Pengertian dan Jenis Baut dan Mur (BOLT and NUT)

Pengertian dan Jenis Baut dan Mur (BOLT and NUT)

Dasar-dasar Ilmu teknik Mesin, mungkin dari anda ada yang tau dasar-dasar ilmu teknik mesin, dan mungkin ada juga yang belum mengetahui dasar-dasar dari teknik mesin itu sendiri atau anda merupakan seorang lulusan dari teknik mesin 😁, Saya di sini bakalan menjelaskan atau mengulang memori anda yang sudah lupa dengan dasar-dasar ilmu teknik mesin. Salah satu yang akan saya bahas yaitu tentang "Baut dan Mur". Mungkin di dunia teknik, Mur dan Baut adalah satu kesatuan yang tidak bisa dilepaskan, Mur dan Baut berperan untuk mengikat satu sama lain agar terjadi satu kesatuan atau sambungan yang membuat sebuah part menjadi satu atau tersambung. Baik disini tanpa basa basi saya akan menjelaskan lebih detail mengenai Baut dan Mur, mari di simak. 

A. Pengertian Baut dan Mur
Baut adalah sebuah alat sambung dengan menggunakan besi batang bulat dan berulir, salah satu dari sisinya mempunyai bentuk kepala baut ( Untuk standar umum berbentuk segi enam) dan ujungnya di pasang mur / pengunci untuk mengunci baut tersebut. Untuk pemakaiannya baut digunakan untuk membuat sebuah kontruksi dapat tersambung dengan sambungan tetap, sambungan bergerak dan sambungan sementara yang dapat kita rubah, dibongkar atau dilepas. Untuk bentuk uliran dari batang baut tersebut umumnya berbentuk segi tiga, hal tersebut disesuaikan dengan penggunaannya yaitu untuk pengikat. sedangkan untuk ulir yang berbentuk segi empat digunakan untuk baut penggerak, contoh pengaplikasiannya yaitu Dongkrak atau alat-alat permesinan.

Mur adalah sebuah alat mekanik yang berbahan dasar campuran logam dengan membentuk segi 6 dan di tengahnya terdapat lubang yang sudah ada ulirnya, nah fungsi dari mur sebagai pengencang atau pengunci antara baut dan benda. jadi mur bakalan membantu baut untuk menjepit suatu oblek agar bersatu padu


Jadi, Mur dan Baut tidak bisa di pisahkan, karena mereka adalah pasangan yang saling berkaitan untuk membantu dalam pengencangan maupun menyambung suatu benda, istilahnya sepasang kekasih yang tidak bisa di pisahkan. heheheh...

Seperti yang kita ketahui, mur dan baut fungsinya  sama dengan apa yang di jelaskan barusan, mungkin di antara kalian ada yang sudah paham mengenai mur dan baut itu sendiri secara mendasar, namun apakah kalian tau kalo mur dan baut mempunyai jenis yang bermacam- macam, Untuk tau selengkapnya yuk simak liputan berikut ini.

B. Jenis-Jenis Baut (Bolt)
Untuk jenis-jenis dari baut itu sendiri mempunyai banyak jenis, mungkin ada yang sudah tau beberapa jenis baut namun kali ini mimin bakalan share apa saja janis baut (Bolt) tersebut,

#1. Baut dengan Kepala Hexagonal (Hexagonal Bolt)
Mungkin sudah tidak asing dengan baut yang satu ini, Baut ini mempunyai bentuk kepala bersegi enam seperti yang kita ketahui dengan ciri-cirinya yang umum kita jumpai di pasaran, pasti tidak asing dengan jenis baut yang satu ini.

Aplikasi untuk baut yang memiliki bentuk dengan kepala hexagon ini biasanya di aplikasikan melalui perangkat hardware dari otomotif, eksterior dari kapal, kerangka kapal dan masih banyak lagi. Untuk mengunci kuncian dari baut tersebut di butuhkan sebuah NUT atau Mur, denagn bentuk Mur Segi enam (NUT Hexa).

Untuk lebih jelas mengenai bentuk dari baut ini, kalian bisa lihat pada gambar di bawah ini.
Hexagonal Bolt
#2. Baut Flange (Flange Bolt)
Jenis baut yang satu ini mungkin tidak asing bagi pembaca sekalian bukan, Baut ini hampir sama dengan jenis dari hexa bolt (Baut segi enam) namun, ada sedikit perbedaan dari baut ini, Baut ini memiliki sebuah ring pada bagian bawahnya, Fungsi dari ring itu sendiri yaitu sebagai penahan supaya baut makin kuat saat mengikat atau mengunci seuatu benda. Jadi Baut ini di desain nutuk memberikan kakuatan pada baut. Mungkin ada yang belum tau dengan desainnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
Flange Bolt
Add caption

#3. Baut Kepala Kotak (Square Head Bolts)
Jika di baca dari judulnya mungkin teman-teman mengetahui bentuk baut yang satu ini, baut ini di desain dengan bentuk kepala kotak yang membuatnya menjadi daya tarik dari masing-masing peminatnya. Untuk Aplikasi pemakaian biasanya baut ini di gunakan di dunia industri berat dan pekerja konstruksi. Untuk melihat bentuknya lebih lanjut bisa di lihat pada gambar di bawah ini.

