5 Jenis Teh yang Baik Untuk Penderita Diabetes

5 Jenis Teh yang Baik Untuk Penderita Diabetes

5 Jenis Teh yang Baik Untuk Penderita Diabetes - Diabetes merupakan Salah satu masalah kesehatan yang diderita oleh jutaan masyarakat di Indonesia. Kondisi ini bisa menyebabkan dampak kesehatan yang cukup serius, mulai dari amputasi hingga komplikasi berbahaya lainnya yang sangat mematikan. Karena alasan tersebut untuk penderita penyakit ini tidak di perbolehkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman sembarangan.

Penderita Diabetes Harus Mengubah Pola Makan
Jika penderita diabetes masih menerapkan pola makan yang sama sebagaimana ketika mereka belum didiagnosis terkena penyakit diabetes, maka risiko terkena komplikasi-pun akan semakin meningkat. Contohnya, mereka yang tidak lagi bisa sembarangan mengonsumsi makanan tinggi kalori seperti nasi, daging, roti, kue, gorengan dan lain sebagainya. Bahkan, beberapa jenis camilan dan minuman yang mempunyai kandungan gula atau kalori juga harus dihindari.

Tidak hanya memilih makanan yang tepat, porsi makan untuk penderita diabetes juga harus diperhatikan, jika sampai asupan gula atau kalori berlebihan, bisa jadi akan menimbulkan lonjakan kadar gula darah yang sangat membahayakan dan menyebabkan datangnya komplikasi.

Penderita Diabetes Masih Di Perbolehkan Mengonsumsi Teh
Meskipun harus cermat dalam memilih minuman yang akan dikonsumsi, bukan berarti penderita diabetes hanya bisa mengonsumsi air putih saja. Faktanya ada beberapa jenis teh herbal yang justru bisa membantu mengendalikan diabetes untuk penderitanya. Mengonsumsi satu atau dua cangkir teh setiap hari bisa membantu menjaga kadar gula darah supaya tetap seimbang. Berikut ini berbagai jenis teh yang direkomendasikan bagi penderita diabetes.

1. Teh Ginseng



Berbicara mengenai ginseng, rempah khas yang berasal dari Korea Selatan seringkali dianggap sebagai bahan alami yang mampu untuk meningkatkan stamina bagi tubuh. Bahkan, ada yang menganggap ginseng sebagai pendongkrak performa seksual. Hanya saja, menurut pakar kesehatan, ginseng ternyata juga bisa memberikan manfaat bagi penderita diabetes. Hal ini disebabkan karena kemampuan ginseng yang mampu membuat penyerapan karbohidrat dan gula darah menjadi lebih lambat. Hal tersebut tentu berpengaruh besar bagi kadar gula darah. Selain itu, dengan rutin mengonsumsinya ginseng bisa merangsang pankreas untuk meningkatkan produksi insulin supaya bisa mengendalikan kadar gula darah pada tubuh. Penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi teh ginseng setiap pagi jika ingin mencegah datangnya komplikasi.

2. Teh Hijau

Teh hijau tinggi akan kandungan antioksidan yang dipercaya teh tersebut bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat dengan efektif. Mengonsumsi teh hijau secara rutin telah terbukti mampu untuk menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Dengan adanya hal tersebut berarti, penderita diabetes juga bisa menjaga kadar gula darah di dalam tubuhnya dengan rutin mengonsumsi teh hijau. Hanya saja, kita tidak disarankan untuk menambahkan gula pada teh tersebut dan sebaiknya menambahkan air perasan lemon demi membuatnya menjadi lebih bermanfaat bagi tubuh.

3. Teh dandelion



Teh dandelion mempunyai senyawa aktif yang secara efektif dipercaya mampu untuk menurunkan kadar gula darah pada tubuh penderita diabetes tipe 2. Dengan rutin meminum teh tersebut juga akan menyehatkan pembuluh darah dan jantung, dua organ yang paling rentan terkena komplikasi diabetes.

4. Teh Fenugreek



Teh ini mempunyai kandungan serat larut yang sangat tinggi. Kandungan ini akan bisa membantu mencegah kenaikan kolesterol dan kadar gula darah. Teh ini juga tinggi kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang bisa membantu mencegah komplikasi diabetes.


5. Teh Olong 


Meskipun tidak terkenal dengan jenis teh ginseng atau teh hijau, kini semakin banyak orang yang tertarik untuk mengkonsumsi teh oolong. Hal ini dikarenakan adanya rasa yang nikmat dan nutrisinya yang cukup tinggi. Dengan rutin mengonsumsinya dua cangkir setiap hari dalam kondisi hangat dipercaya mampu membantu menjaga kadar gula darah sehingga bisa mencegah datangnya komplikasi diabetes pada tubuh.

***
4 Komentar untuk "5 Jenis Teh yang Baik Untuk Penderita Diabetes"

WKWKWK Teh obeng :v, sekalian aja teh O ada gak

Teh obeng dari batam ga sih wkwkw

Teh obeng udah beda lagi ceritnya

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top