Pengertian dan Prinsip Kerja dari MCB (Miniature Circuit Breaker)

Pengertian dan Prinsip Kerja dari MCB (Miniature Circuit Breaker)

Pengertian dan Prinsip Kerja dari MCB (Miniature Circuit Breaker)  - MCB singkatan dari (Miniature Circuit Breaker) atau Miniatur Pemutus Sirkuit merupakan sebuah perangkat elektromekanikal yang berfungsi sebagai pelindung suatu rangkaian listrik dari arus yang berlebihan (arus bocor). Dengan kata lain, MCB dapat memutuskan arus listrik secara otomatis ketika arus listrik yang melewati MCB (Miniature Circuit Breaker) tesebut melebihi nilai yang ditentukan. Namun saat arus dalam kondisi normal, maka MCB dapat berfungsi sebagai saklar yang bisa menghubungkan atau memutuskan arus listrik secara manual.

Pada dasarnya, MCB (Miniature Circuit Breaker) mempunyai fungsi yang hampir sama dengan Sekering atau biasa kita kenal dengan sebutan (FUSE). Yaitu memutuskan aliran arus listrik rangkaian ketika terjadi gangguan kelebihan arus. Terjadinya kelebihan arus listrik ini dikarenakan adanya hubung singkat (Short Circuit) atau adanya beban yang berlebih (Overload). Namun pada dasarnya MCB dapat di-ON-kan kembali ketika rangkaian listrik sudah normal, sedangkan Fuse atau Sekering yang terputus akibat gangguan kelebihan arus tersebut tidak bisa digunakan lagi.

Prinsip Kerja dari MCB (Miniature Circuit Breaker)
Pada saat kondisi Normal, MCB (Miniature Circuit Breaker) berfungsi sebagai sakelar manual yang dapat memutuskan (OFF) dan menghubungkan (ON) arus listrik. Pada saat terjadi Kelebihan Beban (Overload) atau biasa diesebut dengan Hubung Singkat Rangkaian (Short Circuit), MCB (Miniature Circuit Breaker) akan beroperasi secara otomatis dengan memutuskan arus listrik tersebut. Secara visual, kita dapat melihat perpindahan Knob atau tombol dari kondisi ON menjadi kondisi OFF. Pengoperasian otomatis ini dilakukan dengan dua cara seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. yaitu dengan cara Magnetic Tripping atau di kenal dengan istilah Pemutusan hubungan arus listrik secara Magnetik dan Thermal Tripping atau dikenal dengan istilah pemutusan hubungan arus listrik secara Thermal atau Suhu.

1. Thermal Tripping (Pemutusan Hubungan Arus Listrik Secara Suhu  yang Tinggi)
Thermal Tripping (Pemutusan Hubungan Arus Listrik Secara Suhu  yang Tinggi)
Bisa dilihat pada gambar di atas merupakan contoh dari MCB pada saat Thermal TrippingPada saat kondisi Overload (Kelebihan Beban), Arus yang mengalir melalui Bimetal pada MCB menyebabkan suhu Bimetal tersebut menjadi semakin tinggi. Suhu panas tersebut akan mengakibatkan Bimetal melengkung sehingga memutuskan kontak MCB  (Trip).

2. Magnetic Tripping (Pemutusan Hubungan Arus Listrik Secara Magnetik)

Magnetic Tripping (Pemutusan Hubungan Arus Listrik Secara Magnetik)
Bisa dilihat pada gambar di atas merupakan contoh cara kerja dari Magnetic tripping. Pada saat terjadi Hubung Singkat Rangkaian (Short Circuit) secara mendadak atau Kelebihan Beban yang sangat tinggi (Heavy Overload), Magnetic Trippping atau pemutusan hubungan arus listrik secara Magnetik akan diberlakukan. Ketika terjadi suatu hubungan singkat ataupun kelebihan beban yang cukup berat, maka Medan magnet pada Solenoid MCB akan menarik Latch (palang) pada MCB sehingga memutuskan kontak MCB (Trip).

Jenis-Jenis dari MCB (Miniature Circuit Breaker)
MCB (Miniature Circuit Breaker) ini bisa diklasifikasikan menjadi tiga jenis utama berdasarkan karakteristik pemutusan sirkuitnya. Dari ke tiga jenis utama tersebut adalah MCB Tipe B, MCB Tipe C dan MCB Tipe D.

A. MCB Jenis B
 MCB Jenis B

MCB jenis ini adalah tipe MCB yang akan trip jika terjadi arus beban yang lebih besar 3 sampai 5 kali lipat dari arus maksimum yang tertulis pada MCB (arus nominal MCB). MCB Tipe B pada umumnya digunakan untuk instalasi listrik diperumahan atau di industri ringan.

B. MCB Jenis C

MCB Jenis C

Pada MCB Jenis ini merupakan jenis MCB yang akan trip jika arus beban yang lebih besar 5 sampai 10 kali dari arus maksimum yang tercantum pada MCB (arus nominal MCB) tersebut. MCB jenis C ini biasanya digunakan pada Industri yang memerlukan arus yang lebih tinggi contohnya pada lampu penerangan gedung dan motor-motor kecil.

C. MCB Jenis D
MCB Jenis D
MCB Jenis D merupakan tipe MCB (Miniature Circuit Breaker) yang akan trip jika arus beban yang lebih besar dari 10 hingga 25 kali dari arus maksimum yang tercantum pada MCB (arus nominal MCB) tersebut. MCB jenis C ini biasanya digunakan pada peralatan listrik yang menghasilkan lonjakan arus sangat tinggi seperti Mesin Sinar X (X-Ray), Mesin Las, Motor-motor Besar, Mesin Bubut, Mesin CNC dan Mesin-mesin produksi lainnya.


***
Tag : Electrical
0 Komentar untuk "Pengertian dan Prinsip Kerja dari MCB (Miniature Circuit Breaker) "

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top