Komponen Utama Pada Robot

Komponen Utama Pada Robot - Seperti yang kita ketahui, dalam mengenal robot terdapat komponen-komponen utama yang ada pada robot. Pada artikel kali ini, saya akan mengajak kalian untuk membedah apa saja komponen utama pada robot. Mulai dari bagian otak, hingga ke komponen penggerak pada robot.

Komponen Utama Pada Robot

Kalian mungkin pernah bertanya "Apa yang membuat robot bisa berpikir?", "Apa yang membuat robot bisa bergerak?", "Apa yang membuat robot bisa mendapatkan informasi dari lingkungan sekitarnya?". Semua pertanyaan tersebut akan terjawab dengan membadah lebih dalam apa saja komponen utama yang digunakan pada robot. Tanpa basa-basi langsung simak artikel berikut ini.

1. Controller 
Controller adalah bagian utama yang terdapat pada robot. Controller di ibaratkan sebagai otak manusia. Otak tersebut dapat menggerakan semua pergerakan dalam robot. Bagian ini berfungsi untuk menjalankan sebuah program, menerima dan mengelola setiap informasi yang terdapat dilingkungannya (Input Sensor), bisa mengirim dan mengendalikan output pada Indukator, Actuator serta Audio. 
Arduino
2. Actuator
Actuator merupakan bagian yang di ibaratkan sebagai otot pada manusia. Fungsinya adalah untuk menggerakan robot. Biasanya robot beroda menggunakan DC motor sebagai prnggeraknya dan membuat robot dapat berpindah tempat. Sedangkan robot yang bergerak menggunakan kaki biasanya menggunakan Motor Servo. Motor Servo memiliki peran yang sama dengan DC motor sebagai penggerak pada robot. Namun, penggunaan mekanik yang membuat pergerakan mereka berbeda. Mungkin buat kalian yang belum tau bentuk Motor Servo bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Motor Servo

3. Sensor
Sensor jika di ibaratkan merupakan indra pada manusia seperti melihat, merasa dan mendengar. Ada banyak jenis sensor pada robot, Manusia hanya memiliki 5 Indera, robot bisa memiliki sensor dengan jumlah yang tidak terbatas. Karena robot merupakan makhluk elektronik, dan teknologi yang cepat berkembang.

Sensor ping

4. Battery
Battery merupakan sumber energi pada robot. Ibaratnya otak kamu yang membutuhkan nutrisi sebagai sumber tenaga seperti karbogidrat atau Vitamin. Baterai berperan untuk sumber tegangan pada robot. Baterai akan menyalurkan sumber tegangan ke bagian listrik pada robot seperti Controller, Sensor, Actuator dan semua komponen elektronik dari baterai.
Baterai
5. Kabel
Part yang satu ini merupakan part yang penting, ibaratnya kabel merupakan darah, urat dan saraf pada manusia. Pada bagian robot digunakan sebagai penyalur suatu arus. bisa juga sebagai saluran antara Input dan Output pada robot.
Kabel
6. Frame
Pada bagian Frame, biasanya Frame digunakan sebagai tulang yang menyangga antara Servo pada Robot. Membentuk bagian pada robot menjadi berbagai macam bentuk, dan penunjang penampilan pada robot. Untuk robot beroda seperti Line follower biasanya ada yang berbentuk kotak, bulat maupun segitiga. Pembentukan frame tergantung dengan kebutuhan pada bagian robot dan penempatan pada komponen-komponen yang lainnya.

Frame Robot

7. Chassis 
Biasanya disebut dengan Cover, rangka utama pada robot biasanya menjadi badan bagi si robot. Biasanya Chassis dipasang berbagai macam bentuk sesuai dengan bentuk dari Framenya sendiri untuk memperbagus penampilan pada robot.

chassis

8. Support Part
merupakan sebuah komponen pendukung untuk membentuk robot, seperti Baud dan Mur.

baut dan mur

Kesimpulannya, bagian-bagian pada robot merupakan hal yang penting, namun pada pembahasan kita kali ini merupakan komponen-komponen utama pada robot yang tidak bisa dipisahkan. Jika kalian ada pertanyaan atau saran, bisa comment pada kolom dibawah ini. Jangan lupa untuk membca artikel yang lainnya ya, See You and Stay Classic!

Jangan lupa berkunjung ya!!!
~ First Impression New Mitsubishi Outlander PHEV 2018

Tag : Robotic
2 Komentar untuk "Komponen Utama Pada Robot"

Kalo saya pikir-pikir semua komponen pada robot merupakan bagian utama,dan semua itu tergantung dengan jenis robot yang di gunakan

wah bagus ni artikelnya.. cukup jelas dan lengkap

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top