Kelebihan dan Kekurangan Mobil dengan Sistem FWD (Front Wheel Drive)

Kelebihan dan Kekurangan Mobil dengan Sistem FWD (Front Wheel Drive)

Kelebihan dan Kekurangan Mobil dengan Sistem FWD (Front Wheel Drive) - Sampai saat ini banyak jenis Mobil yang dijual di pasaran otomotif. Selain itu terdapat pula beberapa sistem penggerak roda yang juga dapat dijumpai di setiap mobil di pasaran otomotif. Di Indonesia sendiri terdapat 2 jenis sistem penggerak roda yang cukup populer digunakan yaitu RWD dan FWD. 

RWD (Rear Wheel Drive) menggunakan sistem penggerak roda belakang, sedangkan untuk FWD (Front Wheel Drive) menggunakan sistem penggerak roda depan. Jika dilihat dari sistemnya memang berbeda dalam hal penggerak roda, bahkan tujuan dari RWD dan FWD juga tidak sama. Untuk peluncurannya pertama kali diperkenalkan adalah RWD, namun keduanya mempunyai kelebihan serta kekurangan masing-masing.

FWD (Front Wheel Drive)

FWD (Front Wheel Drive)

Pada Mobil dengan sistem penggerak roda depan dapat melakukan akselerasi lebih baik dibandingkan dengan mobil dengan penggerak RWD. Hal tersebut dikarenakan mesin kendaraan akan menarik beban, tidak seperti sistem penggerak RWD yang mendorongnya. Bahkan saat melakukan akselerasi roda Mobil tidak akan mudah mengalami selip.

Kelebihan dari Sistem Penggerak FWD
Kelebihan yang dimiliki sistem penggerak FWD lainnya yaitu mempunyai radius putar lebih bagus jika dibandingkan dengan sistem penggerak RWD. Sehingga pada saat melintasi tikungan akan lebih tajam dan cepat. Tidak hanya itu saja, bahkan harga pembuatannya jauh lebih murah dari pada pembuatan mobil dengan sistem RWD. Pada sistem penggerak FWD as roda depan terhubung langsung dengan transmisi Mobil dan juga mesin, sehingga tidak perlu melalui gardan seperti RWD. Oleh sebab itu dilihat dari komponen akan lebih sedikit dan mempunyai bobot yang lebih ringan.

dengan bobot yang dimiliki membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien dan mesin lebih bertenaga. Bahkan pada bagian lantai Mobil bisa mempunyai ruang kaki yang lebih longgar dan dibuat rata baik untuk penumpang maupun pengemudi Mobil. selain itu, tingkat kesenyapan yang dimiliki oleh Mobil dengan sistem penggerak FWD terbilang lebih baik dibandingkan dengan RWD.

Kekurangan dari Sistem Penggerak FWD
Adapun kekurangan yang dimiliki oleh Mobil dengan sistem penggerak FWD tidak dapat membawa beban yang terlalu berlebih. Selain itu dalam hal perawatan juga lebih banyak dibandingkan dengan RWD. Kemudian pada bagian suspensi diharuskan memiliki kualitas yang baik, mengingat kaki-kaki yang dimiliki oleh Mobil jenis ini mempunyai umur yang lebih pendek. Jadi hal tersebut juga merupakan salah satu faktor yang menjadikan harga mobilnya lebih mahal. Ditambah lagi saat melintasi jalan yang tidak beraspal atau saat melintasi jalan licin di tanjakan akan mudah mengalami selip.

Kekurangan Mobil FWD yang lain yaitu beresiko terjadinya understeer. Jadi pada saat ban depan Mobil bisa kehilangan daya cengkram ketika sedang melintasi belokan. Pengertian understeer yaitu efek limbung yang terjadi pada kendaraan karena adanya dorongan saat menikung dari bobot kendaraan tersebut.

Demikianlah informasi mengenai kelebihan serta kekurangan Mobil dengan sistem penggerak FWD. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

***

Tag : Automotive
0 Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Mobil dengan Sistem FWD (Front Wheel Drive)"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top