Apasih Perbedaan Game MMORPG, RPG dan MOBA

Apasih Perbedaan Game MMORPG, RPG dan MOBA

Kalo agan-agan suka bermain game, sudah tidak asing lagi dong dengan yang namanya game MMORGP, RPG dan MOBA. Nah pada tau belum perbedaan dari ke 3 jenis game tersebut. mulai dari genre game sampai dengan jenis-jenisnya. 

Salah satu hobi yang mungkin tidak bisa lepas dari kehidupan agan-agan mungkin bermain Games. Memang terbukti bermain game sangat menyenangkan. Selain untuk relax saat melepas penat game juga bisa loh sebagai bahan belajar dalam meningkatkan kreativitas. Kalo agan-agan suka bermain game, pasti pernah dong bermain game RPG, MMORPG dan MOBA. mungkin salah satu dari jenis game tersebut sedang agan-agan mainkan. Kira-kira pada tau belum ke tiga jenis game di atas apa saja? Karena ternyata banyak yang keliru mengenai ke tiga game tersebut, kali ini mimin bakalan share perbedaan dari ke tiga game tersebut. Yuk simak selengkapnya!

Perbedaan Genre Game MMORPG, RPG dan MOBA

Ke tiga genre game tersebut sebenarnya tidak penting-penting bangetlah kalau menurut mimin. Apapun jenis genre game yang agan-agan suka, itu sudah hak dari masing-masing agan. Tapi jangan sampai agan-agan ngaku sebagai seorang gamer namun tidak tahu ke tiga genre game tersebut. Malu-malu in aja heheheh... biar ga ada salah kaprah dalam membedakan ke tiga genre game tersebut berikut ini penjelasan mengenai ke tiganya...


1. Pengertian Genre Game MMORPG


tidak asing dengan genre game yang satu ini, Game MMORPG merupakan singkatan dari " Massively Multiplayer Online Role Playing Game". Mungkin secara mendasar game genre jenis ini hampir sama dengan game RPG, dimana dalam game ini kamu membutuhkan seorang tokoh untuk bermain lalu menjalankan serangkai cerita yang ada dalam game tersebut. Mungkin dari segi perbedaannya disini agan-agan bakalan main ramai-ramai secara online, ibarat agan menjadi seorang archer, lalu yang satu lagi menjadi Swordman dan yang ornag ke tiga menjadi seorang MONK dan lain sebagainya. semuanya menjadi salah satu tokoh fiksi dan menjalankan serangkaian cerita dari game tersebut. Untuk Contoh Gamenya yaitu :

  • Ragnarok Online
  • RF Online
  • Adventure Quest
  • Black Dessert Online
2. Pengertian Genre Game RPG


Sudah ga asing bukan dengah game yang satu ini, yap! game yang bergenre RPG ini sudah banyak loh peminatnya sejak lama, RPG merupakan singkatan dari "Role Playing Game". Sesuai dengan namanya game ini di artikan ke dalam bahasa indonesia menjadi peranan bermain game, maksudnya game yang bermain peran, di dalam gamenya agan-agan bakalan memerankan tokoh buatan dan menjalani serangkaian sebuah cerita dari tokoh tersebut. Gampangnya sih game yang membuat agan merasakan seorang tokoh yang di sebut dengan RPG,contoh gamenya yaitu :
  • Final Fantasy XV
  • Suikoden 2
  • The Witcher 3 dan masih banyak lagi
3. Pengertian Genre Game MOBA


Game MOBA merupakan singkatan dari " Multiplayer Online Battle Arena " game ini bisa dibilang kombinasi dari game RPG dan MMORPG namun game ini tidak melakukan sebuah cerita atau seperti game-game MMORPG dan RPG. Game ini disediakan sebuah arena sebagai perjalanan gamenya / pengganti dari cerita, lalu agan agan bakalan di tandingkan dengan pamain-pemain lain dalam satu arena secara online.

Namun, banyak gamer yang keliru dengan MOBA, MOBA tidak ada hubungannya dengan penggunaan analog seperti halnya MOBA hanya sebatas Variasi sebuah kontrol, jadi seperti Mobile Legends dan Mobile Arena yang menggunakan analog tetap sebagai genre dari game MOBA, Contoh Game yang MOBA yaitu :
  • DOTA 2
  • Mobile Arena
  • Mobile Legends : Bang-Bang
Oke, mungkin cukup sekian pembahasan kita mengenai genre-genre Game MMORPG, RPG dan MOBA, mungkin kalo ada pertanyaan atau sarannya bisa langsung comment di bawah ini. Jadi sudah taukan perbedaan dari ke tiga genre tersebut. Jangan malu-maluin lagi yo 😏😏, See You Soon!

See Another Article!
Tag : Games
7 Komentar untuk "Apasih Perbedaan Game MMORPG, RPG dan MOBA "

Hey, Nice article.. keep going make a good article

Niceee, request dong perbedaan otaku sama wibu wkwk

Oh gitu ya ? :/
Jadi lebih enakan mana yah game nya kalau menurut mimin?

kalo mimin sukanya MMORPG, tergantung dengan diri sendiri sih sukanya yang mana hehehe

Min.. kasih tips yang lain

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top