Jenis-Jenis Keturunan dan Keluarga Microcontroller

Jenis-Jenis Keturunan dan Keluarga Microcontroller
Jenis-Jenis Keturunan dan Keluarga Microcontroller - Penggunaan microcontroller di lingkungan kita sehari-hari sudah pasti sering digunakan, contohnya Smartphone. Pada smartphone terdapat rangkaian yang menggunakan Microcontroller sebagai otak dari smartphone tersebut, Sebelum mengenal lebih jauh tentang microcontroller,  "apa itu microcontroller?". Mendengar microcontroller sudah tidak asing lagi perannya di dunia elektronika, pasalnya rangkaian elektronika yang sudah memiliki dedikasi tinggi dalam ilmu pemrograman pasti membutuhkan sebuah microcontroller. Pengertian dari microcontroller itu sendiri adalah Sebuah Chip yang memiliki Fungsi Seperti komputer. Chip ini banyak digunakan pada sistem otomasi. dengan adanya Chip ini kita dapat lebih mudah untuk melakukan sebuah pekerjaan yang berat. Seiring perkembangan zaman, penggunaan Microcontroller semakin luas, bisa digunakan pada Trafick Light, Jam Digital dan Tentu saja dalam pembuatan Robot.

Microcontroller dalam pengaplikasian di dunia robotika digunakan sebagai otak pada robot. yang mengendalikan actuator, Sound dan masih banyak lagi, Berikut ini ada beberapa jenis keluarga microcontroller yang telah hadir. Dan setiap microcontroller sendiri memiliki karakteristik yang berbeda-beda dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

JENIS-JENIS MICROCONTROLLER

Kalau dilihat secara teknis, Microcontroller tergolong menjadi 2 jenis.

1. CISC (Complex Instruction Set Computer) Jenis yang ini memiliki instruksinya lebih lengkap, namun fasilitasnya lebih sedikit

2. RISC (Reduced Instruction Set Computer) merupakan jenis yang memiliki instruksi yang terbatas, namun memiliki fasilitas yang lebih banyak

Penjualan microcontroller banyak sekali jenis dan macamnya, Microcontroller yang beredar dipasaran biasanya ada 3 keluarga besar dari microcontroller itu sendiri, yaitu :

1. AVR
AVR merupakan microcontroller yang memiliki Jenis RISC 8 Bit. AVR jenis microcontroller yang paling sering diguanakan dalam rangkaian elektronika maupun pembuatan pada robot, dengan bentuknya yang kecil dan mungil seperti sebuah chip membuatnya sering digunakan untuk berbagai kebutuhan. Bisa dilihat pada gambar dibawah, bentuk yang kotak dan tergolong dalam komponen SMD dapat membuat sebuah rangkain menjadi kecil dan tidak memakan tempat. Hal ini yang di pertimbangkan dalam dunia elektronika untuk membuat sebuah rangkaian.

AVR Microcontroller

Secara umum, terdapat 4 kelas dari AVR. Setiap kelas memiliki fungsi, Memory dan peripheral yang berbeda-beda, diantara 4 kelas tersebut yaitu ATTiny, AT90Sxx, ATMega dan AT86RFxx, Untuk dikalangan pasaran, biasanya yang sering ada di antar 4 kelas tersbeut yaitu ATMega yang terdapat pada Arduino.

2. PIC 
PIC (Programmable Interface Controller), Setelah berkembangnya sebuah PIC. Pertama yang dilakukan oleh devisi Mikroelektronik General Instrumets dengan Nama PIC1640 membuat PIC menjadi lebih berkembang. Penggunaan PIC sangat populer digunakan oleh penghoby elektronika karena biaya PIC sendiri cukup murah, terjangkau dan penggunaannya cukup luas. Untuk pemrogramannya sendiri biasanya dilakukan melalui komputer. Biasanya penggunaan PIC sendiri memiliki ketahanan dan kekuatannya, sering dipakai untuk aplikasi lebih besar seperti Industri.

PIC

3. INTEL MCS51
Dilihat dari teknisnya, microcontroller ini termasuk dalam CISC (Complex Instruction Set Computer). Pada awal kemunculannya dirancang untuk aplikasi chip tunggal. Namun, Mode sudah diperluas dengan kapasitas ROM luar sebesar 64 KB dan RAM luar sebesar 64 KB. kemudian terdapat 2 jalur yang berbeda pada microcontroller ini. Yaitu jalur program dan jalur data. Karena kemampuan yang dimiliki oleh MCS51, biasanya diterapkan dalam penggunaan PLC.

INTEL MCS51

Mungkin cukup sekian pembahasan kita tentang jenis-jenis komponen microcontroller, untuk lebih jelasnya atau ada saran maupun pertanyaan bisa comment pada kolom dibawah, jangan lupa untuk membaca artikel yang lainnya ya.

Jangan lupa berkunjung ya!!!
~ 3 Macam Komponen Pembentuk Pada Robot
Macam-Macam Jenis Sensor yang Digunakan Pada Robot
Pengenalan Jenis-Jenis dan Macam Baterai Pada Robot
Komponen Utama Pada Robot
Tag : Robotic
0 Komentar untuk "Jenis-Jenis Keturunan dan Keluarga Microcontroller"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top