WrenchSledge wrench adalah perkakas yang digunakan untuk mengencangkan atau mengendurkan baut dan mur yang berukuran besar serta memiliki torsi tinggi. Sledge wrench memiliki bentuk ujung yang sama dengan kunci ring. Perbedaan keduanya yakni pada sledge wrench panjang tangkainya hanya setengah dari panjang tangkai kunci ring. Selain itu ujung lain dari sledge wrench digunakan sebagai bantalan untuk dipukul.

11. Sliding T Wrench (Kunci T), digunakan untuk melepas plug atau nut/ bolt sebelum menggunakan ratchet.

12. Socket Drive, digunakan untuk memasang dan melepas nut/bolt atau hex head screw secara cepat dan yang mempunyai kekencangan ringan untuk melepasnya. 




13. Socket Extension, untuk melepas dan memasang nut/bolt pada tempat-tempat yang sulit dijangkau.


14. Drive Adapter, tool atau perkakas ini biasanya digunakan pada ratchet dan drive handle.

15. Universal Joint, digunakan saat ratchet atau extention berada pada posisi menyudut terhadap nut/bolt.


16. Ball Type Universal joint, tool ini digunakan pada daerah yang tidak dapat dijangkau oleh socket dan handle.


17. Kunci sock bintang (star socket), Dari sekilas bentuk kunci sock bintang mirip kunci sock bersegi 12, padahal berbeda. Sudutnya lebih lancip dan fungsinya untuk melepas baut/mur bintang yang juga memiliki segi seperti pada kunci (ada yang segi 5, ada yang segi 10).

18. Kunci Roda (Wheel Brace), Alat-alat berat selanjutnya adalah kunci roda, sesuai dengan namanya kunci ini berfungsi untuk melepas/memasng mur pada roda. Biasanya memiliki 3 atau 4 ujung socket dengan ukuran yang berbeda-beda, sehingga kunci roda ini dapat digunakan ke berbagai kendaraan dengan ukuran mur roda yang berbeda, karena ada mur roda yang ukurannya 16 mm, 19 mm, dan 21 mm.


19. Kunci Busi (Spark Plug Socket), Sesuai dengan namanya, kunci ini digunakan khusus untuk melepas atau memasang busi (komponen pembakaran pada kendaraan). Perlu menggunakan stang sock untuk menggunakan kunci busi ini. Di beragai model, ada yang disertai dengan universal joint agar dapat lebih flexible ketika menggunakannya. Kunci  busi ini juga dilengkapi karet, yang bertujuan untuk mencegah porselin pada busi tidak pecah dan memudahkan dalam pelepasan/pemasangan karena busi akan tertancap pada karet (menempel).
Kunci busi sendiri memiliki beberapa ukuran, karena memang ukuran busi juga berbeda-beda. Ada yang ukurannya 16 mm, 20,6 (21) mm dan lain sebagainya.

20.Ratchet, Ratchet adalah salah satu kelengkapan kunci sock yang digunakan untuk melepas/memasang baut yang dalam keadaan longgar, tanpa harus melepaskan kunci shock dari kepala baut atau mur. Artinya, dengan ratchet ini proses pelepasan atau pemasangan mur akan lebih cepat, mengapa dalam kondisi longgar?

Karena rachet ini didalamnya ada semacam gigi, yang bila digunakan untuk mengendorkan/mengencangkan penuh, dimana butuh momen yang besar maka dapat mempercepat kerusakan pada rachet.

***
Tag : Mechanical
2 Komentar untuk "Fungsi dan Jenis-Jenis dari Perkakas Tangan (Hand Tools) Alat Berat"

This's still half part of tools..

Hallo Mr.john, i know that many type tools we can use it to repair part of heavy equipment. But in this case i take the important part for my blog post, and i hope you can take the science from this, thank you 🙏🙏🙏

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top