Mengenal Pemrograman Dasar yang Wajib Diketahui

Mengenal Pemrograman Dasar

Mengenal Pemrograman Dasar - Pada dasarnya sama seperti yang kita inginkan, pasti ada banyak jalan menuju roma, dimana pada saat kita menginginkan sesuatu pasti ada jalan untuk menggapainya, Untuk menjadi Seorang Programmer harus memiliki keingin yang kuat untuk mempelajarinya. Basik dasarnya kita mengenal terlebih dahulu tentang diri kita, beberapa di antara kita tentu memiliki perbedaan dalam mempelajari Pemrograman dan ini di pengaruhi oleh banyak faktor seperti kecepatan dalam belajar, latar belakang, keadaan ekonomi dan mungkin lingkungan di sekitar kita. Selain itu, cara saya untuk bisa jatuh cinta terhadap dunia pemrograman bisa jadi berbeda dengan cara anda, dan mungkin itu pun di pengaruhi oleh faktor yang berbeda-beda.

Sesuatu yang terlebih dahulu kita pahami yaitu. tidak mungkin hari ini ingin menjadi seorang programmer, kemudian kita hanya menonton TV, kemudian tidur dan pagi harinya kita tiba-tiba bisa untuk melakukan atau membuat suatu program super keren yang mengalahkan software buatan microsoft. Tidak ada ceritanya kita sedang liburan jalan-jalan ke taman mini kemudian tiba-tiba ada seekor laba-laba yang menggit kita, kemudian kita tertidur dijalan, dibangunin oleh satpam dan setelah terbangun kita bisa melakukan programming dengan handal sambil bergelantungan di pohon. Diantara khayalan tersebut kita tau ada satu hal yang harus di sepakati, yaitu, ada sebuah proses yang harus kita lalui terlebih dahulu.

Pernah ada seseorang yang bertanya kepada saya "Kak, saya sudah lama ingin mempelajari programmer, gimana ya caranya?" kemudian saya tanya, "apa yang sudah kamu lakukan supaya bisa belajar program?" kemudian dia hanya menggelengkan kepalanya dan berkata "Belum ngapa-ngapain sih". Kemudian saya tanya lagi " sudah coba membeli buku tentang program?", dia hanya menjawab "Belum, saya pun menggelengkan kepala dan bertanya " sudah nyoba yari di internet tentang pemrograman?" dia hanya menjawab dengan gelengan kepala, saya terheran-heran kok bisa menginginkan suatu hal tapi tidak dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk menggapainya. Kembali ke awal ya guys, untuk mempelajari program butuh yang namanya proses untuk mempelajarinya.

Saya hanya ingin menyampaikan hal di atas, buat kamu yang ingin mempelajari atau bisa menguasai pemrograman, kamu harus siap dengan menjalani prosesnya, tidak ada yang instan di dunia ini, memang tidak gampang untuk bisa ahli dalam pemrogramana. Tapi, saya bisa menjamin anda akan tertarik dengan pemrograman kalau anda sependapat dengan saya. Sebenarnya Program buakanlah sebatas ilmu untuk membuat program komputer, melainkan bisa di jadikan sebagai gaya hidup, dan anda bisa menikmatinya.

Sebelum memulai, artikel ini saya tulis bukan untuk yang sudah mahir atau jago dalam pemrograman ya, tidak mungkin saya mengajarkan ikan cara untuk berenang :D. Artikel ini khusus untuk kalian yang ingin melihat keindahan dari pemrograman, dan kamu tergoda untuk mendalaminya, karena anda melihat ada secercah kebahagiaan yang bisa anda dapat pada saat anda bisa menguasai pemrograman.

Seperti yang saya bilang sebelumnya. Tidak ada yang bersifat Asbolute, seperti yang saya singgung sebelumnya di awal, ada banyak jalan menuju roma, yang mana anda dapat memilih jalan anda sendiri untuk mencapainya, saya di sini hanya mngantarkan anda ke jalan yang anda tuju. Untuk teman-teman yang sudah lama mempelahari program bisa di share bagaimana cara untuk memprogram. semoga ke depannya bisa bermanfaat.

