3 Macam Komponen Pembentuk Pada Robot

3 Macam Komponen Pembentuk Pada Robot

3 Macam Komponen Pembentuk Pada Robot - Sebelum membaca artikel ini. Saya berharap kamu sudah memahami apa itu robot? Mulai dari definisi, komponen penting, cara menggeraknya serta peran aktif dilingkungan sekitarnya. Jika kamu belum mengetahuinya baca postingan sebelumnya di artikel saya tentang pengertian robot.
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian mengenai komponen apa saja untuk pembentuk robot? jawabannya cukup mudah. Ada 3 komponen dalam pembentuk pada robot yaitu sebuah mekanik, Elektronik dan Program. Ketiga hal tersebut saling berkaitan dan berperan aktif dalam pembentukan robot. Untuk lebih jelasnya mengenai 3 hal tersebut langsung simak artikel berikut ini.

1. Mekanik 
Komponen mekanik dalam robot meliputi bahan-bahan apa saja yang digunakan oleh robot serta bagaimana bahan-bahan itu dibentuk menjadi sebuah robot. Kalian bisa lihat pada gambar dibawah


Contohnya pada gambar diatas, ada 1 gambar komponen yang terpisah setelah robot tersebut di bongkar menjadi beberapa part komponen. Cara yang digunakan untuk membuat komponen tersebut terpisah supaya bisa menjadi robot yang utuh, itulah yang dipelajari dalam ilmu mekanik robot.


Kemudian pada contoh yang lainnya bisa kamu lihat pada gambar diatas, gambar diatas ada sebuah robot arm yang sedang menggenggam sebuah bola. mungkin kamu bertanya - tanya bagai mana cara robot tersebut bisa memegang bola?, Jawabannya cukup simple. Kalau kamu memahai mekaniknya kamu bisa lihat apa saja komponen penggerak pada robot tersebut?  bisa dilihat ada servo yang digunakan sebagai penggerak (Actuator) pada arm robot.

Untuk kesimpulannya sendiri tentang pengertian mekanik adalah "Semua yang bisa kamu lihat secara fisik dalam robot, itu adalah komponen mekanik yang terdapat pada robot"

2. Elektronik
Komponen elektronik dalam dunia robotika dimulai dari arus lemah (DC) yang digunakan untuk menghidupkan sebuah robot, untuk sebutan umumnya disebut Listrik. Listrik yang digunakan pada robot adalah arus DC. Arus DC terdapat pada adaptor maupun baterai.

yang termasuk dalam komponen elektronik robot lainnya adalah sebuah controller (Otak Robot), Sensor (Indra pada Robot), Actuator (Penggerak) dan masih banyak yang lainnya. Dibawah ini adalah komponen-komponen elektronika.

Komponen Elektrikal

Jadi intinya adalah benda yang berhubungan dengan energi listrik termasuk dalam komponen elektronika. 

3.Program
Program dalam dunia robotika disebut dengan komponen yang paling tinggi, walaupun hanya ditamkan pada robot dalam sebuah chip. Akan Tetapi, dengan komponen program ini robot dapat melakukan fungsinya dan tugas dengan sangat spesifikasi. Dan semuanya dilakukan dengan berbagai macam intruksi (Bahasa Pemrograman).

Pemrograman

Bahasa pemrograman yang paling terkenal digunakan yaktu bahasa C, karena program tersebut yang paling powerfull diterapkan pada robot, namun semua bahasa pemrograman seperti Pascal, Assembler, JAVA bisa diaplikasikan untuk memberikan perintah pada robot.

Pemrograman

Bahkan dengan perkembangan jaman membuat bahasa pemrograman makin dipermudah ungtuk mengembangkan sebuah teknologi. Bahkan anak SD sudah bisa untuk mempelajari pemrograman pada robot, semua itu didukung dengan keberadaan software pemrograman yang berbentuk grafik, bukan teks lagi.
Tag : Robotic
2 Komentar untuk "3 Macam Komponen Pembentuk Pada Robot"

Semoga bermanfaat mas untuk kedepannya

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top