Strategi Cepat Mengetahui Cara Memainkan Drum

Strategi Cepat Mengetahui Cara Memainkan Drum

Strategi Cepat Mengetahui Cara Memainkan Drum - Pada saat bermain drum dianjurkan untuk berlatih secara rutin supaya cara bermain Anda bagus dan enak buat didengar. Selain itu, Jika sudah sering berlatih memainkannya maka Anda akan semakin terbiasa dengan ritme dan pola untuk bermain drum. Dengan demikian Anda bisa menjadi pemain drum yang cukup profesional.

Strategi Lebih Cepat Mengetahui Cara Memainkan Drum
Berikut ini merupakan beberapa tips supaya Anda lebih cepat menguasai cara memainkan drum: 

1.  Mengenal Berbagai Macam Peralatan Drum
Alat drum yang perlu Anda ketahui yaitu snare drum, floor tom, bass, ride cymbal, crash cymbal, Tom dan Hi – hat cymbal. Setelah bisa membedakan jenis dari cymbal maka langkah selanjutnya yaitu menguasai cara memegang tongkat drum dengan tepat.

Anda juga dapat mempelajari berbagai macam jenis tongkat sehingga familiar dengan semua jenis tongkat tersebut. Anda juga harus berlatih bagaimana cara menyetel dan memukul drum dengan benar dan baik. Setelah itu, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara duduk yang benar sehingga merasa nyaman saat memainkan drum.

2. Mempelajari Ritme Lagu
Selanjutnya pahami ritme lagunya. Anda dapat mencoba bermain dengan tangan tanpa stick untuk belajar ritme dasar untuk menguasai cara bermain drum. Belajar ritme dasar menjadi bekal untuk menguasai ritme yang setingkat lebih sulit. Lalu, Anda juga dapat berlatih menghitung ketukan ritmenya seperti seperempat ketukan dan seperdelapan ketukan.

3. Mengalokasikan Waktu Untuk Berlatih
Bermain drum membutuhkan proses dan waktu untuk bisa menguasainya. Oleh karena itu, dianjurkan untuk sering-sering berlatih cara memainkan drum. Alangkah baiknya selain berlatih sendiri Anda juga berlatih secara bersama – sama untuk melatih tempo dan ritmenya.

Anda juga dianjurkan untuk menyisihkan waktu untuk berlatih secara rutin. Tujuannya supaya dapat meningkatkan ketrampilan dan menguasai teknik bermain drum. Contohnya yaitu meningkatkan kemampuan dalam mengontrol stick drum dan kaki, memahami cara menentukan ketukan, kecepatan daat bermain  dan lain–lainnya.

4. Berlatih Dengan Tepat dan Benar
Anda dianjurkan untuk berlatih menggunakan metronom, hal ini dikarenakan Anda dapat belajar bermain stabil menggunakan tempo yang sama. Hal ini sangat penting dipelajari karena dalam sebuah band maka seorang drummer berperan penting untuk menjaga ketukan dan tempo saat bermain drum. Apabila tidak ada metronom maka alternatifnya menggunakan click track. Click track merupakan metronom yang telah direkam. Anda bisa memainkan click tarck pada saat berlatih menggunakan stereo, komputer dan lain – lainnya.

Selain itu, Anda juga harus melatih kaki pada pedal kaki hi–hat. Semakin sering berlatih memainkan pedal kaki, maka akan semakin mahir dalam bermain drum. Anda juga disarankan untuk berlatih memainkan drum dengan santai dan rileks supaya suara yang dihasilkan cukup bagus.

5. Membiasakan Anggota Tubuh Untuk Bergerak
Anda dianjurkan untuk mempelajari teknik dasar bermain snare drum. Anda juga bisa belajar cara untuk pukulan tunggal maupun ganda. Hal ini sangat penting supaya anggota tubuh Anda terbiasa dengan posisi saat bermain drum. Saat Anda bermain drum maka dapat melatih tubuh untuk bergerak secara bersamaan dalam satu waktu. Salah satu contohnya saat tangan memegang stick dan melakukan pukulan maka bagian tubuh lainnya juga bergerak pada bagian drum yang lainnya.

***
Tag : Musik
0 Komentar untuk "Strategi Cepat Mengetahui Cara Memainkan Drum"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top