1. Mengenal Terlebih Dahulu Apa Itu " PROGRAMMING ".

Sebelum anda melakukan sesuatu, anda harus tau terlebih dahulu mengetahui maksud dari Programming. Sama seperti anda suka seoang wanita, sebelum anda mulai untuk melakukan pendekatan, apalagi menembanya, minimal anda harus mimiliki informasi tentang dia. Misalnya anda harus tau berapa jumlah lubang hidungnya, apakah dia makan menggunakan tangan atau tidak, bagai mana cara belajarnya, apakah kakinya dua dan masih banyak yang lainnya :D. Semakin banyak anda mendapatkan informasi maka akan semakin baik dan kemudian anda akan terlelap dalam indahnya jatuh cinta.

Mengenal Terlebih Dahulu Apa Itu " PROGRAMMING "

sebagian dari kita tidak mencoba untuk mendalami apasih yang dimaksud dengan Programming, karena mungkin hanya tau sebagiannya saja, contohnya hanya tau "Programan itu cuma nulis kode di text editor dan anda bisa bikin program ". Kalau hanya mengetahui hal tersebut, wajar saja anda tidak tertarik dengan yang namnya pemrograman.

Coba anda bayangkan jika anda tau bahwa dengan adanya pemrograman anda bisa membuat sebuah program yang bermanfaat bagi orang banyak, seluruh dunia akan senang menggunakan program yang kita buat dan insyaallah anda bisa mendapatkan pahala yang berlipat ganda, bahkan anda bisa menjadi kaya raya. Anda bisa membuat perusahaan yang berbasis pemrograman atau anda bisa membuat perusahaan untuk mendukung perusahaan yang lainnya. Hal tersebut akan terderngar lebih menarik ketika anda memiliki anak dan anda ingin memberikan anak anda sesuatu yang menarik, dengan pemrograman game anda bisa membuat game khusus untuk anak anda sebagai kado ulang tahunnya. Atau anda ingin membuat website khusus keluarga anda, Atau anda ingin membuat aplikasi khusus untuk menembak pasangan anda biar lebih romatis :D. Bayangkan anda bisa melakukan hal tersebut, anda bisa membahagiakan orang disekeliling anda bahkan dunia!.

Jadi, kalau anda ingin memulai pembelajaran tentang program, saya saranin anda terlebih dahulu mengenal apa arti dari Pemrograman tersebut agar tidak tersesat di jalan nantinya :D.

2. Memilih Bahas Pemrograman.

Akhirnya kita memang harus memilih bahasa pemrograman. Banyak sekali bahasa-bahasa pemrograman di dunia ini, mulai dari bahasa mesin, bahasa tingkat rendah, bahasa tingkat tinggi, bahasa tingkat menengah. Kamu bisa langsung cek sindiri di WIKIPEDIA. Silahkan pelajari terlebih dahuu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pemrograman atau buat anda yang masih bingung saking banyaknya bahasa pemrograman yang di tawarkan dan butuh rekomendasi juga pencerahan untuk memilih? bisa mencari beberapa artikel referensi di internet kok, dunia ini luas bro :D

Memilih Bahas Pemrograman

Mungkin anda tertarik untuk mempelajari semua bahasa pemrograman? anda bisa menguasai seluruh bahasa pemrograman. Tapi, saya sarankan untuk mepelajari satu persatu bahasa pemrograman yang anda kuasai, selanjutnya untuk meningkatkan bahasa pemrograman anda bisa mengambil yang lainnya. Belajarlah algoritma dasar terlebih dahulu, caranya banyak sekali. anda bisa mempelajari melalui sebuah buku, turitorial-turitorial pemrograman di internet dan masih banyak lagi

Ingat ya bro, pelajari satu persatu sampai tuntas, jangan langsung di ambil semua, berat deh, kamu ga bakalan kuat.

3, Mulai Belajar Program.

