3 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan Otak

3 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan Otak

Manfaat Minum Kopi - Kopi masuk ke dalam daftar jajaran minuman populer bagi semua kalangan. Minuman ini tersedia dengan berbagai macam variasi rasa dan bisa disajikan dingin atau hangat. Salah satu manfaat dengan meminum kopi yang umum diketahui banyak kalangan yaitu sebagai pengusir kantuk. Namun, bukan hanya itu saja manfaat yang didapat. Minum kopi ternyata berdampak baik pada kesehatan otak Anda. Penasaran apa saja manfaat yang didapat dengan meminum kopi? Yuk simak artikel berikut ini.

Kandungan Bahan Aktif pada Kopi
Kopi memiliki ratusan senyawa bioaktif yang bisa menjaga kesehatan tubuh Anda, termasuk menjaga kesehatan otak, sebagian besar senyawa tersebut merupakan antioksidan yang mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas dalam sel. Beberapa bahan aktif pada kopi yang dapat menyehatkan anda yaitu:
  •  Kafein. Pada kopi terdapat kafein yang memiliki zat psikoakif, yang mana zat ini dapat menstimulasi sistem saraf pusat.
  • Asam klorogenik (CGA). Antioksidan polifenol yang berperan dalam metabolisme gula darah dan mengatur tekanan darah tinggi.
  • Cafestol dan kahweol. Minyak alami pada kopi baik untuk hati dan melindungi sel-sel tubuh agar tetap sehat.
  • Trigonelline. Senyawa alkaloid yang terdapat pada kopi berperan aktif untuk pengolahan asam nikotinat (vitamin B3),  menghambat pertumbuhan bakteri, dan mencegah gigi berlubang.
Banyaknya jumlah setiap zat yang ada pada kopi sangat bervariasi, tergantung jenis biji kopi yang digunakan, bagaimana biji kopi diolah, dan seberapa banyak Anda minum kopi.

Manfaat Meminum Kopi Bagi Kesehatan Otak

manfaat kopi

Anda akan mendapatkan manfaat dengan meminum kopi jika asupannya sesuai dengan takarannya, diminum di waktu yang tepat, dan pilihan biji kopi yang berkualitas. Beberapa manfaat minum kopi pada kesehatan otak yang mungkin Anda dapatkan, yaitu:

1. Meningkatkan Daya Fokus
Menurut sebuah studi, kandungan kafein yang ada pada kopi bisa memengaruhi fungsi otak. Kafein yang terbawa oleh aliran darah berinteraksi dengan reseptor adenosin dan merangasang produksi serotonin, nonadrenalin, dan dopamine. Dari ketiga senyawa ini membuat Anda jadi lebih fokus dan waspada pada lingkungan sekitar. Dampaknya proses berpikir anda jadi lebih efisien. Ketiga senyawa tersebut juga dapat membantu memperbaiki suasana hati.

2. Mempertajam Daya Ingat


Selain membuat Anda lebih waspada dan fokus, kafein yang ada didalam kopi juga bisa meningkatkan ketajaman memori atau daay ingat anda. Tanpa memerintah otak untuk mengingat sesuatu, kafein dapat merangsang otak untuk mengingat suatu hal yang mungkin dilupakan. Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak, kafein bisa juga menghasilkan ingatan yang tidak akurat.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Otak dan Saraf
Sama seperti bagian tubuh yang lainnya, otak juga akan mengalami penurunan fungsi. Berbagai penyakit dapat menyerang otak Anda, salah satunya Alzheimer dan demensia. Penyakit tersebut dapat menyebabkan daya ingat dan kemampuan berpikir anda menjali lebih memburuk serta perubahan perilaku dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Risiko kedua penyakit ini terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Namun, perkembangan penyakitnya dapat diperlambat dengan meminum kopi. Periset percaya bahwa kandungan antioksidan dan senyawa antiradang yang ada pada kopi bisa mengurangi peradangan pada sel-sel otak. Selain penyakit Alzeheimer dan demensia, kandungan kafein pada kopi juga dapat membantu mencegah penyakit Parkinson. Penyakit ini menandakan bahwa sel-sel saraf pada otak yang memproduksi dopamin mati atau rusak. Efek yang didapat, gerakan tubuh akan terganggu dan menimbulkan tremor pada tubuh.

*** 
0 Komentar untuk "3 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan Otak "

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top