Jenis Pahat Bubut dan Cara Memasang Pahat Bubut pada Rumah Pahat atau Tool Post

jenis pahat mesin bubut

Jenis-Jenis dan Cara Memasang Pahat Bubut pada Rumah Pahat atau Tool Post - Ketika melakukan pembubutan, benda kerja akan dijepit pada cekam, pelat pembawa atau bisa juga dipasang di antara 2 senter sementara pahat bubut dipasang di dalam rumah pahat (tool post). Supaya pada saat pengerjaan pembubutan bisa dilaksanakan dengan  lancat dan baik, maka pemasangan pahat pada rumah pahat harus dilakukan secara benar dan seksama. 

Pertama, posisi pahat harus diatur setinggi dengan sumbu benda kerja atau bisa juga setinggi senter, Lalu pahat jangan dipasang terlalu panjang menonjol ke luar dari rumah pahat. Hal ini bertujuan pada saat melaksanakan pembubutan, pahat tidak bergetar dan menghindari terjadinya pahat yang patah, yang mana ketentuan ini berlaku secara umum untuk pemasangan  pahat. Kemudian pemasangan posisi pahat kanan dan pahat kiri juga begitu berbeda. Untuk pemasangan pahat kanan, posisi pahat sebaiknya di buat posisi miring ke arah kanan sebesar 5° hingga 10°. Hal ini bertujuan supaya pada saat menyayat benda kerja, pahat tidak masuk lebih dalam pada benda kerja. 

Berbeda dengan pahat bubut rata, pemasangan pahat bubut muka atau side tool harus diatur miring ke kiri sehingga mata pemotong mengenai benda kerja, dalam hal ini gerakan penyayatan pahat dimulai dari bagian tengah ke bagian kiri benda kerja atau masuk ke dalam sisi sebelah kiri benda kerja untuk pemakanan benda kerja pada bagian luar.

Pengertian Rumah Pahat (Tool Post)
pada penjelasana di atas, operasi pembubutan pahat di pasang di dalam rumah pahat, yang mana rumah ini terpasang di atas eretan dari mesin bubut. Ada banyak jenis bentuk dari rumah pahat, antara lain rumah pahat sisi terbuka, rumah pahat landasan cembung, rumah pahat beralur ekor burung dan rumah pahat 4 sisi pemasangan.

1. Rumah Pahat Sisi Terbuka
rumah pahat ini merupakan jenis yang cukup kuat digunakan untuk pekerjaan yang cerat. Rumah ini hanya memiliki satu sisi pemasangan pahat, yaitu pada bagian sisi terbuka. Untuk mengatur posisi pahat sehingga ujung mata potong pahat setinggi senter dengan benda kerja bisa dilakukan dengan cara mengganjal pada bagian bawah pahatnya. Bentuk dari rumah pahat sisi terbuka bisa dilihat pada gambar dibawah ini.


2. Rumah Pahat Landasan Cembung
Rumah pahat jenis ini memiliki bentuk silinder dengan lubang di tengahnya dan landasan pahat berbentuk cembung. Untuk pemakaiannya sendiri pahat dimasukan ke dalam lubang rumah pahat lalu didudukan di atas landasan cembung. Dengan landasan pahat yang mempunyai bentuk cembung maka penyetelan pahatnya bisa dilakukan dengan lebih mudah.


3. Rumah Pahat 4 Sisi Pemasangan
Jenis rumah pahat ini mempunyai 4 sisi dudukan yang mana pada ke empat sisinya bisa dipasang 4 buah pahat yang berbeda. Dengan adanya jenis pahat yang berbeda dalam satu rumah pahat dapat memudahkan operator mesin untuk mengganti jenis mata pahat yang di inginkan, sehingga lebih praktis untuk digunakan  pada saat melakukan penggantian. Untuk mengganti jenis pahatnya bisa memutar rumah pahat tersebut, Untuk lebih jelas bentuk fisiknya bisa dilihat pada garmbar di bawah ini.


Cara Pemasangan Pahat ke Rumah Pahat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara memasang pahat ke rumah pahat sesuai dengan jenis yang digunakan.

Pemasangan Pahat pada Rumah Pahat Landasan Cembung  
1. Pertama, masukkan pahat ke dalam lubang rumah pahat, Lalu jepit dengan baut penjepit yang terdapat di bagian atas rumah pahat. kemudian geserkan kepala lepas tersebut mendekati rumah pahat, kemudian geserkan dengan eretan lintang atau eretan atas hingga ujung mata pemotong pahat menyentuh dengan ujung senter kepala lepas.


2. Jika pada ujung pahat masih belum setinggi senter, maka pengaturannya bisa dilakukan dengan cara mendorong ke depan atau ke belakang landasan cembung sampai ujung pahat tepat menyentuh ujung senter kepala lepas.

Pemasangan Pahat pada Rumah Pahat Sisi Terbuka  
1. Pertama, Pasang pahat pada sisi pemasangan (sisi yang terbuka) di dalam rumah pahat, kemudian jepit dengan baut penjepit menggunakan kunci pas. Kemudian Gerserkan kepala lepas mendekati rumah pahat, lalu geserkan rumah pahat tersebut mendekati senter pada kepala lepas dengan cara memutarkan roda pemutar eretan lintang atau eretan atas. Catatan, Untuk mengatur posisi pahat setinggi senter, sentuhkan ujung mata pemotong pahat kepada ujung senter kepala lepas.


2. Jila padacujung pahat tidak tepat menyentuh ujung senter, berarti posisi pahat belum setinggi senter. Untuk menyetel posisi pahat bisa juga dilakukan dengan cara mengendurkan baut-baut penjepit pahat dan beri ganjal dengan pelat tipis bagian bawah dari pahat lalu ketatkan kembali baut-baut penjepit tadi.

3. Periksa kembali apakah pada ujung pahat sudah setinggi senter atau belum, jika ujung pahat belum setinggi senter, kendurkan baut-baut penjepit kemudian tambahkan atau kurangi ganjal-ganjal pada bagian bawah pahat sesuai kebutuhan. Jika posisi pahat sudah setinggi senter, ketatkan kembali baut-baut penjepit pahat.

Catatan :
Pengaturan dan pemasangan posisi pahat setinggi senter pada dasarnya umah pahat empat sisi sama dengan pemasangan dan pengaturan posisi dari pahat pada rumah pahat sisi terbuka. Hanya saja pada rumah pahat 4 sisi pemasangan dapat dipasang hingga 4 buah pahat yang berbeda-beda sekaligus.


***
Tag : Mechanical
0 Komentar untuk "Jenis Pahat Bubut dan Cara Memasang Pahat Bubut pada Rumah Pahat atau Tool Post"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top