Pengertian dan Kelebihan dari Smart Relay (MINI PLC)

10 Kelebihan dari PLC (Programmable Logic Controller )

Pengertian, Jenis dan Kelebihan dari Smart Relay (MINI PLC) - Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan kepada para pembaca sekalian tentang Mini PLC atau bisa disebut dengan Smart Relay, Mau tau lebih jelasnya mengenai Smart Relay?, langsung simak Artikel Berikut ini.

1. Pengertian Smart Relay

Smart Relay Atau biasa di sebut Mini PLC ( Programmable Logic Controller ) adalah sebuah pengontrol otomatis berbasis logika yang berukuran relatif kecil sebagai pengganti sistem kendali seperti Counterrelay dan Kontaktor biasa. Smart Relay memiliki I/O (Input / Output) mulai dari 10 - 40 I/O. Disebut Smart Relay  Karena ukurannya yang relatif kecil, namun memiliki kemampuan kendali cukup tinggi untuk di gunakan pada suatu rangkaian kontrol.

Pengaplikasian Smart Relay

Dalam membuat suatu alat atau Project, pasti ada tujuan yang pastinya memudahkan kita dalam mengerjakan sesuatu, sama halnya dengan Smart Relay yang memiliki tujuan tertentu untuk memudahkan pekerjaan manusia, Tujuan tersebut yaitu :
  1. Sebagai Pengganti Logika dan pengerjaan sistem kontrol relay dengan instalasi langsung
  2. Smart Relay di rancang untuk instalasi suatu mesin industry yang berbasis otomatis dan dapat memudahkan teknisi dalam memaintenance
  3. Untuk mengubah suatu mesin yang awalnya Manual menjadi Otomatis. 
  4. Memudahkan suatu pekerjaan dalam membuat Project, untuk membuat sistem kontrol yang sederhana.
Dari tujuan tersebut Smart Relay diciptakan sama dengan PLC, ke-duanya merupaka alat yang dapat mengontrol suatu mesin secara otomatis, namun ke dua alat tersebut memiliki perbedaan yang cukup tipis, salah satu contohnya yaitu dari segi ukuran, untuk ukurannya sendiri, Smart relay jauh lebih simple dan efisien digunakan, karena memiliki ukuran yang minim. Sedangkan untuk PLC sendiri memiliki ukuran yang sedikit besar di bandingkan dengan Smart Relay. Kemudian pada I/O, PLC jauh lebih unggul dibandingkan dengan Smart Relay, PLC memiliki I/O yang cukup banyak.

2. Kelebihan Smart Relay

Kelebihan Smart Relay -  Mungkin ada dari pembaca yang sudah menyimpulkan dari kelebihan Smart Relay itu sendiri. Oke, langsung saja keunggulan dari Smart Relay yaitu :
  1. Bersifat Fleksibel dan Sangat Ringkas - Smart Relay memiliki fleksibilitas dalam bentuk program, dimana untuk merancang suatu program yang di tawarkan lebih fleksibel, anda bisa dengan mudah untuk memprogram suatu mesin dengan menggunakan smart relay. Kemudian bentuknya yang ringkas dapat menjadi Point lebih untuk smart relay, bentuknya sendiri lebih kecil dari pada PLC dan untuk penempatan tidak terlalu memakan banyak ruang. Jadi hal ini menjadi Point plus yang dimiliki smart relay.
  2. Mudah Untuk Diterapkan di Berbagai Proyek Instalasi dan Hemat Waktu - Maksud dari kelebihan yang ke dua yaitu, Smart Relay mudah untuk beradaptasi di berbagai kondisi dan penggunaanya sangat mudah untuk di aplikasikan di berbagai proyek yang ingin di terapkan, bisa di bilang Smart Relay hampir mirip dengan PLC.
  3. Lebih Ekonomis Untuk Aplikasi yang Sederhana - Maksud di sini yaitu Penggunaan Smart Relay untuk lingkungan sederhana lebih tepat digunakan di bandingkan dengan PLC, contohnya adalah sebuah pabrik membutuhkan sebuah mesin yang dapat membawa barang yang sudah di produksi ke store untuk Packing, mesin yang cocok yaitu mesin Conveyor, Sedangkan sebuah mesin conveyor tidak perlu sebuah program yang banyak untuk mengontrolnya. Untuk menghemat biaya karena harga PLC yang cukup mahal, mungkin penggunaan Smart Relay lebih bagus digunakan karena harganya yang Ekonomis dan cukup sederhana.
  4. Waktu Tryning Untuk Mempelajari Smart Relay Lebih Singkat di Bandingkan dengan PLC - Hal yang ke empat saya rasa memang benar, dimana pada saat saya mempelajari sebuah PLC membutuhkan proses yang lama untuk mempelajari dasar-dasarnya dibandingkan dengan Smart Relay. Sedengkan pada saat saya mempelajari Smart Relay jauh lebih mudah dan cukup mudah untuk dipahami, bahkan saya bisa langsunng menerapkannya dalam mesin tryning.
  5. Mudah Untuk di Modifikasi - Maksudnya disini Penggunaan Smart Relay jauh lebih mudah untuk di rubah, Contohnya Pada saat sebuah mesin yang sedang mengalami pembaruan dan banyak hal yang perlu di ganti dalam sistem pengontrolnya sedangkan mesin tersebut menggunakan pengontrol Smart Relay, hal ini menjadi nilai plus dimana Smart Relay bisa dengan mudah untuk di rubah dalam pemrogramannya dan menyesuaikan mesin yang sedang mengalami pembaruan.
  6. Harga yang Sesuai dengan Budget - Kita tau bahwa harga dari Smart Relay bisa dibilang cukup mahal. Namun, Jika kita bandingkan dengan PLC bisa dibilang Smart Relay jauh lebih bersahabat. Hal ini menjadikan Smart Relay menjadi bilai plus dalam kelebihan Smart Relay.
  7. Memiliki 2 Buah Gaya Pemrograman - Oke, disini pada Smart Relay memiliki dua jenis Gaya Pemrograman, yaitu Pemrograman Ladder  dan Pemrograman FBD ( Function Block Diagram ), Untuk penggunaan Ladder diagram sendiri merupakan gaya pemrograman yang cukup umum digunakan (menurut saya), Sedangkan untuk penggunaan FBD sendiri merupakan gaya pemrograman yang menggunakan simbol dari Gerbang Logika sebagai Gaya Pemrogramannya. Jadi Ke dua gaya pemrograman tersebut memiliki satu tujuan yang sama.Namun, untuk gaya pemrogramannya saja yang berbeda.
  8. Tersedianya Modul Komunikasi MODBUS - Menurut saya Dengan adanya Kelebihan yang dimiliki oleh Smart Relay yaitu Komunikasi MODBUS dapat mempermudah koneksifitas Smart Relay dengan PLC, dimana ke dua alat pengontrol tersbeut memiliki komunikasi yang dapat disatukan, hal ini menjadikan Smart Relay bisa bersahabat dengan PLC.
Mungkin cukup sekian pembahasan dari saya mengenai Pengertian dan kelebihan dari Smart Relay Sendiri. Jika ada pertanyaan atau saran bisa langsung comment pada kolom dibawah, Jangan lupa untuk berkunjung ke artikel yang lain ya, See You Soon And Stay Cool...

Tag : PLC
2 Komentar untuk "Pengertian dan Kelebihan dari Smart Relay (MINI PLC)"

Saya suka dengan artikelnya

terimakasih gan sudah berkunjung...

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top