Pengertian Hydraulic Hose (Selang Hidrolik)

Pengertian Hydraulic Hose (Selang Hidrolik)

Pengertian Hydraulic Hose (Selang Hidrolik) - Mungkin tidak banyak yang tau mengenai selang hidrolik yang digunakan di dunia industri, Selang hidrolik yang biasa digunakan adalah hose merupakan salah satu part perlengkapan di dalam instalasi mesin produksi pada industri. Selang atau biasa kita benar dengan istilah hose untuk hidrolik secara umum mempunyai fungsi untuk media penyaluran / mengalirkan zat - zat seperti air, angin, oli dan steam dari bagian komponen yang satu ke tempat komponen yang lainnya.

Sedangkan pada zat-zat tersebut memiliki fungsi untuk media utama sebagai penggerak benda/part mesin produksi pada industri. Maka dari itu hampir semua pabrik industri yang kebanyakan menggunakan sistem hidrolik pasti menggunakan Hose untuk menyalurkannya. Oke, langsung saja tanpa basa-basi lagi pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang definisi dari selang hidrolik atau Hydraulic Hose.

Hydraulic Hose atau selang hidrolik merupakan bagian komponen system hidrolik pada unit alat berat yang fungsinya sebagai penghantar oli hidrolik sesuai dengan tekanan yang diperlukan keseluruh bagian Unit untuk menggerakkan actuator dan komponen pendukung lainnya. Saluran tersebut (Lines) tersebut bisa disamakan dengan kabel pada rangkaian listrik. Kemudian pada Lines Cover (pelindung hose) hidrolik memiliki 2 buah jenis Tube, yaitu besi dan hoses yang terbuat dari karet yang diperkuat. 


Tube yang digunakan untuk tempat statis dan tempatnya tidak berubah rubah sudut pergerakannya, yang mana pada dasarnya bahan dasar dari tubes lebih kuat dari pada hose karena terbuat dari besi. Namun tubes disini tidak fleksibel. Hose yang ada digunakan pada bagian-bagian yang bergerak, karena memiliki fleksibelitas dan berbahan karet. 

Hose hidrolik digunakan dari aplikasi tekanan rendah, menengah dan tinggi. Pada gambar di bawah merupakan konstruksi hose untuk pengaplikasian tekanan tinggi yang biasa dijumpai pada alat-alat berat. Alasan memilih hoses yang digunakan di daerah / tempat yang memiliki pergerakan karena bahan yang digunakan pada hoses hidrolik terbuat dari karet dan memiliki tingkat fleksibelitas yang cukup baik digunakan pada statistik berbeda.

Hoses Hidrolik_Siddix

Konstruksi dari hoses hidrolik bagian dalam (Inner Tube) terbuat dari karet elastic dan cover atau pembungkus yang terbuat dari rajutan benang keras. Di antara inner tube tersebut dan covernya terdapat lapisan penguat yang terdiri dari beberapa lapis kain kawat dan cushion yaitu lapisan plastic untuk meredam.

Untuk jumlah lapisan yang digunakan tergantung dari besar tekanan yang akan digunakan. Semakin tinggi tekanan yang didapat, maka semakin tebal lapisan yang dibutuhkan.

Penjelasan lapisan lebih detail dan rincinya yaitu :


Lapisan dalam disebut inner tube atau layer berfungsi untuk membawa dan tempat mengalirnya fluida.

Lapisan kedua adalah lapisan penguat (reinforcement layer) yang berfungsi untuk memberikan kekuatan pada hose. Lapisan penguat dapat terbuat dari kapas, material sintetis atau kawat. Kapas dan bahan sintetis biasanya dianyam, sedangkan kawat dapat dianyam atau dibelit secara spiral. Beberapa hose mempunyai banyak lapisan yang diperkuat dengan menggunakan bahan-bahan yang berbeda yang terdiri dari kapas dan kawat.

Lapisan ketiga adalah cushion, cushion berfungsi sebagai lapisan yang mengurangi gesekan. Lapisan cushion mengurangi kemungkinan kawat menjadi kaku yang dapat menyebabkan kerusakan-kerusakan lubang pin pada inner tube.

Lapisan akhir adalah penutup atau cover. Penutup atau cover ini berfungsi melindungi hose dari kerusakan dari luar dan lingkungan atau cuaca,  Penutup terbuat dari kawat baja, plastik atau kain.

Kesimpulan perbedaan antara hoses dan tube sebenarnya pada cover / penutupnya dan pengaplikasiannya juga berbeda. Pada Hoses di tutup  (cover) dengan bahan yang fleksibel berupa rubber (Karet) yang cukup tebal. Sedangkan pada tube di cover menggunakan beli yang tebal pula. Lalu untuk pengaplikasiannya sendiri, pada tube di aplikasikan untuk saluran yang tetap (tidak berubah-rubah arah pergerakannya), sedangkan Hoses hidrolik digunakan untuk fleksibilitas dengan penempatan di luar ruangan.

*** 
Tag : Hydraulic
0 Komentar untuk "Pengertian Hydraulic Hose (Selang Hidrolik)"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

Back To Top