Perbedaan Antara Trafo CT dan Non CT

Perbedaan Antara Trafo CT dan Non CT

Perbedaan Antara Trafo CT dan Non CT - Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Trafo. Trafo merupakan komponen elektronika yang biasa digunakan untuk menaikkan maupun menurunkan suatu tegangan. Karena pada dasarnya dalam lingkungan sehari-hari, kita bisa membutuhkan suatu rentang tegangan tertentu untuk keperluan tertentu pula, maka dari itu kita bisa merasakan betapa pentingnya peran Trafo di dalam kehidupan sehari hari.

Pada penjualan komponen-komponen elektronika, banyak sekali yang menjual trafo. Mulai dari berbagai merk dan spesifikasi yang ditawarkan. Namun, pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas mengenai merk dari trafo tersebut, Saya akan membahas tentang perbedaan antara trafo CT dan Non CT.

Jenis-Jenis Trafo

Trafo

Walaupun kedua jenis trafo tersebut mempunyai prinsip kerja yang sama akan tetapi terjadi suatu konfigurasi rangkaian yang berbeda diantara keduanya.

1. Trafo CT
Trafo CT banyak digunakan pada rangkaian power suppy simetris dengan gelombang penuh. anda bisa menemukan jenis trafo ini pada amplifier, amplifier yang tersedia keluaran pada saat ini yang menggunakan kutub positif ,Netral dan Negatif. Trafo CT mempunyai lilitan yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis Trafo Non CT, dan jika di lihat lagi perbedaan  dari trafo ini mempunyai 2 buah output yang secara teori keduanya memiliki beda fasa sekitar 180 derajat. Dan pada situasi tersebut, trafo  CT berperan sebagai titik netralnya.

trafo ct

Jika dibandingkan dengan Trafo Non CT jika dilihat dari kawat lilitannya, maka anda bisa perahatikan bahwa kawat yang digunakan pada Trafo terebut lebih kecil dibandingkan dengan kawat yang digunakan pada Trafo Non CT. Hal ini membuat arus yang keluar dari Trafo tersebut setengah dari spesifikasi Trafo tersebut.

2. Trafo Non CT

trafo non ct

Trafo ini merupakan kebalikan dari Trafo CT,P ada Trafo jenis ini anda tidak akan menemukan tulisan CT pada terminalnya. Jadi anda bisa dengan mudah untuk membedakannya. Trafo jenis ini biasanya banyak digunakan pada power supply tipe Non Simetris. Output yang dihasilkan dari Trafo ini hanya menggunakan 2 kabel, yaitu kabel positif dan kabel negatif. Amplifier jaman dahulu sangat familiar dengan trafo jenis ini, dengan menggunakan Trafo IT dan OT.

***
Tag : Electrical
4 Komentar untuk "Perbedaan Antara Trafo CT dan Non CT"

Kalau buat carger aki lebih bagus mana pakek travo ct apa non ct??mohon info nya

Kalau travo non ct itu biar tidak pakai rangkaian lagi

Mau tanya bos,, ampli kita pakai travo 2 ampere,, semisal ampere kita ganti dengan yg 10 ampere apa ada pengaruhnya,, sedangkan rangkaian awal kita pakai 2ampere,,makasi matursuwon

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top