5 Cara Merawat Radiator Mobil


5 Cara Merawat Radiator Mobil

5 Cara Merawat Radiator Mobil - Merawat radiator pada Mobil merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk para pengguna kendaraan. Hal ini dikarenakan radiator merupakan salah satu bagian dari komponen utama dalam sistem pendinginan untuk mesin. Sistem pendingin suhu mesin mobil pada dasarnya didukung dengan tiga hal utama, yaitu: cairan pendingin, minyak pelumas, dan udara. Ketiga komponen tersebut saling berkaitan satu sama lain dan elemen yang paling menentukan bagi efisiensi kinerja suatu mobil.

Radiator sendiri memiliki fungsi sebagai tempat cairan pendingin dan sebagai penampung utama cairan tersebut. Oleh sebab itu, kondisi radiator harus benar-benar terjaga dan terawat dengan baik. Pentingnya fungsi radiator pada mesin mobil nyatanya masih sering terabaikan oleh sebagian pemilik mobil. Padahal, jika radiator tidak terawat dengan baik, kinerja mesin mobil akan lebih rentan rusak. Oleh sebab itu ada 5 cara untuk merawat radiator pada mobil kalian, yaitu:

Memperhatikan Volume Air Pada Radiator.
Salah satu cara merawat radiator mobil dengan memperhatikan volume takaran air pada radiator. Masalah yang sering terjadi pada setiap mobil yaitu seringnya temperatur pada mesin meningkat drastis atau bias dibilang overheat. Hal ini dikarenakan kurangnya volume air pada radiator mobil Anda.

Memperhatikan Volume Air Pada Radiator.

Pada saat volume air pada radiator kurang memenuhi kebutuhan yang sudah ditentukan, maka akan menyebabkan tekanan pada penutup radiator dan memberikan tekanan yang disalurkan pada reservoir atau tabung cadangan air pada radiator, dengan tekanan tersebut, maka sistem pendingin radiator akan menyebabkan terjadinya vakum.

Begitupula sebaliknya, jika tekanan atau temperatur pada mesin menurun, makan vakum tersebut akan menghisap air radiator kembali dan menyalurkannya kembali untuk menjaga suuhu pada mesin mobil supaya tidak terjadi Overheat. Ada baiknya Anda tahu bahwa batas aman volume air pada radiator yaitu pada kondisi di tengah-tengah indikator full dan low. Jadi, jangan lupa untuk mengecek volume air pada radiator mobil kalian ya.

Membersihkan Tangki Radiator Secara Rutin.
Salah satu cara merawat radiator mobil yaitu, dengan rutin membersihkan atau menguras tangki radiator pada mobil. Menguras tangki radiator bertujuan supaya tangki tersebut terhindar dari korosi pada komponen-komponen yang berasal dari bahan logam.

Untuk menguras tangki radiator pada mobil dapat melakukannya minimal dalam jangka waktu sekitar 2 minggu sekali. Manfaat dari membersihkan tangki radiator secara rutin akan membuat temperature pada mobil tetap terjaga dengan baik dan terhindar dari masalah yang umumnya sering terjadi seperti overheat.

Menggunakan Radiator Coolant
Salah satu cara merawat radiator mobil yaitu dengan menggunakan radiator coolant. Jika harus menghindari pemakaian air keran, maka solusi utama yang lebih aman dalam menjaga radiator mobil dengan menggunakan radiator coolant. Selain memang dikhususkan untuk menjaga temperatur mesin mobil supaya lebih stabil, radiator coolant juga berfungsi untuk mengangkat kotoran dan karat yang menumpuk di tangki radiator.

Jangan Lupa Menutup Kembali Radiator 

Salah satu cara merawat radiator mobil adalah jangan lupa untuk menutup kembali radiator. Pastikan tutup pada radiator sudah tertutup dengan rapat sehingga cairan radiator coolant tidak bocor saat menahan temperatur mesin yang panas. Selain tutup radiator, ada beberapa hal penting juga harus dilakukan pengecekan terakhir untuk memastikan sistem radiator telah terjaga dengan baik. Sebut saja, saluran air radiator dan reservoir atau tabung cadangan air pada radiator sudah di periksa dan kerapatannya dalam kondisi yang baik. Karena hal-hal kecil seringkali dianggap sepele oleh sebagian.


***
Tag : Automotive
0 Komentar untuk "5 Cara Merawat Radiator Mobil"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top