Alat Pelindung Diri (APD) Tubuh Pada Penerapan K3


Alat Pelindung Diri (APD) Tubuh Pada Penerapan K3

Alat Pelindung Diri (APD) Tubuh Pada Penerapan K3 - Pada dasarnya alat pelindung diri merupakan alat atau perlengkapan yang wajib digunakan untuk melindungi dan menjaga keselamatan pekerja pada saat melakukan pekerjaan yang mempunyai potensi bahaya atau resiko kecelakaan kerja. Alat pelindung diri (APD) yang harus digunakan sesuai dengan potensi bahaya, sehingga efektif untuk melindungi pekerja sebagai penggunanya. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan kepada anda mengenai alat pelindung diri (APD) Tubuh pada penerapan K3.

Pengertian Alat Pelindung Tubuh
Alat pelindung tubuh adalah kelengkapan yang wajib digunakan tubuh untuk menjaga keselamatan pekerja dari bahan-bahan kimia, ketinggian, hujan, alat transportasi dan lain sebagainya yang bisa mencelakai pekerja itu sendiri maupun orang disekelilingnya. Kenapa harus menggunakana APD? sedangkan tidak menggunakan APD kita masih bisa bekerja bahkan lebih cepat mengerjakannya, Alasan yang jelas yaitu:
  • Melindungi tenaga kerja apabila usaha rekayasa (Engineering) dan administrative tidak dapat dilakukan dengan baik.
  • Meningkatkan efektifitas dan prosuktivitas kerja
  • Menciptakan lingkungan kerja yang aman
Macam-Macam APD

Jenis-Jenis Alat Pelindung Tubuh

1. Pakaian Pelindung

Pakaian Pelindung

Pakaian ini berfungsi untuk melindungi pekerja dari bahaya terkena papran api, panas, bahan kimia reaktif, air dan arus listrik ketika bekerja.

2. Safety Belt

Safety Belt

Safety Belt digunakn untuk alat pengaman ketika menggunakan alat transportasi ataupun peralatan kain yang serupa (mobil,pesawat,alat berat, dan lain sebagainya)

3. Safety Harness

 Safety Harness

Alat ini berfungsi sebagai pengaman pada saat bekerja di ketinggian. Diwajinkan menggunakan alat ini di ketinggian lebih dari 1,8 meter.

4. Rain Coat

Rain Coat

Berfungsi untuk melindungi dari percikan air pada saat bekerja (misal bekerja pada waktu hujan atau sedang mencuci alat).

5. Float Jacket
Float Jacket

Float Jacket digunakan untuk membantu pemakai, baik secara sadar atau bahkan sadar untuk tetap mengapung dengan mulut dan hibung berada di atas permukaan air atau pada saat berada di dalam air.

6. Apron
Apron
Bagian dalam dada merupakan bagian yang sangat peka terhadap pengaruh panda san sinar yang tajam. Untuk melindungi bagian dalam dada tersebut digunakan perlindungan dada yang dipakai setelah baju las.

***
0 Komentar untuk "Alat Pelindung Diri (APD) Tubuh Pada Penerapan K3"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top