Jenis-Jenis dan Fungsi Palu

Jenis-Jenis dan Fungsi Palu

Jenis-Jenis dan Fungsi Palu - Palu atau biasa disebut dengan martil adalah sebuah alat perkakas tangan yang digunakan untuk memukul benda kerja, Seperti yang kita ketahui, palu memiliki 2 bagian yaitu kepala dan tangkai yang masing-masing bagian memiliki perannya masing-masing. Pada bagain kepala biasanya terbuat dari baja, plastik, karet, kayu dan tembaga. sedangkan pada bagian tangkai biasanya terbuat dari kayu.

Jenis-Jenis Palu
Palu memiliki beberapa jenis, masing-masing dari jenis tersebut mempunyai perannya masing-masing. Pada jenis-jenis palu, memiliki bahan dan struktur yang berbeda untuk mengolah / memukul benda kerja. Unuk mengetahui jenis-jenis tersebut, yuk langsung kita bahas :

1. Palu Bulat (Palu Konde)
Palu Bulat (Palu Konde)
Pada palu ini memiliki 2 bagian pada kepala palu, yaitu bagain yang rata dan bagian yang bulat, pada bagian yang rata biasanya digunakan untuk memukul benda kerja, sedangkan pada bagian yang bulatdigunakan untuk membuat cekungan pada benda kerja.

2. Palu Karet
Palu Karet
Palu ini umumnya digunakan untuk mengerjakan / mengolah benda kerja yang berbahan plat, contohnya untuk meratakan permukaan plat tanpa meninggalkan goresan. Palu ini bisa juga digunakan untuk membuat siku pada plat dengan cara memukul plat pada cetakan sikuhingga plat berbentuk siku.

3. Palu Plastik
Palu Plastik

Palu plastik biasa digunakan untuk memukul benda kerja yang memiliki karakteristik lunak. Tujuan dari pemakaian palu ini supaya benda kerja tidak tergores atau pecah.

4. Palu Tembaga
Palu Tembaga

Palu jenis ini biasanya digunakan untuk pekerjaan perbaikan, Contohnya pada bagian-bagian mesin listrik yang tertancap tanpa merusak bagian-bagian mesin tersebut. Tembaha pada kepala palu memiliki sifat yang lebih lunak dari pada bahan yang terbuat dari besi. Setelah lama dipergunakan, kepala palu tembaga akan menjadi lebih keras, Untuk memperlunak kepala palu, bisa dilakukan pemijaran terhadap kepala palu tersebut.

5. Palu Paku  (Nail Hammer)
Palu Paku  (Nail Hammer)

Pada palu jenis ini terdiri dari 2 bagain pada kepala palunya, yaitu bagian depan yang rata dan bagain cakar. Pada bagian rata biasanya digunakan untuk memukul paku, sedangkan pada bagian cakar digunakan untuk mencabut paku.

***
Tag : Mechanical
0 Komentar untuk "Jenis-Jenis dan Fungsi Palu"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top