Pengertian dan Cara Kerja Dominan ON and Dominan OFF (Pneumatic)

Pengertian dan Cara Kerja Dominan ON and Dominan OFF (Pneumatic)

Pengertian dan Cara Kerja Dominan ON and Dominan OFF (Pneumatic) - Mungkin menurut pmebaca pada bertanya - tanya "Apasih Dominan ON dan Dominan OFF itu?", "Kenapasih mesti ada ke-2 Dominan itu?", dan "Apa manfaatnya pada rangkaian Pneumatic?". Yap, ke-2 Dominan ini merupakan sebuah rangkain Pneumatic Murni yang dapat membantu dalam sistem pengunci sementara untuk suatu rangkaian. Untuk mengetahui ke dua dominan tersebut, langsung saja simak masing -masing tersebut dibawah ini.

A. Dominan ON
Mungkin diantara pembaca sekalian terdengar asing dengan istilah Dominan ON pada rangkaian Pneumatic, sebenarnya Dominan ini merupakan dominan yang mendominasikan rangkaian Pneumatic agar dapat aktif. Dominan ON adalah rangkaian Pneumatic Murni yang digunakan untuk membuat sebuah rangkaian yang terdiri dari 2 tombol yang memiliki berlawanan kontak (NO Tombol Stop dan NC Tombol Start) dan pada saat di tekan, rangkaian masih aktif untuk sementara (mengunci sementara), apa bila ke dua tombol di lepas maka rangkaian pun akan terputus / tidak aktif.
    
Mungkin pembahasan yang saya sampaikan tidak cukup mudah untuk di pahami, namun untuk jelasnya bisa dilihat pada rangkaian di bawa ini.

dominan on

Pada gambar disamping merupakan rangkaian pneumatic murni yang menggunakan sistem dominan ON, bisa dilihat pada rangkaian disamping terdapat 1 buah tombol NC, 1 buah tombol NO, katup OR, katup 3/2 NC pengaktif angin pembalik pegas dan 1 buah silinder kerja tunggal. 


Pada Tombol Start berada di bawah sebelah kiri, sedangkan tombol stop berada di bawah sebelah kanan, untuk katup OR berada di tengah - tengah antara tombol start dan tombol Stop. Untuk pengontrolnya kita menggunakan 1 buah katup 3/2 NC pengaktif angin pembalik pegas, dan 1 buah Aktuator yaitu silinder kerja tunggal. 
Yang membuat Dominan ON dapat bekerja yaitu dengan menekan ke-2 tombol yaitu start dan stop, dan pada saat dilepas angin yang disalurkan akan keluar.


dominan off
Pada rangkaian di samping merupakan gambar merupakan simulasi dominan ON pada saat di aktifkan, bisa dilihat terdapat wiring berwarna biru mudah dan biru tua, pada Biru muda merupakan saluran yang tidak tersalurkan oleh Fluida / angin, sedangkan pada saluran yang berwarna biru tua merupakan saluran yang di aliri oleh angin.


Ketika tombol start di tekan maka angin dari supply akan mengalir ke katup OR, katup or akan mengalirkan angin ke katup 3/2 pengaktif angin pembalike pegas, pada saat pergeseran katup, angin dair katup 3/2 pengaktif angin pembalik pegas akan mengalirkan angin ke silinder kerja tunggal. dan di cabangkan lagi melalui tombol stop.

Ini lah yang disebut dengan Dominan ON, karena pada saat ke dua tombol dilepas, angin masih dapat tersalurkan ke katup 3/2 pengaktif angin pembalik pegas (katup Control) sehingga akan mengunci untuk aktif terum menerus.

B. Dominan OFF
Pada Dominan OFF merupakan kebalikan dari Dominan OFF, maksud dari Dominan OFF ini sendiri yaitu rangkaian yang paling dominan untuk terputus, rangkaian yang digunakan hampir sama dengan rangkaian Dominan ON, namun yang membedakan dari ke dua dominan tersebut adalah posisi Tombol Stopnya, untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada rangkaian berikut ini.


Pada gambar di sebelah kanan merupakan rangkaian Dominan Off pada sistem Pneumatic murni, bisa dibilang rangkaian ini hampir persis dengan rangkaian dengan Dominan ON, namun ada perbedaan yang mencolok di anatar ke dua Dominan tersebut.



Perhatikan pada perbedaan posisi tombol Stop nya, pada tombol Stop Dominan OFF terdapat di atas katup OR, sedangkan untuk Dominan ON berada di samping sebelah kanan pada Katup OR. Perbedaan posisi yang sedikit, namun bisa merubah seluruh sistem pada rangkaian tersebut.

Komponen yang terdapat pada rangkaian disamping dama dengan rangkaian Dominan ON. Oke langsung saja ke simulasi dari rangkaian Dominan OFF tersebut. 

elektropneumatik

Pada gambar di atas merupakan gambar rangkaian Dominan OFF pada saat di simulasikan di Festo Pneumatic, Oh iya, bagi pembaca sekalian yang berminat untuk mempelajari tentang Pneumtaic lebih dalam, Untuk mendownload softwarenya bisa langsung ke website resmi Festo pneumatic. 

Untuk gambar di samping, terdapat 2 warna biru yaitu biru tua yang melambangkan saluran berisi angin/fluida dan biru muda melambangkan saluran belum terisi oleh angin. bisa dilihat pada gambar di samping, warna wiring biru tua lebih sedikit dari biru muda, jika dilihat baik-baik pada rangkaian tersebut. Warna biru tua belum memasuki tombol Stop. itu berarti angin hanya sampai di tombol stop saja dan blm dapat menggeser katup control.

Kesimpulan yang di dapat pada gambar disamping yaitu, angin tidak dapat mendorong katup kontrol karena sudah tertahan oleh tombol stop apabila ke dua tombol (Stop dan Start) ditekan.  


***

Tag : Pneumatic
3 Komentar untuk "Pengertian dan Cara Kerja Dominan ON and Dominan OFF (Pneumatic)"

gan,pengaplikasian ke bentuk dominan On dan Off untuk elektro pneumatic gimana ya?

oh, iya pembahasan artikelnya lumayan bagus. izin copas gan!

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top