Pengertian dan Jenis-Jenis Audio Jack

Pengertian dan Jenis-jenis Audio Jack

Pengertian dan Jenis-Jenis Audio Jack – Mungkin anda sering mendengarkan musik ataupun menelepon dengan menggunakan Headphone ataupun Earphone, baik Earphone yang diikutsertakan ke dalam paket penjualan  handphone atau smartphone maupun earphone yang kita beli terpisah. Di ujung earphone, terdapat sebuah Connector yang berfungsi untuk menghubungkan  antara speaker dan microphone earphone dengan handphone atau smartphone kita. 

Connector tersebut sering kita sebut dengan istilah “Audio Jack”. Jadi yang dimaksud dengan Audio Jack merupakan Connector yang menghubungkan Earphone atau Headphone dengan perangkat yang dapat menghasilkan audio seperti Audio Player, Smartphone atau Handphone, Komputer PC, Laptop dan alat-alat musik listrik atau Perangkat yang menerima input audio dari mikropon seperti Amplifier (pengeras suara). Nama-nama lain dari Audio Jack diantaranya seperti Phone Jack, Phone Connector, Headphone Jack, Earphone Jack ataupun Jack Plug.

Jenis-Jenis Audio Jack
Jika diperhatikan dari ukurannya, Audio Jack ini ada yang berukuran 2,5 mm (3 atau 32 inci), 3,5 mm (1 atau 8 inci) dan 6,35 mm (¼ inci). Jika dilhat dari jumlah konduktornya, Audio Jack ini bisa dibedakan menjadi Audio Jack TS, Audio Jack TRS dan Audio Jack TRRS. "Apa yang dimaksud dengan TS, TRS dan TRRS?". Yuk, baca pembahasan singkatnya dibawah ini.

Jenis Audio Jack


  1. Audio Jack Tipe TRS (Tips-Ring-Sleeve
    Audio Jack tipe TRS (Tip-Ring-Sleeve) ini mempunyai tiga bagian konduktor, yaitu konduktor Tip, konduktor Ring dan konduktor Sleeve. Pada dasarnya, bagian konduktor Tip dihubungkan ke kanal kiri audio (Left Channel) dan bagian Ring dihubungkan ke kanal kanan audio (Right Channel) sedangkan bagian konduktor Sleeve dihubungkan ke Ground. Audio Jack tipe TRS ini mendukung audio dengan mode Stereo.
  2. Audio Jack Tipe TRRS (Tips-Ring-Ring-Sleeve)

    Audio Jack tipe TRRS (Tip-Ring-Ring-Sleeve) merupakan tipe Audio Jack yang paling lengkap karena pada tipe ini terdapat empat bagian konduktor yaitu 1 konduktor Tip, 2 konduktor Ring dan 1 konduktor Sleeve. Biasanya, Audio Jack TRRS yang berukuran 3,5 mm ini digunakan untuk mendengarkan musik dan berkomunikasi di hampir semua jenis Smartphone yang beredar di pasaran saat ini. Untuk Konfigurasi Audio Jack TRRS ini pada umumnya merupakan konduktor Tip untuk audio kanal kiri (Left Channel), konduktor Ring pertama untuk audio kanal kanan (Right Channel), konduktor Ring kedua untuk Ground dan konduktor Sleeve untuk Mikrofon.
  3. Audio Jack Tipe TS (Tips-Sleeve)
    Audio Jack tipe TS (Tip-Sleeve) merupakan Audio Jack yang terdiri dari dua buah konduktor saja, yaitu bagian Konduktor Sleeve dan bagian konduktor Tip. Tip biasanya dihubungkan ke signal audio sedangkan bagian Sleeve dihubungkan ke Ground. Audio Jack tipe TS ini biasanya digunakan untuk mikrofon atau Audio yang memiliki model mono (suara kanan dan suara kiri sama saja).
***
Tag : Electrical
0 Komentar untuk "Pengertian dan Jenis-Jenis Audio Jack"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top