Macam-Macam Jenis Sensor yang Digunakan Pada Robot

Macam-Macam Jenis Sensor yang Digunakan Pada Robot - Layaknya indra pada manusia. Robot dapat mengenal lingkungan di sekitarnya dengan bantuan dari sensor. Seperti yang kita ketahui, manusia bisa merasakan dingin dengan kulitnya, Melihat lingkungan sekitar dengan matanya, mendengar suara-suara yang ada dengan telinga, mengecap dengan lidah dan mencium dengan Hidung.

Macam-Macam Jenis Sensor yang Digunakan Pada Robot

Jika manusia memiliki 5 indra secara fisik. berbeda dengan robot yang bisa memiliki lebih banyak dari itu, karena robot bisa menggunakan sensor apa saja yang di aplikasiakn pada robot itu sendiri. dengan kemampuannya tersebut robot dapat menerima informasi lebih banyak yang membuatnya dapat menerapkan sensor yang lebih banyak karena  Robot bisa memiliki semua indra tersebut. Jika kita pahami, robot memiliki macam-macam sensor yang digunakan, untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada kolom dibawah ini.

Jenis-Jenis Sensor Pada Robot

1. Light Sensor
Light Sensor dapat medeteksi cahaya atau peka terhadap cahaya disekitarnya. Dengan Light Sensor ini robot dapat dengan mudah mengetahui gelap dan terangnya suatu objek, Tempat, Siang atau Malam di lingkungan sekitarnya.

Light Sensor

2. Color Sensor
Seperti namanya sendiri, Color sensor merupakan sebuah sensor yang bisa mendeteksi keadaan sekitar dengan warna seperti merah, biru, kuning dan sebagainya. Sensor ini hampir sama dengan Light Sensor atau Infra Red Sensor, ke dua sensor tersbut sama-sama dapat mendeteksi keadaan warna, namun hanya penerapan warna saja yang berbeda dari ke tiga sensor tersebut. 

Color Sensor

Biasanya Color Sensor digunakan untuk membuat Robot Line Follower, Bahkan yang lebih canggih lagi dapat mengikuti garis dengan warna yang lebih spesifik.

3. Distance Sensor
Distance Sensor - adalah sensor yang digunakan untuk mendeteksi objek dengan cara mengukur jarak pada objek tersebut. Sensor ini bisa mengukur jarak dengan akurat. Dalam pengaplikasiannya, sensor ini sering digunakan sebagai mata pada robot. Robot dapat melihat objek yang ada di depan dengan sensor ini. biasanya julukan sensor ini yaitu "Sensor PING".

Distance Sensor

4. Sound Sensor
Namanya Sound Sensor pasti sensor ini bekerja terhadap suara disekitarnya, Fungsinya jika diterapkan pada robot seperti telinga pada manusia. Biasanya sensor ini mendeteksi suara-suara yang nyaring, Suara yang tidak hening, dan hening. Untuk tingkat sensitifitas pada sensor bisa diatur dengan memutar trimmernya, atau bisa di atur melalui program yang diterapkan.
Sound Sensor
Sekarang penggunaan Soud Sensor sudah berkembang, dengan diprogram untuk mendengar kata (Bahasa) yang digunakan manusia.

5. Balance Sensor
Seperti namanya sendiri, Balance Sensor digunakan untuk membuat robot tetap seimbang, mengetahui kemiringan dan mambantu robot pada saat robot terjatuh. Penerapan sensor ini biasanya digunakan pada smartphone seperti Gyroscope.

Balance Sensor

6. Gas Sensor
Gas Sensor berfungsi untuk mendeteksi berbagai jenis gas maupun asap yang ada disekitarnya, layaknya hidung manusia. Bisa dibilang sensor ini diaplikasiakn sebagai hidung pada robot. Sensor ini dapat mendeteksi gas yang aman untuk manusia dan yang tidak aman (Berbahaya). Contoh penerapan gas sensor biasanya diterapkan pada Robot Penjinak BOM atau Robot GreenBird.

Gas Sensor

7. Temperatur Sensor
Sensor ini diibaratkan sebagai kulit pada manusia, namanya Temperature sensor sudah pasti dapat mengukur suhu di sekitarnya. Penerapan sensor ini pada robot digunakan untuk merasakan keadaan sekitar. Ibaratnya sensor ini adalah kulit pada robot. Pengaplikasian Sensor ini digunakan untuk mendeteksi suhu api pada robot Fire Fighter.
Temperatur Sensor
8. Touch Sensor
Touch Sensor adalah jenis sensor yang akan mendeteksi ketika disentuh, ibaratnya kulit. Touch Sensor pada dasarnya merupakan saklar yang memiliki berbagai jenis bentuk. Pada robot biasanya sensor ini digunakan untuk mendeteksi objek yang ada pada tangan robot, mencegah terjadinya tabrakan pada Robot beroda dan masih banyak lagi.
Touch Sensor
Mungkin cukup sekian pembahasn kita pada "Macam-Macam Jenis Sensor yang Digunakan Pada Robot". Jika ada pertanyaan atau saran bisa comment pada kolom dibawah ini, jangan lupa untuk berkunjung di artikel yang lainnya ya!
Tag : Robotic
1 Komentar untuk "Macam-Macam Jenis Sensor yang Digunakan Pada Robot"

cukup bagus pembahasannya

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top