Penyebab dan Efek Bensin Basi Pada Mobil dan Motor


Penyebab dan Efek Bensin Basi Pada Mobil dan Motor - Kualitas bensin pada motor atau mobil (CAR) bisa berkurang jika terlalu lama mengendap di tangki, Apalagi selama kendaraan anda menganggur karena kerja dari rumah. Karena kualitasnya yang menurun, ada yang beranggapan bahwa bensin menjadi basi. Penyebab bensin basi karena kendaraan lama tidak digunakan. Selain itu kandungan bensin yang memiliki banyak senyawa jika terlalu lama dibiatkan senyawa tersebut bisa berubah bentuk dan fungsinya. Namun untuk merubah senyawa tersebut butuh waktu tertentu hingga kondisi BBM sebagus seperti awal dibeli.

Kisaran waktu yang diperlukan untuk mengubah bensin menjadi basi sekitar 6 Bulanan ke atas dan bensin akan berubah warna. Ketentuan ini tentunya boleh dibilang tidak berlaku untuk mobil atau motor yang baru diparkirkan selama sebulan.

Kendati begitu, waktu enam bulan bukan waktu pasti. Sebab ada faktor lain yang dapat mempercepat atau melambatkan proses pengurangan kualitas bensin. Contoh penyebab mempercepat proses kualitas bensin jika suhunya panas atau terkena panas secara langsung akan cepat berubahnya. Belum lagi potensi bensin yang tercemar dengan air karena proses penguapan saat tangki tidak terisi penuh. Proses tersebut juga bisa mempercepat penurunan kadar oktan dari standarnya.

Kondisi tersebut tanpa kita sadari jika dibiarkan akan merusak mesin. contohnya menimbulkan kerak berlebih pada area piston, katup, maupun komponen lain yang berfungsi sebagai pembakaran. Untuk meminimalisir hal tersebut, anda bisa dengan rutin memanaskan mesin kendaraan setiap hari supaya bensin terpakai serta volumenya berkurang dari dalam tangki. Lalu parkiran kendaraan di tempat teduh atau paling ideal dalam garasi rumah, hal tersebut bertujuan agar mengurangi proses penguapan pada tangki kendaraan.

Berikut ini efek yang ditimbulkan akibat dari bensin yang sudah basi pada kendaraan.

***
Tag : Automotive
1 Komentar untuk "Penyebab dan Efek Bensin Basi Pada Mobil dan Motor"

Kalo pandemi kaya gini, motor yang d tinggal d stasiun sama bandara gmana ya nasibnya

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top