Cara Memprogram Servo dengan Arduino

Cara Memprogram Servo dengan Arduino

Cara Memprogram Servo dengan Arduino - Mungkin ada yaang tidak asing dengan yang namanya Servo dan Arduino, Servo adalah sebuah motor yang tergolong arus searah (DC) yang dapat diatur dengan mudah berdasarkan derajat. Di dalam Servo sudah terdapat Potensio, Gear Box dan rangkaian untuk Servo sendiri. Sedangkan Arduino adalah sebuah pengendali mikro-single-board yang bersifat open-source yang di turunkan dari wiring platform dan di rancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang, pada hardwarenya memiliki sebuah prosesor ATMEL AVR dan sebuah software dengan bahasa pemrograman sendiri. pada definisi di atas mungkin udah ada yang tau pengertian dari ke duanya, Lanjut ke pembahasan servo.

Servo bergerak berdasarkan sinyal pulse yang dikirimkan pada bagian input servo. Sedangkan di arduino, Sinyal Pulse dikirim berdasarkan derajat, Contohnya kita mengirim 20 derajat, maka servo akan berada di posisi 20 derajat, kemudian kita kirim pada 90 derajat maka akan bergerak ke posisi 90 derajat, begitu juga seterusnya. Untuk jenisnya, Servo ada yang bisa berputar secara Continue atau berputar 360 derajat, ada juga yang berputar maximal 180 derajat. 

Untuk memprogram sebuah servo apa saja alat yang di butuhkan?
  • 1 buah Arduino
  • 3 buah Kabel Jumper Male to Male 
  • 1 buah Micro Servo SG90
Kemudian, gambar di bawah ini adalah contoh rangkaian yang harus kalian rangkai.

Arduino dan Servo
Jika sudah dirangkai seperti pada gambar di atas, selanjutnya kita masuk ke bagian pemrograman terlebih dahulu. Untuk pemrogramannya sendiri, Servo akan menggunakan Library yang sudah tersedia atau bawaan aplikasi arduinonya. Jadi kalian tidak perlu repot-repot add library.

Silahkan Copy atau ketik ulang Sketch dibawah ini :



#include <Servo.h>
Servo servoku;
void setup(){
  servoku.attach(3);
}
void loop(){
  servoku.write(10);
  delay(1000);
  servoku.write(100);
  delay(1000);
}

Note :
  • #include <Servo.h> Digunakan sebagai pernyataan library servo pada program arduino.
  • servoku.attach(3); Mengatur pin 3 digital sebagai pin yang digunakan untuk servo pada variable servoku
  • servoku.write(10); mengatur posisi servo pada derajat ke 10, silahkan atur derajatnya sesuai kebutuhan pergerakan servo kamu.
  • Servo servoku; membuat variable servoku (bisa di ubah namanya sesuai dengan keinginan kamu).
Gimana? udah berhasil belum programnya?, Kalo udah berhasil pelajari lebih lanjut dengan menambah rangkaian tambahan lainnya, mungkin cukup sekian pembahasan kita kali ini, jika da pertanyaan atau saran bisa langsung comment pada kolom di bawah, jangan lupa untuk berkunjung pada artikel yang lainnya ya, see you and stay classic!

***
Tag : Programing
3 Komentar untuk "Cara Memprogram Servo dengan Arduino"

Program servo arduino dasar dan simple

Note : untuk program servo, pelajari terlebih dahulu sudut yang ingin di ubah

ini setau saya make program basic nya dari arduino ya gan

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top