Tips Aman Membersihkan Smartphone

Tips Aman Membersihkan Smartphone

Tips Membersihkan Smartphone dan Layar Sentuh - Smartphone. Mendengar namanya mungkin di kehidupan kita sehari-hari tidak pernah lepas dengan genggaman smartphone, bagai mana tidak? di era sekarang, dengan adanya smartphone kita dapat melakukan berbagai hal dengan mudah. Seperti, memudahkan pekerjaan kita, berkomunikasi dengan orang-orang terdekat kita (Keluarga) dan sebagai media informasi yang dapat masuk dengan cepat. Itulah alasan smartphone tidak bisa lepas dari genggaman kita. Karena terlalu sering menggunakan smartphone apakah kalian sadar banyaknya kuman yang menempel disana? mungkin secara tidak sadar kalian sudah terkontaminasi kuman-kuman yang menempel pada smartphone. Untuk mengatasi hal tersebut, kali ini saya akan Share kepada kalian " Bagaimana cara membersihkan smartphone dan layar dengan aman", Tanpa basa-basi lagi, Yuk! langsung simak artikel berikut ini.

Cara Membersihkan Smartphone dan Layar Sentuh.
Smartphone dan layar sentuh merupakan benda yang paling banyak mengandung kuman dan sering kali kita kontak langsung dengan benda tersebut. Sebelum membersihkan Smartphone dan layarnya, saya ingin memberikan rekomendasi terlebih dahulu.

Rekomendasi - Untuk mencegah akumulasi kotoran pada layar smartphone kalian, Pasang lapisan pelindung layar. Ganti pelindung layar yang mulai mengelupas atau tergores dan lap layar untuk menyingkirkan partikel-partikel debu. Pelindung layar juga berfungsi memperkecil kemungkinan layar pecah ketika jatuh. 
Mengapa Smartphone perlu dibersihkan secara rutin? Smartphone merupakan salah satu benda yang paling sering berdekatan dengan mulut saat anda sedang melakukan panggilan telepon. Selain menangkap bakteri dari rongga mulut, layar sentuh smartphone juga ditempeli bakteri-bakteri yang berpindah dari telapak tangan dan jari-jari anda. Berikut ini merupakan perlengkapan yang harus di persiapkan sebelum melakukan pembersihan.

Perlengkapan Membersihkan Smartphone.


Perlengkapan Membersihkan Smartphone
  • Siapkan semangkuk beras kering atau satu pak gel silika.
  • Air murni hasil penyulingan di dalam botol semprot. Agar bekerja lebih efektif campur air tersebut dengan cuka.
  • Kapas bertangkai.
  • Sekaleng udara bertekanan tinggi jika tersedia.
  • Kain lembut atau kain mikrofiber. Hindari penggunaan tisu karena bisa menggores layar yang sensitif.
Cara Merawat Smartphone Layar Secara Hati-Hati.


Cara Merawat Smartphone Layar Secara Hati-Hati
  • Remember!!! - Jangan menggunakan produk pembersih smartphone berbentuk cair ketika membersihkan smartphone. Kamu perlu menghindari pemakaian cairan karena bisa merusak secara permanen jika mengenai komponen elektroniknya yang ada di dalam. Jika kamu tidak sengaja membasahinya, Cobalah untuk timbun di dalam tumpukan beras kering atau gel silika untuk menyerap kelembapannya.
  • Jangan gunakan Hairdryer untuk mengeringkan smartphone kamu yang sudah terkena air. Takutnya ada komponen yang ada dalam smartphone yang tidak bisa terkena panas dari Hairdryer.
  • Selalu  matikan Smartphone kalian sebelum melakukan pembersihan.
Aturan dalam Pencucian : Jangan terlalu banyak menggunakan cairan untuk membersihkan Smartphone, Hindari pemakaian Hairdryer untuk mempercepat proses pengeringan dan Jika ragu-ragu tentang cara membersihkannya, bisa hubungi produsen smartphone anda.
Cara Merawat Layar Sentuh Smartphone.

Cara Merawat Layar Sentuh Smartphone
  • Matikan Smartphone dan lepas baterainya jika memungkinkan. Tahap ini akan memperkecil risiko kerusakan jika anda tidak sengaja membasahi smartphone.
  • Seka perlahan permukaan layar dengan kain mikrofiber kering untuk menghilangkan bekas sentuhan.
  • Pada kotoran membandel, semprotkan sedikit air murni hasil penyulingan pada kain lap untuk mengelap layar. Jika cara ini tidak berhasil, maka kalian bisa menggunakan sedikit cairan pembersih layar (Campuran air murni dan cuka dengan takaran sebanding).
  • Lap pada permukaan layar jika ada kelebihan cairan pembersih dengan kain mikrofiber kering, lalu biarkan smartphone anda hingga kering secara alami.
  • Remember!!! jangan menyalakan smartphone sebelum benar-benar kering.
Cara membersihkan Leyboard dan Celah-Celah Smartphone.
Pada Sela diantara tombol keyboard dan celah untuk mengisi ulang daya selalu terbuka, Biasanya bersarang debu yang menempel pada smartphone. Untuk mengatasinya bisa ikuti tahap-tahap berikut ini :
  • Seperti biasa, sebelum membersihkan smartphone, matikan terlebih dahulu smartphone kamu dan jangan lupa untuk mencopot baterai jika memungkinkan.
  • Gunakan kapas bertangkai untuk menyeka sela diantara tombol keyboard dan celah penghubung sumber daya. Langkah ini seharusnya cukup untuk mentingkirkan debu dan kotoran yang menempel.
  • Gunakan Udara bertekanan untuk meniup debu yang menempel pada smartphone, jika udara bertekanan tidak tersedia, kalian bisa menggunakan kuas baru yang bersih.
  • Penggunaan udara bertekanan juga bisa digunakan untuk membersihkan bagian dalam smartphone (jika kamu bisa membukanya). dan yang terakhir jangan membersihkan interior smartphone dengan bahan-bahan lain apapun.
***
4 Komentar untuk "Tips Aman Membersihkan Smartphone "

wah smartphone saya gak pernah di bersihkan. mungkin saya bisa mempraktekkannya setelah membaca ini.

Mudah-mudahan bermanfaat mbak, makasih sudah berkunjung

Tips membersihkan segala prangkat elektronik = Make kayu putih wkwkw

sebenarnya ya make kayu putih juga bisa kok wkwkw ..

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top