Jenis-Jenis dan Fungsi Mata Bor Kayu

Jenis-Jenis dan Fungsi Mata Bor Kayu

Jenis-Jenis dan Fungsi Mata Bor Kayu - Seperti yang kita ketahui, mata bor memiliki banyak jenis dan kegunaannya. Mulai dari mata bor yang digunakan untuk membuat lubang pada logam (besi), mata bor yang digunakan untuk membuat lubang pada tembok (Beton) dan mata bor yang biasa digunakan untuk membuat lubang pada kayu. dari ke 3 golongan mata bor tersebut, ada beberapa jenis yang mungkin belum kita ketahui dari masing-masing golongan tersebut. Untuk lebih paham diantara ke tiga golongan tersbeut, berikut ini kita akan membahas lebih dekat jenis-jenis dan Fungsi Mata Bor Kayu. Sebelum membahas mata bor kayu, ada 2 jenis yang terbagi pada mata bor kayu, yaitu Jenis mata bor berdasarkan bahan dan jenis mata bor khusus berdasarkan fungsi/kegunaan.

Jenis Mata Bor Berdasarkan Bahan
Jenis Mata Bor Berdasarkan Bahan

Mata bor memiliki banyak struktur bahan yang digunakan sebagai elemen dasar pada mata bor tersbeut, bahan-bahan tersebut dibuat tergantung dengan kekerasan bahan pada benda kerja. Berikut ini merupakan jenis mata bor berdasarkan bahan yang digunakan

1. Baja - Soft Low Carbon Steel
Pada mata bor yang sering ditemui di toko-toko bangunan, ada yang terbuat dari bahan baja - soft low carbon steel. Harganya mungkin lebih murah dibandingkan dengan jenis-jenis mata bor yang lain. Harganya yang murah, mata bor ini harus sering di asah, karena mata bor jenis ini lebih cepat tumpul. Untuk kegunaan pada bahan ini, biasanya digunakan untuk pemakaian triplek/multiplek dan kayu-kayu yang tidak terlalu keras. Jika dipakai untuk kayu jati pasti lebih cepat tumpul.

2. Baja - High Carbon Steel 
Mata bor jenis ini lebih bagus dari pada mata bor soft Low Carbon Steel. Bahannya lebih keras dan dapat digunakan untuk kayu dan besi. Wajar bila bahan mata bor jenis ini lebih kuat.  Karena jumlah carbon yang ada pada mata bor ini lebih tinggi.

3. Baja - High Speed Steel (HSS)
Bahan dari mata bor baja - HSS bisa dibilang mata bor yang sangat keras dan lebih tahan terhadap panas, Bahan mata bor ini sangat cocok digunakan untuk kayu yang keras. Selain kayu, mata bor HSS juga dapat digunakan pada benda kerja yang berbahan besi/ Metal. Untuk mendapatkan bahan mata bor ini cukup mudah, di toko bangunan biasanya ada yang menjual mata bor HSS. Untuk harganya cukup mahal dibandingkan dengan ke dua mata bor di atas.

4. Baja - Cobalt Steel alloy
Mata bor jenis ini sebenarnya bahannya sama dengan mata bor HSS, Namun kandungan cobalt pada mata bor jenis ini lebih banyak di bandingkan dengan mata bor HSS. Jadi kekerasan pada mata bor ini lebih keras dibandingkan dengan mata bor HSS. Untuk penggunaannya, mata bor Cobalt biasanya digunakan untuk bahan yang keras seperti besi dan Stainless Steel.


Jenis Mata Bor Khusus Berdasarkan Fungsi/Kegunaannya
Berikut ini, saya akan membahas mata bor kayu yang khusus berdasarkan fungsi/kegunaannya

1. Twist Bit


Twist Bit

Mata bor jenis ini merupakan maa bor universal yang dapat digunakan pada kayu, besi/metal dan plastik. Jadi penerapannya umum digunakan pada benda kerjamanapun. Mata bor ini banyak ditemukan di toko bangunan dan toko yang menjual perkakas.

2. Wood Spade Bit (Mata Bor Kipas)


Wood Spade Bit (Mata Bor Kipas)

Mata bor jenis ini bentuknya lebih unik jika dilihat. Pada bagian depan, bentuk dari mata bor ini pipih dan ada bagian yang runcing di bagian ujungnya, pada sisi lainnya tidak memiliki spiral seperti pada mata bor umumnya. Untuk kegunaannya, mata bor jenis kayu ini biasa digunakan untuk membuat lubang yang besar.

3. Forstner Bit


 Forstner Bit

Mata bor jenis ini biasanya digunakan untuk membuat lubang pada kayu, baik lubang tembus atau tidak. Biasanya mata bor ini digunakan pada mesin bor duduk (Drill Press). Karena getarannya yang cukup kuat sehinggasulit untuk stabil jika menggunakan bor tangan.

4. Countersink Bit


Countersink Bit

Mata bor jenis ini digunakan untuk membuat cekungan pada lubang yang sudah di bor, dengan tujuan supaya kepala sekrup bisa masuk dan rata dengan permukaan kayu. Yang saya ketahui ada 2 jenis pada mata bor ini, yaitu Countersink yang digunakan untuk membuat cekungan saja. Jadi sebelumnya harus di bor terlebih dahulu. Jenis yang kedua yaitu Countersink tambahan yang bisa dipasang di mata bor kayu biasa, jadi ada saatpengeboran, langsung membuat lubang Countersink.

5. Self Center Bit
Self Center Bit

Mata bor jenis ini digunakan untuk membuat lubang sekrup dengan presisi, contohnya untuk membuat lubang sekrup untuk engsel.

6. Auger Bit
 Auger Bit

Mata bor Auger Bit memiliki ciri-ciri sangat panjang dan mempunyai jarak spiral yang cukup lebar. Selain itu untuk membuat lubang, mata bor ini juga biasa digunakan untuk membersihkan ampas kayu pada lubang yang sudah di bor.

7. Holes Saw Bit


Holes Saw Bit

Jenis mata bor ini biasanya digunakan untuk membuat lubang tembusan pada kayu, biasanya lubang tersebut akan dibuat cukup besar. Tidak seperti mata bor forstner yang memangkas habis kayu yang ada di dalam diameter mata bornya. Untuk mata bor Hole Saw akan menyisakan potongan kayu didalam casingnya. Jadi mata bor ini juga bisa digunakan untuk membuat lingkar seperti ban mobil mainan.

 8. Brad Point Bit
Brad Point Bit

Mata bor Brad Point Bit adalah mata bor yang paling familiar diantara bor yang lainnya, karena mudah didapatkan dan di jumpai, serta mata bor jenis ini memiliki harga yang relatif murah. Ciri khas pada mata bor jenis ini yaitu, memiliki ujung yang runcing dan tajam.


Mungkin cukup sekian pembahasan kita mengenai Jenis-Jenis dan Fungsi Mata Bor Kayu. Jika ada pertanyaan maupun saran bisa langsung comment pada kolom dibawah ya, Salam anak Teknik!!

***
Tag : Mechanical
0 Komentar untuk "Jenis-Jenis dan Fungsi Mata Bor Kayu"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top