Perbedaan Mesin Bor Tangan dan Mesin Bor Duduk


Perbedaan Mesin Bor Tangan dan Mesin Bor Duduk - Banyak industri-industri yang mulai memanfaatkan keberadaan power tool sebagai alat yang praktis untuk mengerjakan sebuah pekerjaan mekanik. Salah satu jenis power tool yang sering digunakan yaitu mesin bor (Drilling Machine), sebelum memulai pembahasan ada baiknya memahami basic pengertian mesin bor. Mesin Bor adalah mesin yang digunakan untuk membuat lubang atau bisa juga untuk memperbesar lubang pada suatu bidang benda kerja. Lubang yang dibuat bisa digunakan untuk berbagai macam kepentingan, contohnya seperti sambungan atau pemasangan partisi lainnya. 

Ada banyak jenis-jenis mesin bor, antara lain mesin bor tangan dan mesin bor duduk. Mesin bor tangan adalah mesin bor yang metode pengoperasiannya dengan memakai tangan dan fisik seperti sebuah pistol (GUN). Pada dasarnya mesin bor tangan tidak hanya digunakan untuk menciptakan lubang. Namun, juga bisa digunakan untuk mengencangkan atau melepas baut karena di lengkapi dengan 2 putaran yaitu kanan dan kiri (Reversible). 

Mesin bor tangan pada dasarnya tersedia dalam beraneka bentuk, kapasitas (Spesifikasi), ukuran dan fungsinya masing-masing. Disisi lai semua tipe mesin bor tangan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dilihat dari fungsi dan kegunaannya tersendiri.

Lalu jenis kedua sebuah mesin bor duduk yang wujudnya seperti seorang sedang duduk. Mesin bor ini digunakan untuk membuat lubang benda kerja dengan diameter yang kecil. Prinsip kerja mesin bor duduk adalah putaran motor listrik yang diteruskan ke poros mesin hingga poros bisa berputar. Kemudian poros tersebut berputar sekaligus sebagai pemegang mata bor duduk supaya mampu digerakkan naik turun bersama bantuan roda gigi lurus dan gigi rack yang akan mengatur tekanan pemakanan pada saat pengeboran.

Mesin bor duduk adalah Power Tool yang berfungsi untuk membuat sebuah lubang dengan model bor yang menyanggah ke bawah (mata bor)-nya layaknya orang sedang duduk. Adapun peran utama mesin bor duduk yaitu menggenggam mata bor, mengikis memutar untuk menghasilkan lubang pada benda kerja. Kinerja dari mesin bor ini menggunakan daya motor listrik dan kemudian distransmisikan dengan menggunakan hubungan puli dan sabuk, lalu daya biasnya diteruskan ke dalam mata bor duduk. Untuk lebih jelas wujud dari mesin bor duduk bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

***
Tag : Mechanical
0 Komentar untuk "Perbedaan Mesin Bor Tangan dan Mesin Bor Duduk"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top