10 Kelebihan dari PLC (Programmable Logic Controller)

10 Kelebihan dari PLC (Programmable Logic Controller)

10 Kelebihan dari PLC ( Programmable Logic Controller ) - Penggunaan PLC di dalam industri dan kehidupan sehari-hari sudah menjadi suatu kebutuhan, terutama untuk membantu pekerjaan manusia dalam melakukan suautu pekerjaan dan mengubah suatu sistem yang awalnya masih manual menjadi otomatis. 

Para pengguna mulai mengalihkan perhatian kepada PLC karena Kelebihdan dan kekuranggannya yang ditawarkan oleh sistem yang dapat diprogram kembali ini, adapun keunggulan maupun kelebihan yang di tawarkan antara lain :

1. Harganya yang Lebih Murah

PLC menawarkan harga yang befarian, tergantung dari tipe dan jenisnya, semakin bagus dan semakin banyak I/O pada PLC maka harga bisa semakin melonjak, begitu juga sebaliknya untuk ukuran yang minimalis, harga bisa lebih rendah dan murah.  

Sebelum adanya PLC, Sistem lama (Relay) masih banyak menggunakan pengkabelan yang memakan banyak biaya, Kemudian PLC menawarkan Pengkabelan yang sederhana, penggabelan itu sendiri dapat dilakukan dengan jumlah yang banyak hanya menggunakan PLC, karena PLC sudah mencakup Timer, Sequencer, Relay dan berbagai fungsi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Jumlah I/O yang Banyak

Banyaknya jumlah I/O (kontak) yang dimiliki PLC memberikan banyak kemungkinan kepada penggunanya, selain dari sisi finansial, sisi Instalasi juga akan jauh lebih sederhana dan mudah jika dibandingkan penggunaan Rekay.

Contoh pada sebuah PLC yang keluarannya Allen Bradley dengan jumlah kontak Minimal 16-32 Kontak. Sementara relay hanya menyediakan jumlah kontakberkisar 4-8. Betapa banyaknya kontak yang dimiiki oleh sebuah PLC, hal ini dapat menggeserkan penggunaan Relay yang dapat mengeluarkan banyak biaya.

3. Dapat Melakukan Pemrograman Ulang dan Koreksi dengan Mudah

Pada PLC memiliki kelebihan dimana sistem dapat diprogram ulang secara cepat, proses produksi yang bercampurpun dapat selesai dengan cepat. Bahkan ketika sistem yang sedang di jalankan. hal ini dapat menguntungkan teknisi dalam me-maintenance PLC.

Bila anda ingin mengubah suatu sistem atau mengoreksi kembali sistem tersebut, pengubahannya bisa dilakukan di dalam komputer dengan waktu yang relatif lebih singkat. Kemudian anda download programnya ke PLC. Untuk mengoreksinya pun cukup mudah, anda bisa memonitoring melalui Kompoter. Bayangkan jika dengan relay, diperlukan pengubahan pada pengkabelannya, waktu yang dibutuhkan cukup lama dan membuat proses produksi terganggu.

4. Metode Untuk Program Mudah dan Bermacam-macam

Pada PLC memiliki metode program yang bermacam-macam, anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan, Untuk membuat suatu program pada PLC, di antaranya terdapat Ladder Logic Diagram, Mneumonic dan Fungtion Blok Diagram. Setiap Programmer dapat memilih metode sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya.

5. Menyederhanakan Komponen-komponen Sistem Kendali

PLC juga memiliki Timer, Counter, Relay dan Komponen lainnya. Sehingga anda tidak perlu menambahkan komponen lain seperti Relay, Timer dan Conunter. Semua sudah menjadi satu dengan PLC.

6. Keamanan yang Terjamin

Pada PLC, Sistem keamanan yang dimiliki lebih terjamin, PLC tergolong perangkat yang luar biasa aman dari segi perangkat, Dokumen dan hal-hal mengenai PLC tersebut. Pada PLC memiliki sistem (Lock), Sehingga dapat mengurangi dan menghindarkan dari adanya pencurian sistem dalam bentuk apapun.

7. Memiliki Record Data dan Interface yang Memudahkan Pengguna

PLC dirancang untuk mempu menyimpan sebuah data untuk memenuhi kebutuhan dan program, dimudahkan dengan adanya Interface yang dapat menampilkan proses, data mapun perbandingan dalam suatu perangkat Komputer (PC) yang terhubung ke PLC.

8. Adanya Sistem Terbaru Menggunakan Wireless

Pada PLC sekarang sudah menawarkan sistem yang berbasis Wireless dan dapat diakses oleh pengguna dengan mudah dari jarak jauh, tidak harus masuk ke dalam kantor ataupun ruangan khusus. anda bisa mengirim program yang sudah anda buat di berbagai tempat yang terjangkau dengan jaringan dan dapat di transfer ke PLC secara Wireless.

9. Fleksibel

Dahulu, penggunaan perangkat Sistem pengontrol membutuhkan banyak sistem pengolahan untuk sebuah perangkat saja. Contoh jika terdapat 5 mesin dalam suatu industry maka dibutuhkan 5 sistem pengendalian untuk mengontrol mesin tersebut, Hal tersebut kini teratasi dengan kemunculan PLC, Cukup dengan sebuah PLC, banyak perangkat yang dapat dijalankan dengan programnya masing-masing.

Dengan kemunculan PLC, Sistem pengkabelan mulai dibenahi dan direduksi, semakin sedikit penggunaan kabel yang digunakan dan sederhana, serta tidak perlu banyak ruangan untuk menempatkannya. Hal ini menjadi nilai Positif dalam pengembangan dunia otomatis di kalangan insudtry

10. Update Sistem  dan Komponen Lebih Mudah

Maksud pada point ke-10 yaitu anda dapat dengan mudah untuk mengganti sebuah sistem maupun komponen pada mesin yang menggunakan sistem PLC. Dengan kemudahan tersebut memberikan nilai Positif pada PLC untuk meringankan teknisi dalam memaintenance, Kemudian anda bisa menambah atau mengurangi sistem-sistem pada PLC, seperti menambahkan Kontak, Timer maupun Counter. Semua sudah jadi satu dalam sebuah modul.

Cukup Sekian Pembahasan kali ini, jika ingin bertanya maupun saran bisa langsung comment pada kolom dibawah ya, Jangan lupa berkunjung untuk membaca update -an lainnya, See You!!!!

***
Tag : PLC
0 Komentar untuk "10 Kelebihan dari PLC (Programmable Logic Controller)"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top