Diagram Rangkaian Sensor PNP dan NPN pada PLC input module (Sourcing dan Sinking)

Diagram Rangkaian Sensor PNP dan NPN pada PLC input module (Sourcing dan Sinking)

Diagram Rangkaian Sensor PNP dan NPN pada PLC input module (Sourcing dan Sinking) - PNP dan NPN sensor pada dasarnya memiliki basic persamaan yang sama pada penggunaannya, yang membedakan adalah outpur atau keluaran dari sensor yang nantinya arus dan arus akan di salurkan ke circuit atau rangkaian penghubungnya setelah sensor. Sensor yang digunakan dari ke-2 jenis sensor tersebut basically  menggunakan transistor, Transistor merupakan sebuah semikonduktor device yang digunakan untuk mengontrol arus antara 2 buah terminal. 

Berikut ini adalah gambaran penjelasan dari penyusun untuk mempermudah pembaca sekalian dalam membedakan antara PNP dan NPN sensor sebelum lanjut ke pembahasan bagaimana cara merangkai rangkaian sensor yang di sambungkan ke PLC. 


Pada simbol sensor PNP dan NPN terdapat arah arus yang digunakan untuk konvension arus. Pada PNP, arus datang dari emiter, lalu di salurkan ke kolektor dan base. Lalu pada NPN, arus datang dari kolektor dan base, lalu di salurkan kembali ke arah emiter..


Basically, penjelasan secara garis besar. pada cara kerja dari sourcing (PNP), arus akan mengalir keluar dari sensor ke sumber positif (+). Lalu pada NPN atau sinking, arus akan masuk mengalir ke sensor pada bagian common dari tegangan. Sebagai contoh komponen sensor menggunakan PNP dan NPN, bisa dilihat pada gambar di bawah ini:


Pada gambar (A) penyusun mengambil sample sensor dari produk omron dengan jenis "E2EW-X7C112-M1" dengan spesifikasi keterangannya yaitu jenis sensor proximity yang menggunakan sistem induksi berbahan metall (stainless steel) memili 3 buah kabel (salah satu ciri kalau sensor ini menggunakan sistem NPN / PNP) dan juga ada keterangan sensor tersebut menggunakan NPN. Lalu pada gambar (B) meruapakan contoh dari sensor sourcing (PNP) dimana penyusun mengambil sample pada plastic limit switch style sensors dengan brand Rockwell Automation disini dijelaskan kalau sensor ini merupakan sensor induksi proximity. Dari module sensor yang di jelaskan oleh brand mereka memiliki 2 jenis sensor denagn tipe yang sama dimana ke 2 nya yaitu PNP dan NPN. semua tergantung dari kebutuhan user terhadap sistem apa yang mereka gunakan pada rangkaian PLC, baik itu menggunakan input port module PLC dengan sinking maupun sourcing. Bisa dilihat pada gambar dibawah ini yang merupakan rangkaian struktur dari sensor yang di share oleh brand (B) ke module manual nya.



A. Wiring PNP Sensor ke PLC Sinking Input Module
Berikut ini penyusun akan menjelaskan bagaimana cara untuk wiring sensor PNP ke module siking input PLC. Pada gamabr di bawah merupakan sebuah modul rangkaian komplek yang penysuun dapat dari salah satu web sharing yang menjelaskan penggunaan dari Sinking module PLC. 


Penyusun tidak menjelaskan detail dari gambar di atas yang amna gambar di atas merupakan gambar wiring input module PLC sinking menggunakan sensor PNP yang sederhana namun terlihat lengkap dan komplek. Sebelum masuk lebih jauh ke pembahasan selanjutnya, penyusun ingin share terlebih dahulu kepada rekan pembaca sekalian tentang sensor 3 wire (PNP). bisa dilihat pada gambar dibawah merupakan. warna kabel yang umum digunakan pada sensor digital PNP. 

Jadi penyusun berharap, dengan adanya gambar sensor di atas dapat membuat pembaca lebih memahami kalau sensor PNP 3 kabel memiliki warna yang berbeda tergantung dari kegunaanya. sebagai catatan, warna di atas sangat umum ada pada sensor PNP yang tersebar di pasaran / market. Masuk ke pembahasan selanjutnya, berikut ini penyusun membuat rangkaian konsep dari penerapan sensor PNP yang di sambungkand enagn modul Sinking PLC (Input). Pada gambar di bawah bisa di asumsikan komponen yang dibutuhkan yaiotu 1 buah sensor, 1 buah powes supply *tergantung spesifikasi dan kebutuhan, 1 buah modul input sinking  (PLC). Disini penyusun tidak bisa menjelaskan terlalu banyak, karena asumsi penyusun, dengan adanya gambar di bawah dapat digunakan sebagai gambaran bagaimana melakukan wiring sensor ke modul input dari PLC.



B. Wiring NPN Sensor ke PLC Sorcing Input Module
Sama halnya pada penjelasan sebelumnya, penyusun ingin menjelaskan / memeberikan gambaran kepada pembaca sekalian sebelum memahami lebih dalam terkair "Bagaimana cara merangkai rangkaiaan sensor NPN ke modul input PLC. Berikut ini adalah gambaran dari 3 wire sensor NPN secara general / umum digunakan dan beredar di market


Pada gambar di atas, warna biru menjelaskan input tegangan 24V ke sensor, lalu pada warna biru merupakan input tegangan negativ (-) dari power supply, dan pada kabel warna hiram adalah output signal dari sensor. Lalu pada gambar dibawah merupakan rangkaian sinking (NPN) yang di sambungkan dengan modul input sourcing. Sama halnya seperti pada rangkaian sensor PNP dengan modul input PLC (Sinking) di sini terdapat 3 komponen yang digunakan untuk merangkai rangkaian modul input PLC sinking dengan sensor PNP. yang terdiri dari:
  1. Power supply DC
  2. Sorcing module input PLC
  3. Sensor (NPN) Sinking.
Pada rangkaian di bawah ini sensor (NPN) akan diberikan arus dari power supply berupa 24v dan 0v. Sebagai cacatan *sesuaikan kebutuhan arus dengan warna kabel dari sensor ya!. and then, pada kabel hitam dari sensor akan di sambungkand engan port 1 dari Input modul PLC Sourcing, Lalu dari modul PLC input sourcing, jangan lupa untuk melakukan wiring (Vdc) menggunakan arus positiv (+). Yap, i think that all i can explain to you how to wiring the NPN and PNP sensor using module input sinking and sourcing. 

Sumber: LinkedIn Learning, Khalil Zara, "Input Sensors with PLC : Sinking and Sourcing". Online class, 2024

***

Tag : PLC
0 Komentar untuk "Diagram Rangkaian Sensor PNP dan NPN pada PLC input module (Sourcing dan Sinking)"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top