Cara Menggunakan Mesin Bor yang Aman

Cara Menggunakan Mesin Bor yang Aman

Cara Menggunakan Mesin Bor yang Aman - Mesin bor merupakan Hand Power Tool yang digunakan untuk membuat lubang pada benda kerja, mulai dari yang berbahan Kayu, Besi bahkan Beton juga bisa dilubangi menggunakan mesin ini. Untuk mengoperasikan mesin ini diperlukan pengetahuan tentang cara menggunakan mesin bor dengan aman. Untuk mesin bor dengan fitur tertentu, anda perlu juga membaca mengenai keamanan penggunaan di buku manual mesin bor yang anda beli.

Sebelum memulai menggunakan mesin bor, pastikan anda mengerti terlebih dahulu bagian-bagian mesin bor yang digunakan, Bagian-bagian umum yang ada pada mesin bor. Selanjutnya, kita akan membahas tentang cara menggunakan mesin bor yang benar.

Persiapan Pengeboran

1. Gunakan selalu alat pelindung diri (APD) seperti menggunakan masker untuk pernafasan, Kacamata pelindung untuk melindungi matadari serpihan debu, dan Sarung tangan. Hal ini dilakukan untuk melindungi diri dari segala bentuk ketidak selamatan pada saat bekerja.Oleh sebab itu, lebih baik anda mengenakan semua APD dari proses awal hingga selesai.

APD

2. Jangan menggunakan perhiasan atau aksesoris yang dapat mengganggu pada saat Anda sedang bekerja. Hal ini bertujuan karena aksesoris yang dikenakan bisa saja mencelakai anda pada saat anda sedang melakukan pekerjaan.

3. Memilih mata bor yang sesuai dengan bahan dari benda kerja. Hal ini perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang efisien dan menghindari dari patahnya mata bor karena material yang di bor lebih keras dari pada bahan yang ada pada matabor. Contohnya, anda ingin melubangi sebuah beton (Semen), maka anda harus menggunakan mata bor yang dikhususkan untuk melubangi semen. Jangan menggunakan mata bor yang digunakan untuk melubangi besi, bisa saja mata bor yang anda gunakan patah.

4. Pasang mata bor pada cengkram mesin bor atau biasa disebut dengan (chuck). Kencangkan dengan kunci cengkam (Chuck-Key) yang biasanya disertakan dalam kemasan mesin bor. Pastikan mata bor berada pada posisi di tengah-tengah. Jika mata bor membengkok pada saat digunakan, kemungkinan posisi mata bor yang anda pasang tidak Center.

Mengencangkan Chuck

5. Jika anda mengebor benda yang kecil. Maka gunakan ragum untuk menjepit benda kerja. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari tergelincirnya benda kerja tersebut, sehingga dapat merusak mata bor maupun benda kerja.

6. Memasang kabel stop kontak mesin bor ke stop kontak. Pastikan stop kontak tersebut mempunyai aliran listrik yang cukup. Jangan menarik kabel dari badan kabel. Tariklah dari kepala stop kontaknya, hal ini diperuntukan supaya tembaga pada kabeltidak putus.

7. Sebelum melakukan pengeboran, pastikan area pada saat anda akan mengebor dalam keadaan kering dan tidak tergenang oleh air. Hal ini supaya anda terhindar dari kecelakaan kerja tentang bahaya kelistrikan. Jika anda harus melakukan pengeboran di tempat yang basah, maka anda bisa menggunakan mesin bor nirkabel (Wireless).

Mengebor Dengan Aman

1. Pada saat anda akan mengebor, mulailah dengan memberi tanda pada benda kerja yang akan anda bor. Hal ini bertujuan supaya pada saat anda akan mengebor tidak melenceng dengan titik yang sudah anda tentukan sebelumnya. Kemudian pada saat anda akan mengebor, gunakan mata bor mulai dari yang kecil, lalu bertahap mengganti mata bor yang besar. Tujuannya supaya hasil yang di dapat bisa lebih bagus lagi.

2. Pada umunya, posisi bor tegak lurus pada bidang material yang dibor. Pegang dengan mantap dan berilah dorongan ke depan, supaya pada saat mengebor lubang yang didapat tidak berbelok.

3. Ada beberapa mesin bor yang mempunyai fitur pengaturan kecepatan putar. Pilihlah kecepatan putaran yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jika saat mengebor, mesin bor sulit untuk di dorong maju, Maka kecepatannya kurang. Jika mudah sekali maju, berarti kecepatan putarnya terlalu berlebih.

4. Hati-hati pada saat menggunakan mesin bor, karena mata bor mudah panas. Jika pekerjaan pengeboran sekaligus banyak atau material yang di bor cukup keras. Berilah jeda pada setiap pengeborannya, supaya mata bor dapat menjadi dingin sebelum pengeboran dilanjutkan. Hal ini dilakukan supaya usia pakai mata bor anda dapat menjadi lebih lama dan tidak mudah untuk patah.

5.  Jika pada saat anda melakukan pengeboran, lalu mata bor yang anda gunakan tersangkut. Jangan langsung mencabut mesin bor dari lubang. Dinginkan sejenak dan lepaskan mesin bor dari mata bor dengan mengendurkan cengkram. Lalu cabut mata bor dengan peralatan lain seperti tang cucut. Cabut perlahan-lahan supaya sisi lubang hasil pengeboran pada material tidak rusak.

6. Jika anda ingin mengganti mata bor sehabis digunakan, pastikan terlebih dahulu temperaturnya sudah dingin sebelum anda pegang untuk melepaskannya.

Mengganti mata bor


7. Bersihkan mesin bor dan mata bor setelah digunakan. Cabut kepala kabel dari stop kontak, lalugulung kabel dan simpan ditempat yang kering.

***
Tag : Mechanical
0 Komentar untuk "Cara Menggunakan Mesin Bor yang Aman"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top