Tips Dasar Bermain Keyboard Untuk Pemula

Tips Dasar Bermain Keyboard Untuk Pemula

Tips Dasar Bermain Keyboard Untuk Pemula  - Pada dasrnya sangatlah mudah untuk dmelakukannya meski anda adalah seorang pemula atau baru pertama kali memegang keyboard. Keyboard sendiri merupakan alat musik yang bentuknya hampir mirip dengan piano. Walaupun bentuknya mirip dengan piano. Namun, keyboard sangat berbeda dengan piano. Kerboard merupakan alat musik modern yang memiliki fitur lebih banyak jika dibandingkan dengan piano, sehingga suara yang dihasilkan lebih bervariasi. Meski cara bermainnya tidak sesulit dengan bermain piano, bermain keyboard tetaplah memerlukan latihan. Jika anda adalah seorang yang baru bermain keyboard, maka tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips seperti berikut ini.

1. Posisi Tangan dan Jari Harus Tepat
Tips dasar yang pertama yaitu memposisikan tangan dan juga jari anda dengan tepat. Posisi tangan dan jari yang dengan tepat pada saat bermain keyboard adalah dengan membentuk tangan seperti tengah memegang telur. Tujuannya yaitu supaya kamu bisa mendapatakan kecepatan maksimal saat bermain keyboard. Terlebih lagi jika lagu yang dimainkan mempunyai tempo yang cukup cepat.

2. Mengenali Jenis Chord atau Kunci Nada
Kunci nada atau biasa disebut dengan cord pada keyboard terdiri dari beberapa nada yang ditekan dengan bersamaan. Setiap pemain keyboard harus mengetahui kombinasi nada yang membentuk setiap kunci nada ini. Chord dasar yang wajib diketahui yaitu chord minor dan mayor seperti C, D G, A, F, Am, Dm, Em, dan lain sebagainya. Jika sudah menguasai dan hafal chord dasar saat bermain keyboard, selanjutnya perlu juga mengetahui chord diminished, augmented, mayor 7, minor 7 dan lain sebagainya.

3. Melenturkan Jari-Jari Tangan
Para pemain keyboard pemula biasanya mengalami kesulitan pada saat menekan dan memindahkan jari saat belajar memainkan keyboard. Untuk menghilangkan ke kakuan tersebut perlu dilakukan latihan khusus untuk melenturkan jari dengan cara berlatih memindahkan jari dari satu chord ke chord lainnya secara rutin. 

4. Meletakan Jari Yang Tepat Pada Saat Membunyikan Chord
Ketika bermain keyboard pertama kali, anda harus mengetahui cara meletakan jari di atas tuts dengan benar. Hal ini perlu dilakukan supaya anda bisa membunyikan chord dengan tepat. Anda harus tahu nada yang ada pada setiap tuts keyboard. Untuk chord dasar terdiri dari beberapa kombinasi tiga nada sehingga memerlukan 3 jari untuk membunyikannya. Untuk tingkat lanjut seperti chord mayor 7 memerlukan 4 jari untuk membunyikannya dan begitu pula seterusnya hingga anda mahir memainkan jari anda.

5. Mempelajari Jenis Suara dan Menentukan Jenis Lagu yang Digunakan
Seorang pemain keyboard harus mengetahui setiap fitur yang terdapat pada keyboardnya sehingga bisa menghasilkan suara dan musik yang diinginkan. Anda dapat mempelajari fitur-fitur tersebut dari buku panduan untuk belajar bermain keyboard. Setelah itu anda juga harus menentukan dan mencari lagu yang mudah untuk dihapal. Dengarkan lagu tersebut dan coba kenali jenis musiknya, lalu cari jenis musik yang mendekati atau sama dengan lagu tersebut pada keyboard.

6. Bermain Dengan Tempo Lambat dan Perlahan Terlebih Dahulu
Ada baiknya ketika baru belajar bermain keyboard untuk bermain dengan tempo lambat terlebih dahulu. Bermain lambat namun stabil akan memberikan dampak baik jika dibandingkan dengan bermain cepat namun berantakan. Kecepatan saat bermain keyboard akan anda dapatkan pada saat sudah dapat bermain dengan stabil dan juga seimbang.

7. Latihan Secara Rutin
Tips yang terakhir yaitu harus berlatih secara rutin. Berlatihlah setidaknya 30 menit hingga 1 jam setiap harinya. Walaupun sebentar hal tersebut akan lebih baik jika dibandingkan dengan berlatih berjam-jam tapi hanya dalam 1 minggu. Dengan berlatih setiap hari memungkinkan jari-jari anda akan semakin lentur dan kuat pada saat bermain keyboard.

*** 
Tag : Musik
0 Komentar untuk "Tips Dasar Bermain Keyboard Untuk Pemula "

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top