Fungsi dan Jenis Mesin Gerinda Datar (Surface Grinding Machines)


Jenis Mesin Gerinda Datar (Surface Grinding Machines) - Penggerindaan. Ngomongin mengenai penggereindaan mungkin yang ada di pikiran kita sebagian besar pasti mengenai sebuah mesin yang digunakan untuk memotong suatu benda kerja. Namun, jika di pahami lebih detail mengenai mesin tersebut, pada dasarnya mesin grinda bukan saja sebagai mesin pemotong, bisa juga mesin grinda digunakan sebagai mesin pengkikis pada benda kerja. Karena ada mesin grinda yang difungsikan sebagai pengikis benda kerja atau bisa juga digunakan sebagai penghalus benda kerja (Finishing). Pada kesempatan kali akan membahas mengenai salah satu jenis mesin grinda, yaitu mesin grinda datar.

Mesin gerinda datar adalah salah satu jenis mesin gerinda yang paling banyak digunakan untuk menggerinda benda kerja dengan tujuan untuk mendapatkan kehalusan permukaan dana kerataan serta ukuran benda kerja yang presisi. Mesin gerinda ini digunakan untuk menggerinda permukaan benda kerja yang datar. Permukaan datar yang dimaksud yaitu permukaan datar yang sejajar, permukaan datar bertingkat, permukaan datar alur, permukaan datar yang miring dan permukaan datar profil.

Penggerindaan juga ditujukan untuk membuat penampilan yang lebih baik dari benda kerja dengan cara menghilangkan lapisan oksida dan kotoran lainnya pada permukaan benda kerja. Penggerindaan datar bisa juga dilakukan untuk mendapatkan permukaan yang rata dan halus juga ukuran yang presisi yang digunakan untuk tujuan fungsional. Mesin gerinda datar termasuk ke dalam salah satu mesin yang sangat penting di industri, dalah hal ini mesin gerinda banyak digunakan untuk membuat komponen dan peralatan-peralatan industri. Yang mana komponen dan peralatan ini memerlukan kerataan, ukuran dan kehalusan yang presisi supaya komponen/peralatan tersebut dapat berfungsi dengan baik.

Sebagai catatan saja untuk ketelitian mesin gerinda datar tetgantung dari jenis mesin gerinda yang digunakan, Namun pada umumnya ketelitiannya bisa mencapai 0,002 mm yang  dapat dicapai oleh kebanyakan mesin gerinda. Berikut pada gambar dibawah ini merupakan sketsa fisik dari grinda datar.

Jenis-jenis Mesin Gerinda Datar  
Jika dilihat dari konstruksinya, mesin ini dapat dibedakan menjadi empat kategori, yaitu :  
1. Mesin gerinda datar spindel vertikal dengan gerak meja bolak-balik
2. Mesin gerinda datar spindel vertikal dengan gerak meja berputar
3. Mesin gerinda datar spindel horisontal dengan gerak meja berputar
4. Mesin gerinda datar spindel horisontal dengan gerak meja bolak-balik

1. Mesin Gerinda Datar Spindel Vertikal dengan Gerak Meja berputar
Mesin ini mempunyai spindel dengan posisi vertikal dan meja mesin dapat bergerak berputar. Jadi si meja mesin akan bergerak sesuai dengan instruksi. Sedangkan pada mata gerindanya tetap pada posisi dan tidak bergerak. Untuk lebih jelas bentuk fisiknya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.


Mesin gerinda datar jenis ini biasanya digunakan untuk menggerinda permukaan benda kerja yang lebar serta permukaan rata benda kerja yang berbentuk tabung atau bulat, seperti cincin piston, poros, flens, roda gigi, roda gaya, rotordan lain-lain.

2. Mesin Gerinda Datar Spindel Vertikal dengan Gerak Meja lurus bolak-balik  
Mesin gerinda datar jenis spindel vertikal  dengan gerak meja lurus bolakbalik memiliki sebuah spindel atau poros penggerak roda gerinda dengan posisi vertikal dengan meja mesin dapat bergerak lurus secara bolak-balik. Pada mesin gerinda datar jenis ini bagian-bagian dari sisi atau bagian muka roda gerinda dihadapkan ke permukaan benda kerja. Benda kerja yang dicekam pada meja mesin digerakkan secara bolak-balik di bawah putaran roda gerinda yang berputar dengan cepat.


Mesin gerinda datar jenis ini dipergunakan untuk menggerinda benda kerja dengan permukaan yang rata, lebar dan permukaan yang menyudut.

3. Mesin Gerinda Datar Spindel Horisontal dengan Gerak Meja Berputar 
Mesin gerinda datar jenis ini memiliki sebuah spindel roda gerinda dengan posisi horisontal, sementara meja mesinnya bergerak berputar. Pada mesin gerinda datar jenis ini pada bagian keliling roda gerinda juga dihadapakan pada benda kerja. Benda kerja yang dipasang pada meja putar dijalankan di bawah putaran roda gerinda tersebut.


Meja mesin gerinda datar ini bisa dimiringkan untuk memberikan penggerindaan geometri khusus, seperti penggerindaan pada bagian yang miring. Mesin gerinda datar jenis ini biasanya digunakan untuk menggerinda permukaan rata dari benda kerja yang berbentuk tabung atau bulat, Contohnya pada permukaan rata poros, flens, selongsong dan lain-lain.

4. Mesin Gerinda Datar Spindel Horisontal dengan Gerak Meja bolak-balik   
Mesin gerinda datar Spindel horisontal dengan gerak meja bolak balik mempunyai posisi spindel atau poros penggerak roda gerinda dengan posisi horisontal dan meja mesin dapat bergerak lurus bolak-balik. Pada mesin gerinda datar jenis ini penggerindaan yang sesungguhnya terjadi pada bagian keliling roda gerinda.



Di bagian ujung keliling roda gerinda biasa digunakan untuk menggerinda permukaan mendatar benda kerja, sehingga mesin gerinda ini sering disebut sebagai mesin gerinda keliling. Kedalaman pemotongannya dapat diatur dengan cara menaikkan atau menurunkan kepala roda gerinda. Mesin gerinda datar jenis ini digunakan untuk menggerinda benda kerja dengan permukaan rata dan menyudut.

Mungkin  cukup sekian penjelasan tentang fungsi dan jenis dari gerinda datar. Semoga ilmu yang di dapat bisa di amalkan. Jika ada saran atau pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.


***
Tag : Mechanical
3 Komentar untuk "Fungsi dan Jenis Mesin Gerinda Datar (Surface Grinding Machines)"

pertamax, ane baru tau mesin gerinda bukan gerinda tangan doang. gerinda datar juga ada rupanya

Sebenarnya masih banyak jenis mesin gerindanya gan, cuman yang saya jelasin spesifik aja tentang mesin gerinda datar.Biar lebih jelas

banyak juga ya jenis mesin gerinda datar

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top