Baut Kotak (Kepala Kotak)

#4. Baut Carriage (Carriage Bolts)
Carriage Bolt, atau biasa di sebut dengan Baut Kepala Jamur, Baut ini biasanya digunakan pada sebuah kontruksi penyambungan yang berbahan dasar kayu, Baut yang mempunyai bentuk kepala seperti kubah atau jamur dan di bawahnya mempunyai bentuk seperti empat persegi. Jika pembaca sekalian mengetahui bagian leher atau bagian bawah pada baut ini berfungsi untuk mempererat komponen yang disambungkan dengan menekan masuk pada bagain konstruksi kayu. Sehingga menghasilkan ikatan pada kayu dan baut.


C. Jenis-Jenis MUR (NUT)
Dari pembahasan di atas, ada yang tidak mau kalah saing ni, yaitu Mur (NUT), Mur merupakan pasangan yang sangat setia dengan baut, mereka akan saling setia untuk selalu menjaga suatu kontruksi supaya tidak terjadi crash atau kerusakan. Peran dari Nut itu sendiri hampir sama dengan Baut. Mur juga mempunyai beberapa jenis yang tidak mau kalah saing dengan baut. Apa saja sih jenis dari Nut (mur) itu sendiri? yuk, simak pembahasan berikut ini.

#1. Mur Segi Enam (Hexagonal Plain NUT)
Yang pertama yaitu Mur dengan bentuk segi enam, Mur yang satu ini bisa dibaca dengan judul dari mur tersebut mungkin udah pada paham dengan bentuk dan fungsi dari mur ini, sama dengna jenis-jenis mur yang lain, peran mereka hanyalah mengunci atau menekan suatu objek supaya tidak terjadi crash atau tidak adanya sambungan. Kalian bisa lihat pada gambar di bawah ini.
Mur Hexagonal
Mur Segi Enam (Hexagonal Plain NUT)
#2. Mur Pengunci (Lock NUT)
Mur ini merupakan mur pengunci atau biasa di sebut dengan luck nut. Nut ini merupakan nut dengan ukuran lebih tipis dibandingkan dengan ukuran nut pada umumnya. Mur ini biasa dipasangkan di bawah mur utama sebagai pengunci pada mur tersebut. Mungkin jika ingin lebih jelas mengenai mur tersebut bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
Mur Pengunci (Lock NUT)
#3. Castellated Nut (Mur denagn Bentuk Kastil)
Mur yang satu ini mempunyai ciri khas yang unik, di balut dengan bentuk menyerupai kastil mur ini jadi mudah untuk di kenal dan di pahami strukturnya dengan bentuk mahkota atau crown. Mur ini di lengkapi dengan mekanisme pengunci, untuk kepalanya bertujuan mengunci posisi mur supaya tidak mengubah posisi yang telah di tentukan. Untuk lebih jelasnya mengenai Mur ini bisa dilihat bada gambar di bawah ini.
Castellated Nut (Mur denagn Bentuk Kastil)
Castellated Nut (Mur denagn Bentuk Kastil)
Okeh, cukup sekian pembahasan kita kali ini mengenai Mur dan Baut, atau biasa juga disebut dengan (BOLT dan NUT), Untuk saran dan pertanyaanya jangan lupa comment di bawah ini. Cukup sekian pembahasan dari saya, See you Soon !

See Another Article,Bro!!
Minecraft VS Roblox
Tag : Mechanical
12 Komentar untuk "Pengertian dan Jenis Baut dan Mur (BOLT and NUT)"

kalo di lihat dari penjelasannya sudah bagus, terus tingkatin lagi mas!

Alhamdulillah, terimakasih sudah berkunjung...

Tolong sertakan gambar bung

Tolong sertakan sumbernya gan.
penjelesannya sudah cukup bagus, lanjutkan

Terimakasih untuk sarannya

referensi yang bagus om
kerennn

Ohh jadi mur alat mekanik yang berbahan logam
Nama:ASEP KURNIA

Ternyata mur dan baut adalah pasangan besi yang mempunyai ulir ,agar tidak terpisahkan
Nama: saiful anwar

Ternyata mur dan baut adalah pasangan besi yang mempunyai ulir ,agar tidak terpisahkan
Nama: saiful anwar

pelit amat gbsa copy bjir

Ada hak cipta yang harus di jaga ngab

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top