Cara Membuat Ulir Dalam Menggunakan Tap


Cara Membuat Ulir Dalam Menggunakan Tap

Cara Membuat Ulir Dalam Menggunakan Tap - Cara membuat ulir dalam untuk pembuatan sambungan mur dan baut pasti membutuhkan ulir untuk menyatukannya. Baik itu ulir dalam maupun ulir luar. Sebelum membuat ulir harus mengetahui terlebih dahulu pengertian ulir dan jenis-jenisnya. Pada artikel kali ini akan membahas bagaimana cara membuat ulir dalam secara lengkap. Untuk membuat ulir dalam bisa menggunakan dua metode yaitu:

Teknik Manual Menggunakan Tap
Untuk membuat ulir dalam menggunakan tap pada umumnya digunakan untuk membuat ulir yang terbatas dan pendek. Tap biasanya digunakan untuk membuat ulir tembus dan tidak tembus (ulir buntu). Bisa juga digunakan untuk memperbaiki ulir yang rusak. Tap mempunyai bentuk ulir luar dan memiliki lekukan memanjang yang disebut (galur).

Suatu tap mempunyai tiga atau lebih galur. Galur sendiri berfungsi sebagai jalan pembuangan sisa potongan pada proses pengetapan. Perlu diketahui bahwa tap mempunyai ukuran ulir yang berbeda-beda. Biasanya tertulis pada body tap. Satu set tap terdiri dari tiga jenis tap, yaitu:

Tap

  • Tap No.1 tap tirus (taper tap). Digunakan untuk pengerjaan awal dalam pengetapan.
  • Tap No.2 tap setengah tirus (plug tap). Digunakan setelah selesai pengerjaan menggunakan Tap No.1.
  • Tap No.3 tap silindris (bottoming tap). Tap ini digunakan untuk pengerjaan finishing atau untuk menyempurnakan bentuk ulirnya.

Pada saat menggunakan tap, kita membutuhkan pegangan yang disebut dengan handle tap. Handle tap diseni digunakan untuk memegang tap dan memudahkan penggunanya untuk memutar tap. Sebelum melakukan penguliran, harus membuat suatu lubang terlebih pada benda kerja dengan cara dibor. Besarnya lubang yang akan dibuat ulir harus benar-benar sedikit kecil dari ukuran ulir yang akan dibuat, jangan sampai lebih besar dari ukuran tap.

Langkah-Langkah Pembuatan Ulir Dalam Menggunakan Tap

  1. Pertama cekam benda kerja dengan kuat dan benar. Pastikan bidang yang akan di bor tegak lurus dengan bor.
  2. Langkah ke dua membuatlah lubang pada benda kerja dengan besar dan kedalaman sesuai dengan kebutuhan. Pastikan lubangnya juga tegak lurus.
  3. Lalu buatlah chamfer menggunakan countersink untuk memudahkan tap masuk ke dalam lubang.
  4. Pasang Tap No.1 pada handle tap. Kemudian masukkan ujung tap pada lubang. Pastikan posisi tap tegak lurus, sehingga ulir yang dihasilkan tidak miring dan tidak rata.
  5. Putarlah handle tap menggunakan kedua tangan dengan kekuatan yang seimbang. Jangan terlalu kuat dalam menekan tap, karena tap bisa patah dan tersangkut dalam lubang.
  6. Lakukan putaran ke kanan dan ke kiri secara bergantian. Hal ini bertujuan untuk gerak pemakanan dan pembuangan tatal.
  7. Jangan lupa untuk memberikan oli pelumas pada proses pengetapan.
  8. Bersihkan tatal atau sisa hasil pemakanan agar tidak mengganggu proses pengetapan. Dengan cara mengeluarkan tap dari lubang kemudian disemprot menggunakan angin.
  9. Jika Tap No.1 sudah mencapai kedalaman yang dibutuhkan, gantilah dengan Tap No.2.
  10. Ulangi langkah ke 5 sampai ke 9.
  11. Ganti dengan Tap No.3 kemudian ulangi langkah ke 5 sampai 9.
  12. Kemudian cek ulirnya menggunakan baut dengan ukuran ulir yang sama.

Membuta Ulir Menggunakan Mesin Bubut

Membuta Ulir Menggunakan Mesin Bubut

Pada pembuatan ulir dalam menggunakan mesin bubut biasanya dilakukan untuk ukuran lubang yang lebih besar. Sehingga membutuhkan keahlian khusus dalam melakukan penguliran menggunakan mesin ini. Dalam pembuatan ulir  dimembutuhkan beberapa alat seperti:
  1. Mesin Bubut
  2. Mata bor
  3. Pahat Chamfer
  4. Pahat ulir dalam
  5. Baut yang memiliki ukuran yang sama dengan ulir yang akan dibuat
  6. Thread gauge
***

Tag : Mechanical
0 Komentar untuk "Cara Membuat Ulir Dalam Menggunakan Tap"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top