Tips Belajar Menjadi Fotografi Menggunakan Kamera Smartphone

Tips Belajar Menjadi Fotografi Menggunakan Kamera Smartphone

Tips Belajar Menjadi Fotografi Menggunakan Kamera Smartphone - Sadar atau tidak, sekarang zaman mulai berubah, kita hidup dalam dunia yang serba modern. Kalau dulu kamera handphone (ponsel) hanya untuk menelepon dan mendengarkan musik, maka sekarang ini, seiring dengan pesatnya perkembangan dunia teknologi, ponsel sudah bisa digunakan untuk mengabadikan setiap momen indah yang kita jumpai.

Dengan terus bertambahnya kemampuan yang ada pada kamera handphone (ponsel). Maka jumlah penggunanya pun semakin meningkat. Memangsih hasil yang didapat menggunakan kamera smartphone masih terbatas, bukan hanya karena kualitas kameranya saja, Namun cara atau teknik yang kita gunakan. Tidak peduli kualitas dari kamera yang kita gunakan apapun itu, jika digunakan dengan benar dan sesuai maka hasil yang di dapat tidak akan mengecewakan.

Buat kalian yang gemar dengan dunia pemotretan (Fotografi). Namun tidak memiliki budget yang cukup untuk membeli kamera, maka kalian bisa memanfaatkan kamera smartphone yang kalian miliki. Tips dibawah ini akan membantu kalian agar dapat memaksimalkan penggunaan kamera smartphone yang kalian miliki, sehingga menghasilkan sebuah foto yang berkualitas.

1. Gunakan Pencahayaan Dengan Benar

Gunakan Pencahayaan Dengan Benar

Tips yang pertama yaitu memanfaatkan pencahayaan yang ada dilingkungan sekitar dengan benar dan tepat. Semakin baik pencahayaan pada subjek yang akan anda ambil, maka semakin jelaslah gambar yang anda peroleh. Jika memungkinkan, ambilah gambar diluar ruangan atau nyalakan lampu yang memiliki tingkat pencahayaan yang cukup bagus saat hendak melakukan pengambilan gambar di dalam ruangan. Jika anda memanfaatkan lampu kamar untuk memberi pencahayaan tambahan, Waspadalah, karena cahaya yang berlebihan dapat menyilaukan foto anda. Jika hal itu terjadi, pertimbangkan untuk bereksperimen dengan white balance dalam memanipulasi jumlah cahaya yang muncul pada foto anda.

2. Mengetahui Kemampuan dan Batasan Kamera HP Anda
Sebagai seorang yang gemar memotret dengan kamera handphone (ponsel), mencari tahu kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh smartphone anda merupakan suatu keharusan karena hal tersebut bisa menolong anda dalam memilih moment yang tepat saat anda ingin mengambil sebuah foto / gambar. Contohnya saya mengetahui kamera Iphone saya tidak bagus untuk mengambil foto pada keadaan malam hari, karena akan terlihat buram pada saat saya mengambilnya. sebagai alternatifnya saya mengambil sebuah foto / gambar pada siang hari dan tidak lupa untuk memanfaatkan pencahayaan yang ada di sekitar seperti cahaya matahari.

3. Mengatur Fokus

Mengatur Fokus

Hal yang sangat penting untuk diperhatikan pada saat anda akan mengambil sebuah subjek foto yaitu memastikan bahwa subjek anda berada dalam fokus yang tajam. Untuk mengaturnya pada kamera smartphone contohnya seperti Iphone, anda cukup menekan layar dimana subyek berada dalam frame. Sebuah kotak kuning kecil akan muncul untuk mengkonfirmasi titik fokus. Jika subyek berpindah, pastikan anda untuk terus menyentuh layar sebelum memotret, agar subyek yang anda fokuskan tetap berada dalam keadaan fokus.

4. Menggunakan Sudut Panda yang Berbeda
Untuk menghasilkan sebuah foto yang indah, seorang fotografer harus memilik ide yang kreatif agar selalu melihat beberapa titik alternative (sudut pandang) saat akan mengambil foto di setiap lokasi. Sudut pandang yang biasa saja akan menghasilkan gambar yang biasa saja dan kebanyakan seorang fotografi pemula akan mengambil gambar pada saat posisi yang sudah umum dilakukan. Karena hal tersebut, cobalah untuk mengambil gambar dari sudut yang tidak biasa, Contonya pada saat akan mengambil foto, anda akan berbaring atau jongkok agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan hal tersebut, kita akan memberikan sentuhan yang berbeda terhadap hasil karya kita yang sudah di dapat.