Sekarang kamu sudah mengetahui apa itu pemrograman dan kamu sudah mulai punya bahasa pemrograman yang ingin kamu kuasai, selanjutnya pelajari dan kembangkan, untuk kedepannya.Mungkin ada banyak cara untuk mengembangkan skill pemrograman kamu, bisa melalui Buku, bisa melalui artikel di internet, turitorial pemrograman di youtube dan masih banyak yang lainnya. Atau kamu juga bisa coba belajar pemrograman dari majalah atau Ebook pemrograman Seperti CodePolitan Magazine. atau kamu ingin mengembangkan dengan cepat dan intensif bisa langsung les dengan tutor yang bisa mengajari kamu dengan cepat dan lebih mahir lagi, Semuanya tergantung dari diri kamu sendiri untuk mengembangkan cara mempelajari pemrograman.

Mulai Belajar Program

4. Membuat Program Sederhana.

Belajar saja tidak cukup, anda harus praktek apa yang sudah anda pelajari karena dengan anda praktek anda bisa mengetahui langsung di lapangan. Cobalah buat program-program sederhana. Jika anda masih sekolah, mungkin anda bisa mengaplikasikan program anda dengan diterapkan untuk mata pelajaran Matermatikamu, seperti membuat program " menghitung luas lingkaran", "Menghitung Balok". Hal itu cukup menarik untuk mengaplikasikan program yang sudah anda pelajari. Jika anda adalah seorang guru, mungkin anda bisa menerapkannya untuk membuat sebuah planet berputar, tidak harus yang serius, mungkin anda bisa membuat hal yang cukup unik dan lucu, contohnya membuat daftar nama mantan anda dan masih banyak lagi, intinya cobalah membuat sesuatu hal. Mulailah dari yang sederhana dan terapkan yang sudah kamu kuasai.

Membuat Program Sederhana

5. Selalu Update Informasi

Yang ke lima anda harus dituntut untuk mengembangkan program, anda juga harus selalu update tentang informasi, semisal anda mempelajari program yang mungkin orang lain sudah tinggal, karena ada pemrograman yang lebih menarik di bandingkan apa yang masih anda terus pelajari. Untuk mengetahui update-update mengenai hal tersebut bisa langsung mengeceknya di internet seperti Facebook, artikel-artikel yang membahas tentang pemrograman dan masih banyak lagi. Intinya anda harus selalu update informasi yang didapat.

6. Bergabung dengan Grup atau Forum Pemrograman

Tidak kalah penting, anda juga harus ikut dalam sebuah forum, di forum tersebut mungtkin anda dapat mengembangkan bakat anda atau mengembangkan skill yang anda miliki, bisa saja anda bisa menemui hal-hal baru di forum tersebut seperti teman untuk kerja sama atau anda menanyakan sesuatu yang mungkin tidak jelas, hal ini menjadi point penting untuk anda dan memang harus anda terapkan untuk kedepannya

Bergabung dengan Grup atau Forum Pemrograman

Semisal saya memiliki What's Up dan saya bergabung dengan komunitas yang anggotanya memiliki pengalaman dalam pemrograman, kemudian saya bertanya-tanya kepada yang sudah mahir program. Ini merupakan salah satu contoh yang saya terapkan sampai sekarang.

Oke, cukup sekian pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat ke depannya, ingat kawan, memamng tidak mudah mempelajari pemrograman. Kita harus belajar algoritma penuh dengan Logika yang rumit. Kita juga di dorong untuk mempelajari Bahasa pemrograman yang bahasanya tidak mirip dengan bahasa manusia. Tetap berusaha dan terus belajar dan jangan Putus asa, See You and Stay Classic.

Jangan lupa berkunjung ya!!!
Tag : Programing
2 Komentar untuk "Mengenal Pemrograman Dasar yang Wajib Diketahui"

Untuk kedepannya mungkin bisa d bahas untuk ladder diagram pada PLC

udah di bahas kok ladder diagramnya, agan bisa ngelihat di artikel sebelumnya

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top