Pengertian Mobil Hybrid


Pengertian Mobil Hybrid - Mobil Hybrid atau bisa dibilang Hibrida adalah kendaraan yang menggunakan dua jenis Teknologi untuk sumber tenaganya. Biasanya mobil Hybrid mengacu pada sebuah mobil yang memiliki mesin bensin konvensional serta baterai sebagai sumber tenaganya. Salah satu sumber tenaga ini mungkin menjadi sumber daya utama dalam sistem penggeraknya dan yang lainnya berfungsi sebagai cadangan, atau kendaraan yang menggunakan satu sumber dalam situasi tertentu dan menggunakan yang lain dalam situasi yang berbeda. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan artikel berikut ini.

Kendaraan Hibrida (hybrid) adalah kendaraan yang menggunakan 2 atau banyak sumber tenaga untuk menggerakan mesin atau kendaraan tersebut. Biasanya kendaraan ini lebih umum digunakan (HEV) atau kendaraafn listrik hibrida yang menggabungkan sebuah mesin pembakaran dalam dengan satu atau banyak motor listrik. Sedangkan untuk Kendaraan Listrik Hibrida (Hybrid Electric Vehicle) HEV adakah jenis kendaraan yang menggabungkan sistem daya gerak mesin pembakaran dalam konvensional dengan sistem daya gerak listrik. Tujuan dari penggabungan sumber daya tersebut untuk menghemat bahan bakar atau meningkatkan performa yang lebih baik. Biasanya HEV yang paling umum adalah mobil listrik hibrida, Bus Listrik Hibrida dan Truk ( Pick Up dan Traktor) 

Hybrid car biasa disebut dengan mobil hibrida merupakan paduan mesin bensin/solar dengan motor listrik. Mobil hibrida memiliki banyak keunggulan, dari segi keunggulan tersebut yaitu bahan bakar yang digunakan memiliki efisiensi yang cukup tinggi sehingga penggunaan bahan bakarnya menjadi lebih hemat. Dari segi gas buang, mobil hibrida lebih unggul, bisa di bilang mobil ini menjadi mobil yang dapat mengurangi tingkat polusi udara, karena gas buang lebih baik dibandingkan dengan mobil-mobil yang lain. Dari segi mesin, walaupun pada mesin mobil Hybrid lebih baik dari mesin yang lainnya, akan tetapi mobil hibrida lebih baik dibandingkan mesin bahan bakar yang lainnya, Untuk kenyamanannya, mobil ini memiliki tingkat getaran dan suara yang rendah, jadi pada saat anda berkendara merasa lebih nyaman dan tenang.

Saat ini Produsen mobil dengan merek ternama seperti Mitsubshi, Toyota, Ford, Tesla dan masih banyak lagi sedang berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah eco car yang ramah lingkungan seperti mobil hybrid


Pada gambar diatas merupakan contoh dari part yang digunakan oleh mobil Hybrida atau Hybrid car. Berikut ini merupakan penjelasan tentang cara kerja dari Hybrid car.

Cara Kerja Mesin Hybrid Start Awal
  • Pada saat mobil dijalankan pertama kali (start) maka motor listrik yang memproleh energi dari baterai. Sementara mesin bensin masih tetap mati. Mesin bensin tidak menghasilkan torsi tinggi pada putaran rendah.
  • Kemudian Mesin bensin tidak efisien pada putaran rendah. lain halnya pada putaran rendah, motor listrik bisa menghasilkan torsi besar dan bekerja dengan efisiensi yang cukup tinggi. hal itulah yang menyebabkan mobil hybrid menggunakan listrik untuk memutar motor listrik yang disimpan dibaterai untuk menjalankan pada saat start atau jalan pelan.
Kondisi Kecepatan Normal
  • peran motor listrik sebagai penggerak utama, sementara untuk mesin bahan bakar hanya beberapa kali saja untuk membantu motor listrik
  • Baterai yang digunakan dapat memberikan energi listrik kepada motor listrik, Motor listrik menggerakan roda mobil dan mesin bahan bakar terkadang membantu penggerakan roda mobil.
Kondisi Kecepatan Tinggi
  • Ketika kecepatan tinggi, motor listrik dan mesin bahan bakar secara bersamaan bekerja untuk menghasilkan tenaga gabungan yang cukup besar.
  • Baterai memberikan energi listrik kepada motor listrik untuk menggerakan roda mobil, begitu juga pada mesin bahan bakar secara bersamaan menggerakkan roda mobil.

Kondisi Deselerasi/Saat Pengereman
  • Pada saat pengereman. Motor Listrik dalam kondisi mengisi ulang baretai, sehingga disebut dengan generator kedua. Sementara untuk mesin bahan bakar akan berhenti bekerja. Roda mobil yang berputar akan memutarkan motor listrik yang dungsinya sebagai generator kedua untuk menghasilkan energi listrik dan disalurkan ke baterai. Jadi, siklus yang terjadi akan menghasilkan Charging pada baterai

Kesimpulan

Pada Mobil Hybrid, hampir mendekati kata sempurna, dikatakan sempurna karena memiliki banyak keunggulan, seperti bahan bakat yang hemat, getaran dan suara yang kecil, ramah lingkungan / ECO Car, Perawatan yang mudah dan masih banyak lagi.

Jangan lupa berkunjung ya!!!
Tag : Automotive
3 Komentar untuk "Pengertian Mobil Hybrid"

Mantap penjelasannya, saya jadi mengerti maksudnya. terima kasih.

Mantap penjelasannya, saya jadi mengerti maksudnya. terima kasih.

Terimakasih..sangat bermanfaat ilmunya..

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top