Keuntungan dan Kerugian Modifikasi Velg Besar Pada Mobil

Keuntungan dan Kerugian Modifikasi Velg Besar Pada Mobil

Keuntungan dan Kerugian Modifikasi Velg Besar Pada Mobil - Keputusan untuk memodifikasi kendaraan pribadi biasanya karena didasari dengan tujuan tertentu. Dengan adanya memodifikasi kendaraan khususnya mobil, tampilannya akan menjadi lebih menarik, indah dipandang, dan memuaskan pemilik kendaraannya maupun orang di sekelilingnya

Modifikasi umum pada mobil biasanya pada pemasangan stiker body mobil, pemasangan aksesoris eksternal seperti perangkat audio, body kit, menambah lampu strobe di depan maupun di belakang hingga penggantian velg dari ukuran standard hingga ukuran yang lebih besar. Untuk melakukan modifikasi tertentu, terutama pada bagian velg supaya menjadi lebih besar, pasti memiliki pengaruh dari segi kelebihan maupun kekurangannya. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dan kerugian dari memodifikasi velg besar pada mobil.

Keuntungan: 

1. Terlihat lebih gagah 

 Terlihat lebih gagah

Selain membuat penampilan mobil anda menjadi lebih macho, gagah, atau terlihat lebih laki-laki, variasi velg besar pada mobil juga memungkinkan mobil untuk melewati jalanan dengan medan sulit seperti berundak-undak atau tidak rata karena body mobil jadi lebih terangkat naik.

2. Meningkatkan performa pengereman 

Meningkatkan performa pengereman

Dimensi velg yang lebih besar dari ukuran biasanya ini berdampak positif bagi performa pengereman yang lebih meningkat, karena ban dengan dimensi yang lebih luas ini akan lebih mencengkeram ke aspal. Jarak pengereman pun bisa lebih pendek lagi, misalnya bila menggunakan ban standar membutuhkan waktu kurang lebih 15 detik, maka anda hanya akan membutuhkan waktu sekitar 7-8 detik dengan velg berdimensi besar ini.

Kerugian:

1. Borosnya bahan bakar 

Borosnya bahan bakar

Mobil yang menggunakan ukuran velg yang lebih besar otomatis akan lebih boros, hal ini dikarenakan mobil harus bekerja lebih keras ketika melakukan penggerakan. Oleh karena gunakanlah velg ukuran standar jika anda ingin menghemat bahan bakar. 

2. Berkurangnya kenyamanan saat berkendara 

Berkurangnya kenyamanan saat berkendara

Perubahan velg yang lebih besar biasanya diikuti dengan melakukan penggantian dimensi ukuran ban yang semula tebal menjadi tipis. Penggantian dimensi ukuran ban ini digunakan untuk menjaga dimensi lingkar luar roda tetap sama. Namun, sebenarnya fungsi ban adalah sebagai peredam, dengan mengganti ukuran velg dan ban menjadi lebih tipis akan membuat peredaman yang dilakukan oleh ban menjadi berkurang dan kurang efektif. 

Diatas merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan jika anda mengganti velg mobil anda dengan ukuran yang lebih besar. Oleh karena itu kami menyarankan agar anda memikirkan matang-matang terlebih dahulu, sebelum mengganti velg mobil anda, dan pastikan anda memilih dan menggunakan ukuran velg yang sesuai dengan jenis mobil anda.

***
Tag : Automotive
0 Komentar untuk "Keuntungan dan Kerugian Modifikasi Velg Besar Pada Mobil"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top