Camilan Sehat untuk Teman Ngopi yang Tidak Bikin Gemuk




Camilan Tidak Bikin Gemuk - Ngopi memang jadi ritual wajib bagi sebagian besar orang. Entah itu setelah sarapan, istirahat setelah beraktifitas maupun pada jam-jam rawan mengantuk di siang hari. Supaya rutinitas meminum kopi jadi lebih menyenangkan, Mungkin menu camilan saat ngipi bisa menjadi pelengkap. Tidak perlu takut gemuk saat memakan camilan, ada beberapa camilan sehat yang bisa Anda nikmati saat ngopi.
Camilan Tidak Bikin Gemuk
Meminum kopi bisa menjadi penyelamat pada saat semangat mulai menurun. Pada dasarnya, kopi mengandung kafein yang bisa meningkatkan kewaspadaan dan fokus, sehingga Anda dapat memusatkan konsentrasi kembali dalam melakukan aktivitas. Manfaat yang didapat dari kopi tidak hanya itu saja. Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan pada Critical Reviews In Food Science and Nutrition menyebutkan bahwa keuntungan meminum kopi dalam takaran yang sesuai. Terutama dalam mencegah berkembangnya penyakit kronis, seperti penyakit Parkinson, diabetes mellitus, karsinoma hepatoseluler dan sirosis. 

Selain rasanya yang unik, kopi juga mempunyai manfaat yang melimpah. Namun, pada kenyataannya kopi sering kali mengandung banyak gula, apalagi jika ditambahkan dengan camilan manis-manis, seperti donat. Kebiasaan minum kopi dan makan camilan tinggi gula akan membuat asupan gula dalam tubuh menjadi berlebihan. Dampak yang didapat yaitu, risiko berat badan bisa saja semakin naik. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, pilihan makanan pendamping di saat ngopi harus diperhatikan. Berikut ini merupakan beberapa camilan yang direkomendasikan untuk ngopi yang tidak membuat Anda gemuk.

1. Pisang Rebus
Pisang goreng memang teman sejati saat ngopi. Sayangnya, pisang bertepung biasanya mengandung banyak minyak sehingga asupannya harus dibatasi. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Jika anda senang mengkonsumsi pisang, Pisang masih tetap jadi makanan ringan pendamping kopi, kok.
Pisang Rebus

Supaya lebih sehat dan rendah kalori, pisang sebaiknya tidak digoreng melainkan direbus atau dikukus. Pisang dan buah lain, seperti apel dan beri mengandung tinggi serat. Ini membuat perut Anda terasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, buah dengan nilai indeks glikemik rendah juga tidak membuat kadar gula darah naik secara mendadak.
2. Snack Bar dari Kedelai
Snack Bar dari Kedelai

Snack bar dari kedelai bisa menjadi andalan untuk menunda lapar dan mencukupi asupan serat harian. Camilan ini ternyata cocok untuk jadi teman saat ngopi. Rasanya yang gurih dan sedikit manis bisa membantu menetralisir mulut yang terasa asam dan pahit khas dari kopi. Selain itu, bahan dasarnya yang berasal dari kedelai memiliki nilai indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik ini merupakan ukuran seberapa cepat gula dari makanan dapat diserap dalam darah. Makin tinggi nilai indeks glikemiknya, makin cepat pula kadar gula darah naik setelah makan. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu khawatir gula darah langsung naik akibat minum kopi manis dan ngemil kedelai dalam waktu bersamaan.
3. Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan

Yang ke tiga yaitu kacang-kacangan. Camilan ini juga bisa menjadi andalan saat ngopi. Jenis kacang yang bisa dijadikan teman saat ngopi yaitu kacang tanah, kacang kenari, kacang almond, dan kacang hazelnut. Sama seperti pisang, kacang juga masuk dalam deretan makanan yang direkomendasikan untuk diet sehat. Potensi dari camilan ini disebutkan dalam sebuah penelitian tahun 2010 pada jurnal Nutrients. Periset menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi kacang lebih dari 2 kali dalam waktu seminggu berat badannya tidak banyak naik dan risiko obesitas lebih rendah ketimbang wanita yang tidak makan kacang-kacangan.
Perhatikan hal ini kalau mau ngopi sambil ngemil
Seperti sebutannya, makanan ringan alias camilan itu tidak menggantikan makan berat Anda. Jadi, pada saat makanan camilan dengan minum kopi, porsinya jangan terlalu berlebihan. Kopi yang Anda buat juga sebaiknya tidak ditambahkan terlalu banyak gula. Usahakan untuk meminum kopi tanpa menggunakan gula. Tujuannya supaya asupan kalori yang masuk dalam tubuh tidak berlebihan.
***
1 Komentar untuk "Camilan Sehat untuk Teman Ngopi yang Tidak Bikin Gemuk"

Ngopi sama roti morning backerey enak boss

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top