18 Manfaat dari Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

18 Manfaat dari Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Wajah, dan Rambut

18 Manfaat dari Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah - Mungkin sudah banyak yang mengetahui manfaat jeruk nipis. Mulai dari manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, manfaat jeruk nipis untuk rambut, manfaat jeruk nipis untuk wajah,  dan manfaat jeruk nipis untuk diet. Meskipun rasa yang sangat asam, ternyata banyak mengandung  kandungan senyawa bervitamin yang baik menjaga tubuh bagian dalam maupun luar. Salah satunya yang terkenal yaitu vitamin C. Dibandingkan dengan jenis jeruk yang lain, jeruk nipis merupakan jenis yang paling banyak mengandung vitamin C. Tidak hanya vitamin C saja, namun jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Tidak lupa juga asam sitrat yang membuat jeruk menjadi asam. 

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

 Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

1. Meningkatkan Imunitas
Sebenarnya banyak sekali suplemen tubuh yang menggunakan vitamin C. Jeruk nipis sendiri merupakan sumber alami untuk mendapatkan vitamin C. Dengan rajin meminum air perasan jeruk nipis, kandungan antioksidan yang ada pada jeruk nipis berupa flavonoid akan membantu untuk meningkatkan imunitas tubuh, sehingga pada kondisi apapun dapat membuat kondisi tubuh tetap bugar.

2. Mencegah Kanker
Kandungan liminoid yang ada dalam jeruk nipis berperan aktif sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh, sehingga bias menurunkan risiko sebagian dari jenis kanker seperti leukimia, kanker usus besar dan kanker lambung.

3. Menyeimbangkan pH Pada Tubuh

Keseimbangan asam dan basa dalam tubuh yang biasa disebut dengan pH merupakan hal yang penting, karena faktor penentu pada tubuh apakah dalam kondisi sehat ataupun sakit. Ketika kandungan pH pada tubuh tidak seimbang, maka dapat menimbulkan penyakit. Jeruk nipis yang memiliki asam akan menyeimbangkan pH tubuh Anda.

4. Dapat  Membantu Mengurangi Tekanan Darah Tinggi
Jeruk nipis juga kaya akan kalium yang bermanfaat untuk membantu tubuh kita mengurangi tekanan darah tinggi.

5. Menurunkan Kolesterol
Jeruk nipis juga kaya akan flavonoid. Flavonoid berperan sebagai anti-oksidan kuat. Anti-oksidan juga membantu melindungi tubuh dari bahaya dari radikal bebas, terutama molekul yang tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat pada tubuh. Berikut ini merupakan Cara membuat jeruk anget untuk menurunkan kolesterol jahat :
  1. Belah 1 buah jeruk nipis dan peras airnya
  2. Tambahkan 1 gelas air hangat
  3. Minum di pagi hari saat baru bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.
  4. Lakukan secara rutin agar kadar kolesterol jahat pada tubuh anda segera berkurang.

6. Dapat Membantu Mengobati Asam Urat
Dengan adanya Asam sitrat pada jeruk nipis dapat dijadikan sebagai faktor penting yang berguna untuk melarutkan asam urat secara alami. Kalin cukup dengan meminum segelas jeruk nipis setiap pagi.

7. Dapat Membantu Untuk Menyehatkan Ginjal
Asam sitrat dalam jeruk nipis juga bisa mencegah proses pengikatan mineral lain yang dilakukan oleh kalsium. Dengan meminum air perasan jeruk nipis setiap hari maka akan menyehatkan ginjal dan juga mencegah terjadi batu ginjal yang ada pada tubuh.

8. Dapat Menurunkan Berat Badan
Dengan membuat Teh jeruk nipis, dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak yanga ada pada tubuh, sehingga dapat membantu menghilangkan lemak yang berlebih pada tubuh. Selain itu teh hijau juga kaya dengan anti oksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL yang ada dalam tubuh.

9. Menjaga Berat Badan Supaya Tetap Ideal
Jeruk nipis dapat memperlancar metabolisme tubuh. Oleh karena itu, Kalian bisa mencoba manfaat jeruk nipis untuk diet supaya berat badan terjaga. Minumlah air perasan jeruk nipis setiap hari supaya berat badan tetap ideal dan terjaga.

10. Mengobati sakit gigi dan gusi bengkak
Anti bakteri yang pada jeruk nipis akan membasmi kuman-kuman dan bakteri penyebab sakit gigi atau gusi bengkak. Cara menyajikannya yaitu:
  1. Peras 2 buah jeruk nipis
  2. Campurkan dengan segelas air hangat
  3. Lalu gunakan untuk berkumur

11. Meredakan Radang Tenggorokan

Pada saat sedang mengalami radang tenggorokan tentu rasanya tidak enak, karena akan mengalami kesulitan untuk menelan makanan.

12. Jeruk NipiS Juga Bisa Memutihkan gigi
Asam dalam jeruk nipis berfungsi sebagai alkali alami supaya kadar pH dalam mulut seimbang. Selain itu jeruk nipis juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi kuning.

13. Menghilangkan Bau Badan atau Ketiak
Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan flavonoid. Kandungan lainnya yang ada dalam jeruk nipis yaitu asam sitrat, zat besi, tembaga, kalsium, kalium, macronutrients, serat, dan kalori.

14. Menghilangkan Panuan Pada Tubuh
Flavonoid merupakan antioksidan yang cukup kuat. Senyawa ini biasanya terdapat pada jeruk nipis. Anti-oksidan juga dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat yang ada pada tubuh. Dan juga asam sitrat yang menjadikan jeruk nipis sebagai anti-bakteri dan anti-jamur yang handal.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah

Manfaat jeruk nipis untuk wajah

15. Dapat Mencerahkan Wajah
Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit supaya tetap terhindar dari jerawat, mengatasi minyak berlebih,  mencerahkan wajah, dan mengangkat sel kulit mati yanga ada pada wajah. Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya sebagai mencerahkan wajah secara alami.

16. Menghilangkan dan Mengobati Jerawat
Sifat antibiotic yang ada pada jeruk nipis dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Untuk hasil yang lebih maksimal, kalian bisa mencampurnya dengan madu, lalu oleskan pada wajah yang berjerawat.

17. Mengencangkan Kulit
Selain dapat membantu untuk mencerahkan wajah, jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mengencangkan wajah yang alami.

18. Dapat Menyamarkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam di Wajah
Mungkin yang pernah sudah mengalami peradangan parah pada wajah karena jerawat dan ingin segera menghilangkan bekasnya bisa mengaplikasikan jeruk nipis unuk menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah.

***
0 Komentar untuk "18 Manfaat dari Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top