Cara Untuk Membersihkan Noda Karat

Cara Untuk Membersihkan Noda Karat

Cara Untuk Membersihkan Noda Karat - Noda karat seringkali muncul jika tidak merawat perabotan dengan baik. Mulai dari perabotan taman, teras atau halaman belakang dengan besi atau perabotan logam lainnya, terkadang peralatan perkakas juga sering sekali terkena karat. Oleh sebab itu sangat penting untuk melindungi peralatan yang berbahan logam dari kerusakan akibat karat, terutama ketika musim hujan dan musim dingin yang bisa mempercepat proses perkaratan karena adanya kelembaban yang berlebihan di udara. 

Setelah logam mulai mengeluarkan tanda-tanda karat, segaralah untuk mengambil beberapa langkah efektif untuk mencegah terjadinya proses pengaratan. Pada jenis permukaan logam dan jumlah karat akan menentukan teknik pembersihan itu sendiri. Mempertimbangkan peralatan yang akan digunakan untuk mengikis karat juga sangat penting. Dalam beberapa kasus, lebih baik menggunakan sikat gigi atau bias juga menggunakan serabut cuci piring, sementara untuk masalah karat yang termasuk dalam golongan serius bias memakai sikat besar dengan bulu logam. Mungkin buat kalian yang mencari solusi untuk membersihkan noda karat secara efektif simak artikel berikut ini.

"APA ITU KARAT?"

Karat merupakan logam yang teroksidasi. Hal ini terjadi jika besi bergabung dengan oksigen di udara dan menyebabkan terjadinya korosi. Karat bisa mempengaruhi besi dan sejenisnya, termasuk juga pada baja. Salah satu pemicu utama terjadinya karat yaitu air.

Meskipun struktur pada besi dan baja terlihat tampak kokoh. Namun, dibalik semua itu lama-kelamaan molekul air bisa menembus celah mikroskopis pada logam, dan hal ini dapat memulai proses terjadinya korosi. Jika terdapat garam, misalnya di air laut, proses korosi akan lebih cepat terjadi. Lalu paparan sulfur dioksida dan karbon dioksida juga bisa mempercepat proses terjadinya korosi.

Karat menyebabkan logam mengembang dan dapat menempatkan tekanan besar pada struktur logam secara keseluruhan. Pada saat yang sama, logam akan melemah, lalu lama kelamaan akan menjadi rapuh, dan bersisik.

Cara Menghilangkan Karat Dengan Bahan Sederhana 

1. Menggunakan Baking Soda
Baking soda merupakan senyawa kimia yang cukup populer dan banyak ditemukan di hampir setiap rumah, ternyata baking soda cukup efektif dalam menghilangkan karat dari logam. Dengan menggunakan sedikit campuran baking soda dan air pada noda karat, kemudian bersihkan.

Pertama-tama yang harus dilakukan yaitu mencampur baking soda dengan air (atau hidrogen peroksida untuk karat yang sudah terlalu lama didiamkan) hingga campuran tersebut menjadi kental. Lalu oleskan campuran tersebut ke permukaan yang berkarat dengan kain pembersih, dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu gosok area yang berkarat dengan kuat sehingga karat bisa hilang. Lakukan hal tersebut sebanyak tiga kali. Teknik sederhana ini sangat efektif dalam membersihkan karat dari permukaan logam, furnitur teras, dan peralatan berkebun.

2. Menggunakan Cuka Putih
Karena sifat asam dan antimikrobanya yang ada pada cuka dikenal sebagai bahan pembersih alami. Kalian bisa menambahkan sedikit garam untuk meningkatkan keasaman dan menghasilkan larutan pembersih karat yang lebih kuat. Bukan hanya logam yang bisa dibersihkan. Namun, kalian bisa membersihkan hampir semua bagian di rumah dengan cuka putih. Pada saat furnitur logam mengalami pengaratan, cukup dengan membilas furnitur logam tersebut dengan cuka putih dan biarkan selama 10 menit. Lalu gosok dengan serabut pencuci piring sampai karat hilang.

3. Menggunakan Cairan Pembersih Ringan
Cara mudah untuk menyingkirkan karat dengan membersihkan noda awal dan tanda-tanda akan munculnya karat sebelum menjadi ancaman. Yang kalian butuhkan hanyalah cairan pembersih dan lap. Semprotkan cairan pembersih khusus langsung ke permukaan berkarat dan gunakan kain untuk mengolesnya. Sekarang bersihkan seluruh permukaan secara menyeluruh. Noda karat akan berubah merah kecoklatan dan perlahan-lahan akan hilang sambil terus digosok menggunakan lap.

4. Menggunakan Garam dan Lemon
Metode buatan sendiri lainnya yang tidak kalah ampuh untuk menghilangkan noda karat pada permukaan logam dengan menggunakan lemon dicampur dengan garam. Garam disini berperan sebagai abrasive, sementara asam sitrat dalam lemon menciptakan reaksi kimia yang dapat membantu menghilangkan karat.

Pada metode ini,  campur perasan jeruk nipis dan garam, lalu tempelkan pada area yang berkarat. Setelah beberapa jam, kalian bisa menggosoknya untuk menemukan permukaan yang bebas karat.

 ***
Tag : Mechanical
0 Komentar untuk "Cara Untuk Membersihkan Noda Karat "

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top