5. Sering Melakukan Pemotretan
Pada saat anda melakukan sebuah kegiatan fotografi maka lakukanlah pemotretan sesering mungkin, karena dari hasil pemotretan yang kita dapat, kita akan mudah untuk memilih mana subyek yang bagus untuk dipilih mana subyek yang bagus dengan kategori yang unik menurut kita sendiri. Hal tersebut dapat membuat kita lebih mudah dan lebih banyak referensi foto yang dapat kita pilih. Kemudian, Pada saat anda pergi, bawalah kamera smartphone anda kemanapun anda pergi, ambil gambar sebanyak mungkin dan cobalah untuk bereksperimen dengan sudut pandang yang tidak biasa agar menghasilkan sebuah foto yang menarik dan unik.

6. Lensa Kamera Harus Bersih
Salah satu tantangan yang dimiliki pada kamera smartphone adalah menjaganya supaya tetap bersih. Smartphone yang sering di simpan disaku celana, di tas dan digunakan pada berbagai macam cuaca dan kondisi. Dapat mengakibatkan lenda pada kamera anda akan menjadi kotor, sehingga dapat dengan mudah untuk rusak.

Lensa Kamera Harus Bersih

Bekas sidik jari merupakan masalah umum pada lensa smartphone anda, terutama jika anda sedang melakukan panggilan telepon, maka sidik jari yang menyentuh lensa anda akan menimbulkan bekas sidik jari. Oleh sebab itu bersihkanlah lensa pada smartphone anda menggunakan kain lembut (kain halus yang biasa digunakan untuk membersihkan kaca) setiap kali mau menggunakannya.

7. Posisikan Kamera Smartphone dengan Benar
Pada saat anda akan mengambil sebuah foto maka anda harus memposisikan kamera anda terlebih dahulu, Semakin bagus posisi kamera pada saat akan mengambil foto, maka semakin bagus foto yang akan kita dapat. Tidak ada orang yang akan mau mendapatkan hasil foto yang kabur dan buram. Oleh sebab itu, usahakan pada saat akan mengambil foto, tangan anda tetap tenang selama proses pengambilan gambar, dan jika memungkinkan untuk manfaatkan suatu benda yang lebih stabil sebagai sandaran tangan. Contohnya memanfaatkan tempat yang datar, dinding dan lain sebagainya.

8. Menggunakan Resolusi yang Tinggi
Sebagian kamera smartphone dapat digunakan untuk merubah setting resolusi yang tinggi, supaya gambar yang didapat memiliki tingkat ketajaman yang cukup baik dan tidak mudah terkena Shake. Gunakanlah resolusi yang tinggi ketika anda hendak mengambil gambar dengan kamera anda. Karena, semakin anda merubah settingan resolusi yang digunakan, maka foto yang dihasilkan lebih besar dan mempunyai rincian yang lebih banyak. Namun, perlu di ingat kembali bahwa semakin tinggi resolusinya, maka semakin besar pula memory foto yang dibutuhkan untuk menyimpan foto tersebut. Selain itu pada saat anda akan menyimpan foto yang sudah anda dapat dengan resolusi yang tinggi, maka proses penyimpanan foto membutuhkan waktu yang cukup lama.

9. Terus Belajar Untuk Menghasilkan Komposisi yang Pas
Dalam dunia fotografi, komposisi itu penting. Karena pengetahuan yang benar tentang komposisi akan menolong anda untuk menghasilkan gambar yang bagus. Memangsih untuk mempelajari komposisi tidaklah mudah, namun tanpa komposisi sangat sulit untuk menciptakan sebuah gambar yang bagus. Oleh sebab itu, untuk memudahkan anda dalam mengatur komposisi, cobalah untuk pikirkan kembali apakah objek, latar dan benda yang ada di sekitar Frame sudah cocok atau tidak. Hal tersebut akan menolong anda untuk menghasilkan hasil yang maksimal.

Mungkin dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahawa mengambil gambar dengan menggunaakan kamera smartphone sangatlah praktis dan lebih mudah, walaupun hasil yang di dapat tidak sebagus dengan kamera DSLR atau SLR. Setidaknya bisa sedikit memuaskanlah. Demikian Tips belajar menjadi fotografi menggunakan kamera smartphone yang bisa saya bahas, sekiranya artikel ini bisa bermanfaat dan memberikan sedikit referensi buat anda dalam menggunakan kamera smartphone.

***
3 Komentar untuk "Tips Belajar Menjadi Fotografi Menggunakan Kamera Smartphone"

Cukup keren buat kalangan yang masih menggunakan ponsel sebagai kamera utama untuk menjadi fotographer

Cari sesuatu yang abstrak kalo mau blajar foto

camera smartphone tentunya juga harus mendukung dong

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top