Cara Mengatasi Pusing Karena Tekanan Darah Rendah

Cara Mengatasi Pusing Karena Tekanan Darah Rendah

Cara Mengatasi Pusing Karena Tekanan Darah Rendah - Rasa pusing akibat tekanan darah yang rendah biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun, keluhan ini bisa menjadi kondisi yang mengkhawatirkan jika berlangsung lama atau begitu parah hingga mengakibatkan pingsan, untuk mengetahui cara menanganinya, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara mengatasi pusing akibat tekanan darah yang rendah.

Cara Mengatasi Pusing Akibat Tekanan Darah yang Rendah
Keluhan pusing bisa muncul kapan saja. Berikut ini merupakan sederet cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakannya.

1. Minum Air Putih


Mengutip dari American Heart Association, dehidrasi bisa menurunkan volume tekanan darah sehingga menimbulkan gejala berupa pusing. Bahkan, dehidrasi ringan sudah bisa membuat kepala terasa sedikit pusing. Selain pusing, gejala lain dari dehidrasi yaitu rasa haus, lelah, dan berkurangnya frekuensi buang air kecil. Jika mengalami gejala tersebut, segera berikan tubuh asupan cairan yang cukup dengan meminum air putih.

2. Menyesuaikan Posisi Tubuh


Pusing akibat tekanan darah rendah dapat dipicu dengan kebiasaan berdiri terlalu lama. Seseorang yang bangkit dari posisi berbaring atau duduk secara mendadak bisa mengalami keluhan yang sama. Kondisi ini disebabkan karena aliran darah tidak mencapai otak. Otak pun kekurangan oksigen dan memicu terjadinya rasa pusing. Duduklah sejenak jika merasa telah berdiri terlalu lama. Saat hendak berdiri dari posisi berbaring atau duduk, lakukan secara perlahan supaya darah yang membawa asupan oksigen ke otak bisa tercapai.

3. Melakukan Manuver Epley (latihan mngatasi pusing)


Manuver Epley merupakan latihan mengatasi pusing karena gangguan telinga bagian dalam. Kendati demikian, latihan ini juga bisa dilakukan oleh orang-orang yang kerap mengalami pusing karena tekanan darah yang rendah.

4. Mengubah Asupan Pola Makan
Pola makan sangat berperan dalam mengatasi rasa pusing akibat tekanan darah yang rendah. Untuk meningkatkan tekanan darah dengan aman, berikut ini merupakan beberapa makanan dan minuman yang dapat anda konsumsi:
  • Makanan kaya vitamin B12 seperti daging sapi, telur dan sereal yang telah diperkaya.
  • Makanan kaya folat seperti kacang-kacangan, brokoli, asparagus, hati dan sayuran berdaun hijau.
  • Makanan yang mengandung garam, misalnya ikan kalengan, acar dan keju.
  • Minuman berkafein seperti kopi. Hindari sumber kafein tinggi gula seperti minuman berenergi dan soda.
5. Mengonsumsi Obat Penurun Rasa Pusing
Jika perubahan yang dilakukan tidak dapat mengatasi rasa pusing karena tekanan darah yang rendah, Anda mungkin perlu mengonsumsi obat yang dapat menurunkan rasa pusing untuk mengendalikan tekanan darah. Cobalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Obat yang sering digunakan untuk menangani tekanan darah rendah adalah midodrine dan fludrocortisone. Kedua obat ini berpengaruh langsung terhadap peredaran darah, jadi Anda perlu meminumnya, pastikan mengkonsumsi sesuai anjuran dokter.

Tekanan darah rendah merupakan kondisi medis yang berpengaruh besar terhadap kualitas hidup penderitanya. Supaya tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, Anda perlu mengetahui cara mengatasi pusing yang muncul karena darah rendah. Pola makan biasanya cukup berpengaruh untuk mengatasi tekanan darah. Namun, pastikan Anda tetap mengonsumsi makanan yang menyehatkan supaya tekanan darah meningkat secara terkendali.

***
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Pusing Karena Tekanan Darah Rendah"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top