7 Trik Memanfaatkan Laptop Lama yang Sudah Rusak

7 Trik Memanfaatkan Laptop Lama yang Sudah Rusak

Trik Memanfaatkan Laptop Lama yang Sudah Rusak - Mungkin tidak terasa kalau gadget seperti Ponsel maupun Laptop yang semakin lama semakin berkembang dengan pesat. Tidak terasa yang kemarin baru saja membeli Laptop baru 2 tahun yang lalu, ketika dibandingkan pada tahun sekarang sudah ketinggalan Update-nya dengan yang baru. Apalagi kalau emang pada dasarnya sudah ada kerusakan atau cacat yang dapat menurunkan nilai jualnya. Rasanya males untuk memeprjuangkan kembali.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan kepada kalian trik untuk memanfaatkan laptop yang sudah rusak. Namun, ada part-part komponen laptop yang masih bisa digunakan atau dimanfaatkan. Dari pada mangkrak di dalam lemari mending digunakan semaksimal mungkin. Mau tau Triknya? Yuk!, langsung simak artikel berikut ini.

1. Jika Monitor Laptop Masih Menyala, Manfaatkan Sebagai Stasioneri.


Layar Monitor

Jika kamu memiliki layar laptop yang rusak, kalian bisa menggunakannya sebagai stasioner atau Wallpaper. Kalian juga bisa menggunakannya sebagai Slide Foto keluarga. Untuk membongkar layarnya pasti kamu membutuhkan teknisi yang paham bagaimana cara membukanya, mengingat monitor merupakan perangkat keras yang cukup sensitif. Selain itu kamu juga harus membeli Monitor Controller yang cocok dengan monitor milikmu.

2. Memanfaatkan Mine Board Laptop Tanpa Menggunakan Monitor Sebagai Media Center.


Mine Board Laptop

Trik yang kedua yaitu menggunakan Mine Board laptopmu yang sudah rusak. Mungkin ini bisa dijadikan referensi kalian kedepannya. Untuk mengganti monitor pada laptop, kalian bisa menggunakan Smart TV atau TV LCD sebagai alternatifnya (Jika pada laptop kamu memiliki HDMI). Kamu tinggal menancapkan port VGA ke TV LCD, lalu mainkan. Akan makin nyaman jika kamu menggunakan TV LCD sebagai alternatif dari monitor laptop yang sudah rusak.

3. Memanfaatkan Hardisk Jika Masih Berfungsi Normal.


Hardisk

Sebenarnya di dalam Hardisk eksternal yang dijual dipasaran berisi Hardisk Internal laptop. Hanya saja dibedakan fungsinya. Kamu bisa membongkar laptop kamu (membedahnya) dan kamu bisa ambil Hardisk-nya, pastikan masih bisa berfungsi ya Hardisk-nya. Setelah membongkar Hardisk-nya kamu tinggal membeli Cover pada Hardisk tersebut sebagai box atau wadahnya.

4. Memanfaatkan Baterai Laptop Sebagai Powerbank.


Powerbank

Mungkin yang kondisi baterai laptopnya masih normal bisa dialihkan sebagai Powerbank. Cara membuatnya memang sedikit rumit. Namun, kalian bisa membeli rangkaian Modul DC Power Supply Konverter di toko elektronik sebagai alternatifnya. kemudian kalian rangkai baterai laptop sesuai dengan Konverter-nya secara pararel. dan sambungkan antara positif dan negatif dari baterai ke Konverter. Setelah di sambungkan dengan benar, lanjut ke tahap selanjutnya dengan membuat Cover powerbank-nya.

5. Memanfaatkan Sparepart yang Masih Berfungsi Untuk Memperbaiki Laptop Lain.


Recycle

Jika beberapa Sparepart dari laptopmu yang sudah benar-benar rusak, mungkin kalian bisa memanfaatkan Sparepart lain yang masih berfungsi untuk didonorkan ke laptop lainnya bagi yang membutuhkan. Ya hitung-hitung amal ibadah sebagai alternatif sedekah.

6. Memanfaatkan Laptop Rusak Sebagai Alat Pembelajaran.


Memanfaatkan Laptop Rusak Sebagai Alat Pembelajaran

Buat kalian yang berkecimpung di dunia teknologi, mungkin kalian bisa memanfaatkan perangkat laptop yang sudah rusak sebagai alat pembelajaran kamu, Mungkin hal tersebut bisa berdampak baik pada untuk kedepannya, Siapa tau bisa memperbaiki laptop yang sudah rusak dan bisa membuka toko untuk me-Repair laptop.

7. Jalan Terakhir, Jual Bagian Laptop Secara Terpisah.


Jual Bagian Laptop Secara Terpisah

Trik yang terakhir bisa dibilang pasrah dengan keadaan laptop yang sudah tidak mampu untuk di repair, Mungkin menggunakan trik ini cukup baik dan bisa menambah modal kamu jika ingin membeli laptop baru. Biasanya pada saat kamu ingin menjual Part laptop, toko komputer yang mau membeli laptop bekas cukup banyak, namun pada umumnya harga yang ditawarkan rata-rata cukup rendah. Bisa dimaklumi, Karena yang kamu jual sudah bekas dari laptop yang sudah rusak.

Demikian beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika kondisi laptop yang kamu miliki sudah rusak dan bisa dimanfaatkan beberapa part-nya. Daripada langsung dijual secara cuma-cuma, lebih baik kamu manfaatkan dengan baik. Mana tau ada yang bisa digunakan secara maksimal. Dan tindakan yang kamu lakukan cukup bagus dengan memanfaatkan part laptop yang rusak, karena dengan memanfaatkan hal tersebut, kamu sudah menyelamatkan bumi dari limbah elektronik. Menurut kalian, kira-kira apa ya yang bisa dimanfaatkan lagi?. Mungkin jika ada saran bisa langsung Comment pada kolom dibawah ya!.

Jangan lupa berkunjung ya!!!
***
2 Komentar untuk "7 Trik Memanfaatkan Laptop Lama yang Sudah Rusak"

nambah lagi gan, tips yang ke 8, di kasih ke orang yang membutuhkan hehehe

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top