Jenis-Jenis Pendingin Coolant Pada Pengerjaan Permesinan

Jenis-Jenis Pendingin Coolant Pada Pengerjaan Permesinan

Jenis-Jenis Pendingin Coolant Pada Pengerjaan Permesinan - Pendingin atau biasa disebut dengan coolant adalah merupakan zat yang digunakan untuk mendinginkan benda kerja pada saat proses pengerjaan seperti memotong, mengikis dan sebagainya untuk mencegah terjadinya korosi pada benda kerja. Coolant berdasarkan jenisnya di bedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

1. Air Blow
Air Blow

Pendingin atau biasa disebut dengan coolant merupakan jenis yang memiliki wujud hanya berupa udara yang di tiupkan ke benda kerja, materialnya cepat menangkap dan melepaskan panas dengan melalui pipia khusus yang terhubung oleh blower. Pendingin jenis ini boleh dikatakan sebagai yang paling murah karena tidak perlu membeli udara.

2. Water Blow

Water Blow

Water Blow merupakan jenis pendingin yang memiliki wujud berupa cairan yang disemprotkan ke benda kerja yang mempunyai laju perpindahan panas yang sangat lambat. Ini merupakan pendingin paling umum digunakan di bengkel-bengkel karena lebih mudah digunakan dan efisien. Pendigin Water Blow dibagi menjadi dua yaitu berdasarkan kandungannya dan komponen.

Jenis Coolant Water Blow Berdasarkan Komposisinya      
Cairan pendingin memiliki bermacam-macam bahan atau komposisi yang disesuaikan dengan pengunaanaya, jenis cairanya antara lain: 
  • Cairan sintetik (synthetic fluids, chemical fluids)
  • Cairan Emulisi (emulisions, water miscible fluids, water soluble oil, emulsifiable cutting fluids)
  • Cairan semi sintetik (semi synthetic fluids)
  • Minyak (cutting oils)
*** 
Tag : Mechanical
2 Komentar untuk "Jenis-Jenis Pendingin Coolant Pada Pengerjaan Permesinan"

pengertian water base gilbax dan campuran??

Adakah referensi jenis coolant ramah lingkungan (spesifikasi non B3) untuk proses cutting pipa?

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top