Cara Menghilangkan Kutil di Jari Kaki dan Tangan


Cara Menghilangkan Kutil - Kutil mucnul di jari kaki atau tanagn dapat meningkatkan risiko infeksi kuku dan jaringan sekitarnya. Kondisi ini dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada kuku. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutil di jari kaki dan tangan.

Cara Menghilangkan Kutil 
Kutil periungual, atau kutil yang tumbuh pada jari tangan dan kaki, biasanya muncul pada anak-anak dan remaja. Terutama pada anak-anak yang gemar menggigit kukunya. Benjolan kutil awalnya berukuran kecil, lama kelamaan akan bertambah besar dan tampak menghitam di jari anak.

Seperti jenis kutil pada umumnya, kutil jenis ini disebabkan oleh human papilloma virus atau biasa disingkat dengan (HPV). Jenis kutil ini cukup sulit untuk dihilangkan. Namun, pengobatan akan lebih efektif jika dimulai sedini mungkin. Berikut ini merupakan beberapa cara atau tips untuk menghilangkan kutil di jari kaki dan tangan.

1. Suntikan Antigen
Antigen merupakan campuran dari berbagai zat asing yang dapat menyebabkan penyakit. Jika diberikan dalam jumlah yang aman, antigen bisa merangsang reaksi sistem kekebalan pada tubuh. Reaksi inilah yang kemudian bisa menghilangkan kutil di jari kaki dan tangan.

Pertama-tama, dokter perlu memastikan terlebih dahulu bahwa tubuh Anda mampu membentuk kekebalan terhadap antigen yang diberikan. Setelah itu, dokter akan menyuntikkan antigen berupa jamur Candida atau virus gondong dalam jumlah yang terkendali (sesuai denga kemampuan tubuh).

2. Cryotherapy
Cryotherapy Merupakan metode menghilangkan kutil menggunakan nitrogen cair bersuhu sekitar minus 17,7 derajat Celsius. Suhu dingin tersebut akan membunuh HPV sekaligus mematikan jaringan sel kulit yang membentuk kutil. Metode ini mempunyai tingkat keberhasilan sebesar 50 hingga 70 persen dan ampuh untuk menghilangkan kutil dengan cepat. Namun, untuk menghilangkan kutil tersebut mungkin perlu kembali melakukan cryotherapy sebanyak 3 hingga 4 kali sampai kutil benar-benar hilang.

3. Asam Salisilat
Dikenal sebagai metode yang cukup efektif untuk mengatasi kutil, asam salisilat bekerja dengan cara mengelupas lapisan kulit yang terinfeksi hingga seluruh kutil yang terinfeksi hilang. Senyawa ini juga memicu sistem imun tubuh untuk membuat lapisan sel kulit baru yang sehat.

Asam salisilat bekerja perlahan mengelupas lapisan kulit sehingga sampai kutil benar-benar hilang. Itu sebabnya, Anda mungkin butuh waktu sekitar 12 minggu untuk melakukan pengobatan tersebut. Produk ini memiliki efek samping mengiritasi kulit, jadi berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

4. Terapi Laser
Terapi laser digunakan jika berbagai cara sebelumnya tidak bisa menghilangkan kutil di jari kaki dan tangan. Sinar laser akan membakar jaringan kutil, tapi dokter juga bisa menambahkan bahan kimia lain seperti aminolevulinic acid untuk mempercepat proses pada saat melaser.



Terapi ini dapat menimbulkan rasa nyeri selama beberapa hari. Hal tersbeut terjadi karena reaksi yang wajar. Namun, segera kunjungi dokter jika mengalami tanda-tanda terjadinya infeksi seperti demam tinggi, keluarnya nanah dari bekas kutil dan rasa nyeri yang tambah parah.

5. Operasi Pengangkatan Kutil
Operasi biasanya dilakukan jika kutil telah menyebabkan komplikasi, Semisal kerusakan pada kuku. Pertama, dokter akan mengelupas atau memotong jaringan kutil. Kemudian, luka bekas operasi ditutup dengan panas dari mesin kauter.


Tingkat keberhasilan operasi berkisar antara 65 hingga 85 persen. Ada kemungkinan kutil muncul kembali setelah operasi. Namun, cara ini sangat efektif untuk mencegah komplikasi bertambah parah.

*** 
0 Komentar untuk "Cara Menghilangkan Kutil di Jari Kaki dan Tangan"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top