4 Cara Meningkatkan Stamina Tubuh

4 Cara Meningkatkan Stamina Tubuh

4 Cara Meningkatkan Stamina Tubuh - Semua aktivitas pasti memerlukan energi. Saat stamina menurun, semangat untuk beraktivitas-pun turut menurun. Setiap kegiatan yang kita jalani akhirnya terasa begitu melelahkan. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa meningkatkan stamina Anda.

Cara Meningkatkan Stamina Tubuh
Stamina merupakan kemampuan tubuh untuk menjalani aktivitas mental dan fisik selama kurun waktu tertentu. Seseorang dengan stamina yang tinggi tentunya lebih tahan terhadap cedera, stres dan rasa lelah saat beraktivitas. Berikut ini merupakan tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan stamina anda.

1. Berolahraga


Berolahraga memang membuat tubuh terasa lelah. Namun, dengan berolahraga secara rutin dapat memberikan efek jangka panjang berupa bertambahnya stamina. Olahraga rutin selama enam minggu dapat meningkatkan kualitas tidur, level energi dan fungsi otak. Anda bisa meningkatkan stamina melalui olahraga dengan cara berikut ini:
  • Olahraga kardio (bersepeda, Jogging, Lompat tali) selama kurun waktu 30 menit setiap hari
  • Olahraga angkat beban sebanyak 1 hingga 5 kali setiap harinya.
  • High-intensity interval training, atau berolahraga intensitas tinggi dalam kurun waktu singkat 2 hingga 3 kali setiap minggunya.
2. Menambah Intensitas Olahraga dan Mengurangi Jeda Istirahat
Untuk membangun ketahanan stamina dan otot, batasi jeda istirahat anda saat olahraga selama kurun waktu 30 hingga 90 detik. Tingkatkan intensitas pemanasan dan olahraga supaya tubuh semakin terbiasa menggunakan energi. Anda bisa memilih jenis olahraga apa pun, baik itu olahraga lari, berenang, bersepeda atau push-up. Kuncinya untuk mendorong tubuh Anda supaya melakukan olahraga semaksimal mungkin. Lakukan secara rutin, setidaknya 3 hingga 5 kali setiap minggunya.

3. Melakukan Kegiatan Yoga dan Meditasi


Yoga dan meditasi tidak hanya membuat pikiran anda menjadi rileks, tapi juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan stamina. Jika dilakukan secara rutin, kedua aktivitas ini bisa meningkatkan ketahanan tubuh serta mengurangi rasa lelah dan stres.

4. Mengonsumsi Kafein (Kopi)
Cara lain yang terbukti bisa meningkatkan stamina yaitu mengonsumsi kafein. Kafein memang dapat memengaruhi performa fisik dengan meningkatkan fungsi sistem hormon, peredaran darah, aktivitas otot, pembakaran lemak hingga suhu tubuh. Namun, Jangan sering-sering mengkonsumsi kafein. Batas aman asupan kafein yaitu 400 miligram per hari atau setara dengan 4 cangkir kopi.


Hindari sumber kafein dengan tinggi gula seperti soda, minuman berenergi dan kopi dengan krim. Stamina yang tinggi akan membuat Anda tetap berenergi dan fokus saat menjalani aktivitas sehari-hari. Tubuh pun tidak mudah lelah karena telah terbiasa menggunakan energi secara efisien.

***
0 Komentar untuk "4 Cara Meningkatkan Stamina Tubuh"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top