Kelebihan dan Kekurangan Mobil dengan Sistem RWD (Rear Wheel Drive)

Kelebihan dan Kekurangan Mobil dengan Sistem RWD (Rear Wheel Drive)

Kelebihan dan Kekurangan Mobil dengan Sistem RWD (Rear Wheel Drive) - Sampai saat ini banyak jenis Mobil yang dijual di pasaran otomotif. Selain itu terdapat pula beberapa sistem penggerak roda yang juga dapat dijumpai di setiap mobil di pasaran otomotif. Di Indonesia sendiri terdapat 2 jenis sistem penggerak roda yang cukup populer digunakan yaitu RWD dan FWD. 

RWD (Rear Wheel Drive) menggunakan sistem penggerak roda belakang, sedangkan untuk FWD (Front Wheel Drive) menggunakan sistem penggerak roda depan. Jika dilihat dari sistemnya memang berbeda dalam hal penggerak roda, bahkan tujuan dari RWD dan FWD juga tidak sama. Untuk peluncurannya pertama kali diperkenalkan adalah RWD, namun keduanya mempunyai kelebihan serta kekurangan masing-masing.

RWD (Rear Wheel Drive)

RWD (Rear Wheel Drive)

Pada umumnya untuk sistem penggerak banyak disematkan pada kendaraan mewah ataupun Mobil sport. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh sistem penggerak RWD yaitu soal handling yang cukup baik pada saat melintasi tikungan.

Kelebihan dari Sistem Penggerak RWD
Soal daya tahan juga lebih unggul pada sistem penggerak RWD, ditambah lagi sistem penggerak RWD dapat dipadukan dengan mesin kapasitas yang cukup besar dan performa yang dihasilkan juga cukup bagus. tidak hanya itu, dengan menggunakan sistem RWD mampu untuk membawa beban yang lebih berat meskipun mesin yang di miliki cukup kecil untuk digunakan.

Keunggulan lain yang dimiliki dari sistem penggerak RWD yaitu power steering yang lebih ringan. Ditambah lagi radius putar yang dimiliki lebih patah atau dalam, karena tidak dibatasi oleh drive shaft dan ruas rotasi roda juga lebih lega. Namun penggunaan sistem penggerak ini bisa saja mengalami oversteer pada saat kecepatan yang tinggi.

Kekurangan dari Sistem Penggerak RWD
Meskipun begitu, terdapat kekurangan yang dimiliki oleh sistem penggerak RWD. Yang mana pada saat melintasi tikungan akan mudah tergelincir. Hal ini justru menjadi daya Tarik tersendiri untuk yang mempunyai kegemaran dalam hal drift pasti akan memilih mobil dengan penggerak RWD. Untuk soal akselerasi akan sedikit berkurang pada bagian awalnya.

Kelemahan lain yang dimiliki yaitu terdapat gardan yang menjadikan posisi ruang kaki menjadi sedikit terganggu. Mengingat terdapat terowongan yang diperuntukkan untuk gardan yang letaknya berada di bagian bawah sasis. Gardan sendiri memiliki fungsi sebagai penyalur tenaga dari mesin menuju roda belakang.

Tidak hanya itu saja, konsumsi bahan bakar yang dimiliki oleh Mobil dengan sistem RWD bisa dibilang lebih boros, karena bobot yang dimiliki lebih berat dibandingkan Mobil dengan sistem FWD (Front Wheel Drive).

*** 
Tag : Automotive
0 Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Mobil dengan Sistem RWD (Rear Wheel Drive) "

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top