8 Cara Merawat AC Mobil Supaya Tetap Dingin

8 Cara Merawat AC Mobil Supaya Tetap Dingin

8 Cara Merawat AC Mobil Supaya Tetap Dingin - Salah satu fitur andalan pada  mobil yaitu penyejuk udara dingin atau biasa disebut dengan air conditioner (AC). Fitur ini biasanya digunakan para pemilik mapun pengendara mobil demi kenyamanan berkendara. Karena sering dipergunakan, sudah selayaknya perangkat ini dirawat dengan baik supaya dapat bekerja maksimal dan komponennya lebih awet. Perawatan intensif dan pengecekan rutin terhadap AC sebaiknya Anda lakukan di bengkel.

Tidak sedikit orang yang memiliki mobil merasa AC mobil mereka bermasalah. Contohnya saja AC yang mengeluarkan bau apek atau kurang sedap dan yang paling sering yaitu AC yang kurang dingin. Masalah-masalah tersebut tentu akan cukup mengganggu perjalanan saat menggunakan mobil. jika kondisi cuaca yang memaksa kita butuh akan AC mobil yang baik. 

Pada kesempatan kali ini merupakan tips cara merawat AC mobil supaya tetap dingin:
  • Hal yang paling utama yaitu tetap Jaga kebersihan karpet atau lantai mobil. Kebersihan lantai mobil menjadikan udara di dalam kabin mobil juga ikut bersih dan terjaga. Dengan demikian, filter AC tidak bekerja terlalu keras untuk menyaring debu dan kotoran, dan juga tidak cepat kotor.
  • Pada saat mencuci mobil, jangan lupa untuk membuka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak didepan radiator) debu atau kotoran yang menempel jika dibiarkan akan mengeras  dan bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor. Hal ini merupakan kerusakan yang fatal jika sudah terjadi kebocoran akibat korosi.
  • Pada saat memarkirkan mobil jangan lupa memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama, kalau di tempat panas biasanya ketika pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.
  • Pada saat menempuh perjalanan jauh, jangan lupa untuk matikan AC beberapa saat, lalu hidupkan kembali. Tujuannya untuk mengistirahatkan AC supaya tidak terus-menerus mendinginkan kabin mobil, dan menghindari pembekuan pada saluran pendingin pada AC.
  • Selalu memastikan extrafan kipas yang berada didepan condensor selalu hidup ketika AC dalam kondisi hidup. Extrafan yang mati dalam kondisi AC hidup dapat beresiko merusak kompresor atau bahkan mengakibatkan selang kompresor meledak
  • Jangan pernah merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori Evaporator nikotin pada AC yang lengket dan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah hilang.
  • Pastikan AC dalam kondisi mati pada saat menghidupkan mesin mobil. Hal ini berlaku sebaliknya, matikan AC sebelum mesin mobil dimatikan. Karena tenaga yang dibutuhkan untuk menyalakan mobil cukup besar.
  • Selalu melakukan perawatan AC secara rutin untuk memeriksa semua kondisi komponen AC. Mulai dari Receiver Dyer, Condensor, CompresorE, vaporator hingga Freon (pastikan freon tidak habis).
Demikianlah tips cara merawat AC mobil agar AC selalu dalam kondisi baik. Perawatan secara berkala pada AC mobil dapat memberikan manfaat AC mobil lebih tahan lama juga membuat udara yang keluar dari AC akan lebih dingin, segar dan beraroma sehat.


***
Tag : Automotive
0 Komentar untuk "8 Cara Merawat AC Mobil Supaya Tetap Dingin"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top